Rumus Diameter Lingkaran dan Contoh Soalnya Lengkap

advertisements

Rumus Diameter Lingkaran – Dipertemuan sebelumnya Penulis telah menjelaskan secara lebih detail tentang Rumus Lingkaran Lengkap seperti menghitung Keliling dan Jari – Jari Lingkaran, maka sekarang tiba saatnya bagi Penulis Rumus Rumus untuk menjelaskan kepada kalian Para Pembaca tentang Rumus Menghitung Diameter Lingkaran dan Contoh Soalnya. Hal tersebut dikarenakan Rumus Bangun Datar Lingkaran Matematika ini tidak akan terlepas aspek – aspek tentang Diameter Lingkaran, Jari – Jari Lingkaran dan Keliling Lingkaran sehingga dengan melihat aspek tersebut, Penulis akan menerangkan Rumus Lingkaran Matematika satu persatu secara lengkap dan detail.

rumus diameter lingkaran dan contoh soalnya lengkap

Adapun didalam Bangun Datar Lingkaran sendiri mempunyai Garisan Lingkaran yang antara lain Jari – Jari Lingkaran, Tali Busur Lingkaran, Busur Lingkaran, Keliling Lingkaran, Diameter Lingkaran dan Apotema Lingkaran. Sedangkan didalam Pengertian Keliling Lingkaran Bangun Datar adalah busur terpanjang didalam Bangun Datar Lingkaran, dan Pengertian Jari – Jari Lingkaran Bangun Datar ialah Garis Lurus yg bisa menghubungkan titik pusat dg lingkaran, serta Pengertian Diameter Lingkaran ialah tali busur terbesar yg panjangnya 2 kali lebih besar dari jari – jari lingkaran dan diameter ini dapat membagi lingkaran yang sama luas.

Setelah kalian cukup memahami tentang Bangun Datar Lingkaran yang telah dijelaskan secara lebih sederhana diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk memahami tentang Cara Menghitung Diameter Lingkaran dan Contoh Soalnya. Namun sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa didalam Cara Mencari Diameter Lingkaran, itu terdapat 3 Rumus Diameter Lingkaran dan untuk penjelasannya bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Rumus Diameter Lingkaran dan Contoh Soalnya

Rumus Menghitung Diameter Lingkaran Pertama adalah jika diketahui keliling Diameter Lingkaran tersebut. Dan rumusnya dibawah ini :

advertisements

d = k / π

d adalah diameter

k adalah keliling

π adalah 3.14 atau 22/7

Contoh Soal Menghitung Diameter Lingkaran, jika diketahui nilai keliling lingkarannya : ” Jika terdapat sebuah Bangun Datar Lingkaran dengan Keliling sebesar 20 m, maka berapakah diameter lingkaran nya ? ”.

Jawabannya :

d = k / π

d = 20 / 3.24

d = 6.369 (Diameter Bangun Lingkaran tersebut sebesar 6.369)

2. Rumus Diameter Lingkaran dan Contoh Soal Kedua

Untuk Rumus Mencari Diameter Lingkaran yang kedua adalah jika diketahui Jari – Jari Lingkaran tersebut, dan Rumus Diameter Lingkarannya adalah :

d = 2 x r

d adalah diameter

r adalah jari jari

Contoh Soal Menghitung Diameter Lingkaran, jika diketahui Jari – Jari Lingkarannya : ” Terdapat Sebuah Bangun Datar Lingkaran yang mempunyai jari – jari sebesar 20 cm, maka hitunglah Diameter Bangun Datar Lingkaran tersebut ? ”.

Jawabannya :

d = 2 x r

d = 2 x 20

d = 40 cm (Diameter Lingkaran tersebut sebesar 40 cm)

3. Rumus Diameter Lingkaran dan Contoh Soal Ketiga

Lalu Rumus Menghitung Lingkaran yang ketiga adalah jika diketahui nilai Luas lingkaran nya. Dan langsung saja bisa kalian lihat didalam Contoh Soal Diameter Lingkaran jika diketahui nilai Luas Lingkarannya :

” Terdapat Sebuah Bangun Datar Lingkaran Matematika dengan mempunyai Luas Lingkaran sebesar 78.5 meter, dan berapakah nilai diameter lingkaran tersebut ? ”.

Langkahnya :

– Carilah Nilai Jari Jarinya

– Setelah diketahui Jari Jarinya, baru dihitung Nilai Diameternya

Jawabannya :

r2 = L / π

r2 = 78.5 / 3.14

r2 = 25

r   = √25

r   = 5 m

Maka Diameternya adalah :

d = 2 x r

d = 2 x 5

d = 10 m (Diameter Bangund Datar Lingkaran tersebut sebesar 10 meter)

Demikianlah pembahasan tentang Rumus Diameter Lingkaran dan Contoh Soalnya yang telah Penulis berikan kepada kalian Para Pembaca di Website Rumus Rumus Matematika ini. Dan semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua Para Pembaca karena tidak bisa dipungkiri bahwa Rumus Bangun Datar Matematika Lingkaran ini cukup penting bagi kalian Para Pelajar karena Materi Bangun Datar Matematika sering sekali keluar di Soal – Soal Ujian Sekolah. Oleh karena itu jika kalian telah mengetahui dan memahami salah satu Rumus Matematika Bangun Datar Lingkaran, maka kalian bisa mengerjakan dengan benar soal ujian tentang Bangun Datar Lingkaran ini.

advertisements
Rumus Diameter Lingkaran dan Contoh Soalnya Lengkap | rumus rumus | 4.5