Fungsi dan Bagian – Bagian Jangka Sorong Terlengkap

advertisements

Bagian Jangka Sorong – Apa itu jangka sorong, bagian – bagian yang ada didalam jangka sorong ataupun bagaimana cara menghitung dan menggunakan jangka sorong itu sendiri seperti apa. Pertanyaan – pertanyaan seperti itu merupakan pertanyaan yang sering dicari oleh para pengguna online tentang Alat Ukur Jangka Sorong maka dari itu dipertemuan kali ini saya selaku penulis online didalam laman rumus rumus akan memberikan ulasan yang lebih detail tentang alat ukur jangka sorong ini.

Dan langsung saja Pengertian Jangka Sorong menurut wikipedia indonesia ialah sebuah alat ukur yang mempunyai tingkat ketelitian mencapai seper seratus milimeter (mm) yang mampunyai Dua Bagian yakni Bagian Diam dan Bagian Bergerak. Saat ini sudah terdapat dua jenis jangka sorong yakni jangka sorong analog dan jangka sorong digital, dengan pembacaan hasil pengukuran dari Alat Ukur Jangka Sorong ini sangat bergantung kepada ketelitian dan keahlian alat itu sendiri dan penggunannya.

Kemudian untuk Kegunaan dan Fungsi Jangka Sorong itu sendiri masih menurut Wikipedia Indonesia antara lain sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan penggunaan diapit, alat ukur yang digunakan untuk mengukur sisi dalam dari suatu benda yg biasanya mempunyai lubang seperti Pipa, Cincin dan lain lain. Kegunaan Jangka Sorong lainnya adalah untuk mengukur suatu kedalaman lubang (Celah) pada suatu benda dengan cara penggunaan menancapkan atau menusukkan kedalam benda tersebut.

Bagian – Bagian Jangka Sorong Terlengkap

bagian bagian jangka sorong terlengkap

Untuk Bagian Bagian Alat Ukur Jangka Sorong bisa kalian lihat pada gambar diatas secara lebih jelasnya dan dibawah ini telah dituliskan penjelasan tentang Kegunaan dan Fungsi Bagian Jangka Sorong yang berguna untuk memudahkan kalian dalam mengenal dan memahami bagian bagian yang ada di jangka sorong.

advertisements

Bagian Rahang Dalam

Bagian Jangka Sorong Rahang Dalam ini mempunyai kegunaan untuk mengukur diameter luar maupun sisi bagian luar dari sebuah benda misalnya mengukur lebar dan tebal suatu benda kerja. Bagian Rahang Dalam Jangka Sorong ini terdiri dari Rahang Tetap dan Rahang Geser.

Bagian Rahang Luar Jangka Sorong

Bagian Jangka Sorong Rahang Luar terdiri dari Rahang Tetap dan Rahang Geser. Bagian Rahang Luar Jangka Sorong ini pun mempunyai fungsi yang tak kalah penting yakni berfungsi untuk mengukur suatu diameter didalam ataupun sisi bagian dalam suatu benda misal untuk mengukur diameter hasil pengeboran.

Bagian Skala Utama dalam cm dan dalam inchi

Bagian Skala Utama dalam cm ini mempunyai kegunaan untuk menyatakan ukuran utama dalam bentuk satuan centimeter (cm). Dan Bagian Skala Utama dalam Inchi ini mempunyai kegunaan untuk menyatakan ukuran utama dalam bentuk satuan inchi.

Bagian Skala Nonius dalam mm dan dalam inchi

Skala Nonius dalam mm ini berguna untuk sebagai skala pengukuran fraksi yang dinilai dalam bentuk satuan mm (milimeter). Dan Skala Nonius dalam bentuk Inchi ini berguna untuk sebagai skala pengukuran fraksi yang dinilai dalam bentuk satuan inchi.

Bagian Depth Probe dan Bagian Pengunci

Untuk Bagian Jangka Sorong Pengukuran Kedalaman (Depth Probe) memiliki fungsi dan kegunaan untuk mengukur suatu kedalaman sebuah benda. Sedang Bagian Pengunci Jangka Sorong ini mempunyai fungsi untuk menahan bagian – bagian yg bergerak disaat berlangsungnya proses pengukuran menggunakan jangka sorong.

Itulah bagian – bagian jangka sorong dan fungsinya yang bisa saya berikan penjelasannya di dalam artikel ini, dan jika kalian ingin mengetahui tentang Cara Menggunakan Jangka Sorong yang baik dan benar bisa kalian langsung cek dan baca tautan artikel tersebut karena telah saya buatkan pula secara lebih detail didalam laman rumus rumus ini.

Mungkin seperti itu saja dan semoga ulasan tentang Bagian Alat Ukur Jangka Sorong ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian para pembaca karena tidak bisa dipungkiri bahwa jangka sorong ini salah satu Alat Ukur yang sering digunakan oleh banyak orang.

advertisements
Fungsi dan Bagian – Bagian Jangka Sorong Terlengkap | tegar | 4.5