Hukum Gerak Newton 1, 2 dan 3 dalam Ilmu Fisika

advertisements

Hukum Gerak Newton – Pengertian Hukum Newton atau Hukum Gerak Newton didalam Ilmu Fisika ialah Tiga Hukum Fisika yang menjadi dasar mekanika klasik dan Hukum Gerak Newton ini menggambarkan hubungan antara suatu Gaya yg bergerak pada suatu benda dengan Gerak yang disebabkannya. Perlu kalian ketahui sebagai pembaca yang khususnya ada di Indonesia bahwa Hukum Newton ini sudah dituliskan dengan pembahasan yg berbeda – beda hampir selama 3 Abad.

Hukum Gerak Newton (Hukum Newton) ini pertama kali dirangkum dan diperkenalkan oleh Sir Isaac Newton yang merupakan seorang Fisikawan, Ahli Astronomi, Filsuf Alam, Teolog dan Matematikawan asal Inggris yang hidup ditahun 1643 – 1727.  Adapun Ketiga Hukum Newton tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Sir Isaac Newton dalam karyanya berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica yang pertama klai diterbitkan secara umum pada 5 Juli 1687 karena dahulu Newton memakai hasil karyanya tersebut untuk meneliti gerak dari bermacam – macam benda fisik maupun sistem.

Kemudian Sir Isaac Newton sendiri juga telah mengungkapkan tentang Hukum Gravitasi Newton dan didalam Ilmu Fisika Hukum Gravitasi Newton dan Hukum Gerak Newton ini sangatlah penting untuk dipahami oleh para pembaca yang khususnya para Siswa Siswi Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia karena bukan hanya dapat diterapkan didalam kehidupan mereka sehari – hari, tetapi sering muncul di Soal – Soal Ujian Sekolah dan Ujian Nasional sehingga sangat baik bagi kalian semua para pelajar untuk mempelajari Ketiga Hukum Newton ini.

Untuk itu dikesempatan ini saya selaku pemilik Laman Website Rumus Rumus akan menuliskan dan menjelaskan tentang Hukum Gerak Newton didalam Ilmu Fisika secara lebih jelas dan detail kepada kalian para pembaca yang notabenya para Siswa dan Siswi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), maupun para pembaca Masyarakat Umum di seluruh Indonesia karena menurut saya ulasan tentang Hukum Fisika Newton ini sangatlah penting bagi para pelajar.

Bunyi Hukum Gerak Newton 1 (Pertama) Dalam Ilmu Fisika

hukum newton

advertisements

Untuk Bunyi Hukum Newton Pertama seperti ini, ” Jika Resultan Penjumlahan maupun Pengurangan Gaya yg bekerja pada benda sama dengan Nol, maka benda yg semula diam akan tetap diam dan benda yg bergerak lurus beraturan akan tetep bergerak Lurus Beraturan ”.

Arti dari Bunyi Hukum Gerak Newton Pertama tersebut ialah suatu benda akan selalu mempertahankan keadaanya apabila gaya yg bekerja padanya sama dengan 0. Contoh dalam kehidupan bahwa Batu akan tetap diatas Gunung apabila tidak ada yg memindahkan-nya dan secara Fisika Rumus Hukum Newton Satu bisa ditulis seperti dibawah ini :

rumus hukum newton satu

Bunyi Hukum Newton 2 (Kedua) Dalam Fisika

Sedangkan Bunyi Hukum Gerak Newton Kedua adalah, ” Percepatan atau Perubahan dari kecepatan gerak suatu benda selalu berbanding lurus dengan Resultan Gaya yg bekerja pd suatu benda dan akan selalu berbanding terbalik dg Massa Benda ”.

Arti dari Bunyi Hukum Newton Kedua tersebut ialah Massa Suatu Benda sangat pengaruh terhadap Gaya dlm Suatu Sistem dan Pertambahan maupun Pengurangan Massa akan mengakibatkan suatu Perusahaan. Nah untuk menghitung Sistem dengan suatu Massa yang dapat berubah – ubah dibutuhkan Perumusan yang berbeda karena untuk Rumus Hukum Newton 2 ini dituliskan seperti ini :

rumus gerak newton kedua

Bunyi Hukum Newton Ketiga Dalam Fisika

Kemudian untuk Bunyi Hukum Gerak Newton Ketiga berbunyi, ” Setiap Aksi dapat menimbulkan Reaksi, maksudnya ialah jika suatu benda dapat mengerjakan Gaya terhadap Benda Kedua, maka benda kedua tersebut akan membalas Gaya dari Benda Pertama dengan Arah yang berlawanan ”.

Arti dari Hukum Newton Ketiga itu adalah setiap Benda akan selalu berinteraksi apabila ada yg memberikan Gaya Padanya, lalu Bentuk Perwujudan dari Interaksi tersebut ialah dengan membalas Gaya yg telah diberikan ke Arah Sebaliknya. Untuk Rumus Hukum Newton 3 didalam Ilmu Fisika bisa kalian lihat dibawah ini :

hukum newton 1, 2 dan 3

Itulah pembahasan atau ulasan tentang Hukum Newton Pertama, Kedua dan Ketiga didalam Ilmu Fisika yang telah saya jelaskan secara lebih jelas. Semoga apa yang sudah saya ulas ini dapat berguna bagi kalian para Pelajar baik tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa – Mahasiswi yang membutuhkan, lalu perlu kalian ketahui bahwa didalam Ilmu Fisika selain Hukum Newton ini juga terdapat Hukum Kepler 1, 2 dan 3 yang harus kalian pahami atau setidaknya kalian mengerti secara sederhana sebagai seorang Pelajar dan Mahasiswa karena Hukum Kepler dan Hukum Newton saling terkait.

advertisements
Hukum Gerak Newton 1, 2 dan 3 dalam Ilmu Fisika | rumus rumus | 4.5