Notasi ilmiah dan Cara Menulisnya Dalam Ilmu Fisika

advertisements

Materi Notasi ilmiah – Setelah dipertemuan sebelumnya sudah menjelaskan tentang Contoh Sumber Energi Bunyi maka sekarang tiba saatnya bagi saya untuk menjelaskan tentang Notasi Ilmiah kepada kalian para pembaca yang khususnya para Pelajar Siswa Siswi yang ada di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Jurusan IPA karena tidak bisa dipungkiri bahwa Notasi Ilmiah ini sering muncul dan dibahas di Mata Pelajaran Fisika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), malahan bisa keluar disaat Ujian Akhir Sekolah (UAS) maupun Ujian Nasional (UN).

Oleh karena itu sudah sangat bijak sekali bagi kalian para Pelajar Siswa dan Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengenal dan memahami pelajaran Notasi Ilmiah dalam Ilmu Fisika ini. Adapun langsung saja untuk Pengertian Notasi Ilmiah menurut Wikipedia Indonesia adalah suatu cara penulisan nomor yg mengakomodasi nilai – nilai yang terlalu besar ataupun nilai yang terlalu kecil untuk memudahkan dalam penulisannya dlm bentuk Notasi Desimal yang Standar.

Sebagai contoh jika kita sebagai Pelajar SMA akan menghitung jarak antara Planet – Planet yang ada di Semesta yang tentunya mempunyai ukuran jarak sampai berjuta – juta tahun lamanya ataupun saat kita disuruh oleh Guru kita untuk mengukur Besaran Massa Bumi yang mempunyai nilai Massa yang sangat besar yakni sebesar 6.000.000.000.000.000.000.000.000 Kg. Itu sebagai contohnya saja karena untuk mengukur suatu Jumlah Jarak, Massa ataupun Diameter sudah benda yang mempunyai nilai yang sangat banyak maka akan diperlukan tempat yang cukup luas untuk menuliskannya sehingga Notasi Ilmiah inilah yang bisa mengatasi kesulian dlm penulisan angka yang besar maupun yang kecil tersebut.

Cara Kerja dan Rumus Notasi Ilmiah (Bentuk Baku)

notasi ilmiah ilmu fisika

Untuk menghitung suatu jumlah nilai atau angka yang sangat besar ataupun sangat kecil, jika melihat aturan Bentuk Baku dari Hasil Pengukuran maka dapat dituliskan Rumus Bentuk Baku seperti dibawah ni.

advertisements

a,… x 10n

a adalah Bilangan Asli 1 sampai 9

n adalah Bilangan Eksponen

Didalam Penulisan Notasi Ilmiah jika hasil pengukuran itu harus dinyatakan dalam 1 angka didepan Koma. Sebagai contoh jika angka 125 maka dapat kita tuliskan dalam bentuk Notasi Ilmiah menjadi 1,2 x 10²

Cara Penulisan Notasi Ilmiah Lebih dari 10

Untuk Cara Menuliskan Notasi Ilmiah untuk Bilangan Lebih Dari 10 antara lain yang pertama jika bilangan yg lebih dari 10 tidak mempunyai koma (Bukan Bilangan Desimal) buatlah Koma dibelakang angka paling belakang. Dan jika bilangan itu sudah mempunyai koma maka kalian tidak perlu menambahkan koma lagi dan cara yang kedua adalah Buatlah Koma disebelah kanan angka pertama.

Lalu Cara Penulisan Notasi Ilmiah Lebih dari Angka 10 Yang Ketiga adalah hilangkanlah angka Nol dibelakang koma selain yang sudah diapit maka angka bukan Nol dan Cara Yang Keempat adalah kalikan bilangan yang dapat diangka 3 dengan 10n (n=jumlah angka yang diapit leh dua koma).

Sebagai Contohnya : Nilai 108.000.000.000.000

1.000.000.000.000, (taruh koma di belakang angka yang terakhir)

1,000.000.000.000, (setelah itu buat koma dibelakang angka pertama (warna merah))

1 x 10¹² adalah jumlah angka yang diapit tanda koma pada langkah sebelumnya (warna merah).

Cara Menuliskan Notasi Ilmiah Kurang Dari 1

Sedangkan untuk Cara Penulisan Bilangan Notasi Ilmiah Kurang Dari 1 caranya yang pertama adalah Buatlah koma dibelakang angka pertama yang bukan NOL yang kalian lihat dari sebelah kiri. Yang Kedua adalah Hilangkan angka dibelakang angka pertama yang kalian jumpai pada langkah pertama dan cara yang terakhir (Ketiga) adalah kalikan angka dinomor 2 dengan 10-n (n adalah jumlah angka yang diapit oleh koma).

penulisan notasi ilmiah angka kurang dari 1

Seperti itu saja pembahasan dari saya tentang Pengertian Bentuk Baku dan Cara Penulisan Bentuk Baku nya, kalian juga bisa melihat pembahasan yang lain tentang Tabel Notasi Ilmiah yang telah saya jelaskan kemarin. Mungkin cukup sekian dan semoga saja ulasan ini dapat berguna bagi kalian para pelajar Siswa dan Siswi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Indonesia.

advertisements
Notasi ilmiah dan Cara Menulisnya Dalam Ilmu Fisika | rumus rumus | 4.5