Cara Menghitung Rumus Luas Jajar Genjang

advertisements

Rumus Luas Jajar Genjang – Pengertian Jajar Genjang atau Jajaran Genjang ialah Bangun Datar yang mempunyai sifat dua dimensi dan terbentuk oleh dua pasang rusuk yg masing – masing rusuk sama panjang dan sejajar dg pasanganya dan memiliki dua pasang sudut yg mempunyai besaran sama dg sudut hadapanya serta Jajar Genjang atau Jajaran Genjang dg empat rusuk yg sama panjang biasanya disebut dg Belah Ketupat

Namun jika anda melihat secara sikilas dari bentuk Jajar Genjang ini maka mirip dg Trapesium dan tidak sedikit orang atau siswa yg terkecoh karena mereka tidak melihatnya secara teliti dan detail padahal bentuk dari Jajar Genjang sangatlah jauh berbeda dg bentuk Trapesium.

Untuk itu disinii kami akan menjelaskan dan memberiikan Gambar Jajar Genjang dan Rumus Jajaran Genjang secara lengkap dan detail sehingga bisa menjadi penambahan ilmu yg bermanfaat oleh anda semuanya karena Rumus Jajar Genjang ini biasanya sering digunakan di tingkat SMP maupun SMA karena banyak soal yg muncul terkait Bangun Datar ini di tingkatan tersebut.

Penjelasan Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang

penjelasan rumus jajar genjang terlengkap

Rumus Jajar Genjang atau Rumus Jajaran Genjang mempunyai dua turunan Rumus Matematika yang dibagi antara Mencari Luas Jajar Genjang dan Menghitung Keliling Jajar Genjang karena jika kita lihat gambar diatas maka dari huruf ABCD merupakan keliling Jajaran Genjang dan langsung saja kita akan terjun membahas tentang Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang.

advertisements

Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus Luas Jajaran Genjang sangatlah mudah dan simple karena hanya Alas x Tinggi sehingga jika di terapkan dalam rumus akan menghasilkan Rumus Luas Jajar Genjang seperti dibawah ini.

Luas = Alas x Tinggi.

Cara Mencari Rumus keliling Jajar Genjang

Sedangkan untuk mencari Rumus Keliling Jajaran Genjang sedikit agak rumit karena kita harus mencari jumlah Sisi Miring nya namun jika kita sudah mengetahui dan memahami maka akan terasa mudah. Rumus Menghitung Keliling Jajar Genjang seperti dibawah ini.

Keliling = 2 (Alas + Sisi Miring)

Contoh Soal Matematika Jajar Genjang

1. Sebuah gambar jajar genjang memiliki panjang suatu sisi miring sebesar 5 satuan, panjang allas sebesar 20 satuan & tinggi sebesar 4 satuan. Berapakah Panjang Keliling Jajar Genjang tersebut dan Berapakah Luas Jajar Genjang nya ?

Jawab.

Alas (a) : 5 satuan, sisi miring (m) : 20 Satuan dan tinggi (t) : 4 Satuan

Keliling : 2 x (Alas x Sisi Miring)

K : 2 (5 + 20 ) : 2. 25 = 50 Satuan

Luas Jajar Genjang = Alas x Tinggi

L = 5 x 4 : 20 Satuan²

Sampai Dissini pembahasan dari kamii tentang Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang yg sudah kami lengkapi pula dg contoh soalnya sehingga kami harap memudahkan anda dlm memahami Rumus Matematika Jajar Genjang ini.

advertisements
Cara Menghitung Rumus Luas Jajar Genjang | rumus rumus | 4.5