3 Rumus Jari – Jari Lingkaran dan Contoh Soalnya Lengkap

advertisements

Rumus Jari – Jari LingkaranSebelum membahas terlebih jauh dan dalam tentang Rumus Mencari Jari – Jari Lingkaran Bangun Datar Matematika, lebih baik kalian terlebih dahulu mengetahui dan memahami Apa Itu Lingkaran Bangun Datar ini karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca (Pelajar) di Indonesia yang belum begitu memahami dan mengerti akan Bangun Datar Lingkaran ini. Dan langsung saja untuk Pengertian Lingkaran Bangun Datar Matematika menurut Wikipedia Indonesia adalah himpunan dari semua titik di bidang dalam jarak yg tertentu (Jari – Jari) dan dari suatu titik tertentu (Titik Pusat).

Bangun Datar Lingkaran Matematika ini bisa dikatakan sebagai suatu contoh dari Kurva Tertutup yang sederhana, dapat membagi bidang menjadi bagian luar dan bagian dalam lingkaran. Kemudian untuk Sifat – Sifat Bangun Datar Lingkaran ini antara lain hanya mempunyai Satu Sisi, tidak mempunyai Titik Sudut, Mempunyai Simetri Lipat yang tidak terbatas, Mempunyai Simetri Putar yang tidak terbatas, Mempunyai Jarak yang sama dari Titik Pusat ke Sisi Manapun. Selain itu Elemen – Elemen Bangun Datar Lingkaran antara lain Jari – Jari Lingkaran, Tali Busur Lingkaran, Busur Lingkaran, Keliling Lingkaran, Diameter Lingkaran dan Luas Lingkaran.

Setelah kalian memahami tentang Bangun Datar Lingkaran diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui tentang Rumus Mencari Jari – Jari Lingkaran dan Contoh Soalnya lengkap. Hal ini dikarenakan materi tentang Bangun Datar Lingkaran seperti mencari nilai Keliling Lingkaran, Luas Lingkaran, Diameter Lingkaran dan Jari – Jari Lingkaran ini sering sekali keluar di Soal – Soal Ujian, baik itu Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN). Untuk itu sudah sangat bijak sekali jika kalian Sebagai Pelajar untuk memahami Rumus Menghitung Jari – Jari Lingkaran dibawah ini, supaya nantinya kalian bisa dengan mudah mengerjakan Soal – Soal tentang Jari – Jari Lingkaran di Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

3 Rumus Jari – Jari Lingkaran dan Contoh Soalnya Lengkap

rumus jari - jari lingkaran dan contoh soal lengkap

Perlu kalian ketahui bahwa didalam Cara Mencari Jari – Jari Lingkaran itu terdapat tiga cara yakni dengan mengetahui Diameter Lingkarna, dengan mengetahui Keliling Lingkaran dan dengan mengetahui Luas Lingkaran. Untuk itu dibawah ini telah Penulis berikan secara lebih lengkap Cara Menghitung Jari – Jari Lingkaran dan Contoh Soalnya yang bisa kalian pelajari dan pahami dengan mudah.

advertisements

1. Rumus Jari – Jari Lingkaran Dg Diameternya

Pengertian Diameter Lingkaran adalah tali busur terbesar yg panjangnya ialah dua kali dari jari – jari lingkaran dan diameter ini dapat membagi lingkaran yg sama luas.

Rumus Diameter Lingkaran adalah :

 d = 2 x r

Dan Rumus Jari – Jari Lingkaran Jika Diketahui Diameternya adalah :

r = d/2

Diketahui :

r adalah jari – jari

d adalah diameter.

Contoh Soal Mencari Jari – Jari Lingkaran Jika Diketahui Diameter Lingkaran nya seperti ini : ” Jika terdapat Diameter didalam Bangun Datar Lingkaran sebesar 10 cm, maka hitunglah Jari Jari Lingkarannya ?. ”

Diketahui = d : 10 cm dan r : … ?

Jawabannya :

r = d/2

r = 10/2

r = 5 cm (Jari Jari Lingkaran tersebut sebesar 5 cm).

2. Rumus Jari – Jari Lingkaran Dg Kelilingnya

Didalam Pengertian Keliling Lingkaran adalah sebuah Busur terpanjang yang ada didalam Lingkaran. Lalu untuk Pengertian Jari – Jari Lingkaran adalah Garis Lurus yg dapat menghubungkan titik pusat dg lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran :

K = π x 2 x r

Rumus Jari – Jari Lingkaran Jika Diketahui Keliling Lingkarannya :

r = K / 2 x π

Diketahui :

K : Keliling Lingkaran

r : Jari – Jari Lingkaran

π ialah 22/7 atau 3.14

Contoh Soal Mencari Jari – Jari Lingkaran jika diketahui Keliling Lingkarannya seperti ini : ” Terdapat Bangun Datar Lingkaran dengan Kelilingnya sebesar 21 cm, maka hitunglah Jari – Jari Lingkaran tersebut ?. ”

Jawabannya :

r = K / 2 x π

r = 21 / 2 x 3.14

r = 21 / 6.28

r = 3.34 cm

3. Rumus Jari – Jari Lingkaran Dg Luasnya

Rumus Luas Lingkaran adalah :

L = π x r²

Dan untuk Rumus Jari – Jari Lingkaran Jika diketahui Luasnya :

rumus mencari jari - jari lingkaran diketahui luasnya

Contoh Soal Jari – Jari Lingkaran, jika diketahui Luas Kelilingnya seperti ini : ” Terdapat Bangun Datar Lingkaran dengan Luas Lingkaran sebesar 78.5 meter, berapakah Jari – Jari Lingkarannya ?.

Jawabannya :

r² = 78.5 / 3.14

r² = 25

r = √25

r = 5 meter (Jadi Jari – Jari Lingkaran tersebut adalah 5 meter).

Demikianlah pembahasan tentang Rumus Mencari Jari – Jari Lingkaran dan Contoh Soalnya Lengkap yang bisa Penulis berikan kepada kalian Para Pembaca Setia di Laman Website Rumus Rumus ini. Dan semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca yang membutuhkannya karena sekali lagi perlu saya sampaikan kepada kalian Para Pembaca bahwa ulasan tentang Bangun Datar Lingkaran Matematika ini sangatlah penting dan sering keluar di Soal – Soal Ujian Mata Pelajaran Matematika sehingga alangkah sangat baik jika kalian mulai sekarang belajar untuk memahami tentang Rumus Lingkaran dan Rumus Bangun Datar Matematika yang lainnya.

advertisements
3 Rumus Jari – Jari Lingkaran dan Contoh Soalnya Lengkap | rumus rumus | 4.5