Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal Keliling Lingkaran

advertisements

Rumus Keliling Lingkaran Matematika – Setelah dipertemuan sebelumnya Penulis sudah membahas tentang Rumus Bangun Datar didalam Pelajaran Matematika, maka dipertemuan ini Penulis akan mengulas tentang Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya secara lebih dalam dan detail. Hal ini dikarenakan Lingkaran termasuk kedalam salah satu Bangun Datar Matematika yang cukup sering dibahas didalam Pelajaran Matematika baik di tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas), malahan Soal Soal tentang Lingkaran ini sering juga keluar di Soal Soal Ujian, baik didalam Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional (UN).

rumus keliling lingkaran dan contoh soalnya

Oleh karena itu sangat baik sekali bagi kalian Para Pembaca yang notabenya Pelajar, untuk lebih mengetahui dan memahami tentang Rumus Lingkaran Matematika yang meliputi Luas dan Keliling Lingkaran ini. Namun sebelumnya ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu tentang Pengertian Lingkaran di Pelajaran Matematika, dan langsung saja bahwa Lingkaran Matematika adalah sebuah bangun datar yang membagi bidang menjadi dua yakni bagian luar dan bagian dalam, selain itu Lingkaran mempunyai unsur – unsur seperti Jari – Jari Lingkaran, Diameter Lingkaran, Busur Lingkaran, Lingkaran Lingkaran dan Tali Busur Lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran Matematika Lengkap

Setelah kalian telah mengetahui tentang Bangun Datar Lingkaran, sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk memahami tentang Cara Mencari Keliling Lingkaran Matematika, karena dengan kalian (Pelajar) mengetahui Cara Menghitung Keliling Lingkaran Matematika maka kalian akan dengan mudah menjawab dan mengerjakan Soal – Soal Ujian, baik Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN) tentang Keliling Lingkaran Matematika. Dan langsung saja terdapat dua rumus didalam Rumus Menghitung Keliling Lingkaran Matematika yang bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Rumus Keliling Lingkaran Memakai Diameter

advertisements

Keliling Lingkaran = π x d

Diketahui :

d adalah Diameter

π adalah 22/7 atau 3.14

2. Rumus Keliling Lingkaran Memakai Jari – Jari

Keliling Lingkaran = π x 2 x r

Diketahui :

r adalah jari – jari

π adalah 22/7 atau 3.14

Contoh Soal Keliling Lingkaran Matematika

Kemudian setelah kalian lihat dan memahami tentang Kedua Rumus Keliling Lingkaran Matematika yang telah dijelaskan diatas, maka dibawah ini bisa kalian lihat Contoh Soal Mencari Keliling Lingkaran Matematika yang dapat dijadikan sebagai metode latihan kalian, agar kalian bisa lebih memahami tentang Rumus Lingkaran Mencari Keliling ini.

1. Terdapat satu buah Bangun Datar Lingkaran yang memiliki nilai Diameter sebesar 6 m, carilah Keliling suatu lingkaran tersebut ?

Diketahui : Diameter sebesar 6 m

Ditanyakan : Nilai Keliling Lingkaran ?

Jawaban :

Keliling = π x d

Keliling = 22/7 x 6

Keliling = 132/7

Keliling = 18,85 m

2. Terdapat Sebuah Lingkaran yang mempunyai nilai Jari – Jari sebesar 14 cm. Hitunglah nilai Keliling Lingkaran tersebut ?

Diketehui : jari – jari sebesar 14 cm

Ditanyakan : Nilai Keliling Lingkaran ?

Jawaban :

Keliling = π x 2 x r (jari jari)

Keliling = 22/7 x 2 x 14

Keliling = 22/7 x 28

Keliling = 616/7

Keliling = 88 cm

Demikianlah pembahasan tentang Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal yang telah Penulis tuliskan secara lengkap kepada kalian Para Pembaca Pelajar yang ada di Indonesia, dan semoga saja ulasan tentang Keliling Lingkaran ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pelajar Indonesia yang membutuhkan informasi tentang Lingkaran Bangun Datar. Lalu sebagai tambahan informasi saja jika kalian ingin mengetahui dan memahami tentang Rumus Belah Ketupat Matematika, maka bisa kalian lihat sendiri ditautan tersebut karena tidak bisa dipungkiri juga bahwa Belah Ketupat juga termasuk kedalam salah satu Bangun Datar Matematika yang banyak dicari ulasannya selain Bangun Datar Lingkaran.

advertisements
Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal Keliling Lingkaran | rumus rumus | 4.5