Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus

advertisements

Rumus Luas Kubus – Sebelum kita membahas tentang salah satu Rumus Matematika Kubus ini, ada baiknya jika kita terangkan dulu Pengertian Bangun Ruang Kubus secara lengkap dan jelas karena Bangun Kubus merupakan Bangun Ruang yg memiliki bentuk tiga dimensi yg telah dibatasi oleh enam bidang sisi sisinya dan sisi tersebut berbentuk kongruen atau berbentuk bujur sangkar. Kemudian Bangun Ruang Kubus bisa jg disebut dg bidang enam beraturan yg berbentuk mirip dg Prisma Segi empat.

Sedangkan Cara Menghitung Rumus Kubus tersebut biasanya digunakan untuk mengerjakan contoh Soal Matematika Kubus yg terdapat di tingkatan sekolah SMP maupun SMA dan sering muncul jg di Soal – Soal UN maupun UAS sehingga anda sebagai siswa / siswi harus benar – benar memahami dan tahu tentang Rumus Menghitung Luas dan Volume Kubus. Untuk Rumus Kubus mempunyai tiga turunan yaitu Rumus Luas Permukaan Kubus, Rumus Volume Kubus dan Rumus Diagonal Sisi Kubus.

Tetapi disini kami akan membahas terlebih dahulu tentang Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus, sedangkan untuk Rumus Diagonal Sisi Kubus akan kami jelaskan setelah selesai dlm menulis Rumus Kubus mencari Volume dan Luas. Baiklah langsung saja anda bisa lihat dibawah penjelasan lengkap dan detal yg sudah kami buat tentang Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus.

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus

penjelasan tentang rumus luas kubus terlengkap

Coba anda lihat gambar diatas bahwa Rumus Kubus baik Rumus Mencari Luas Permukaan, Volume dan Diagonal Sisi Kubus diperlukan suatu titik sudut, sisi dan rusuk bangun ruang kubus itu sendiri karena untuk Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus sendiri sangat membutuhkan jumlah sisi – sisinya.

advertisements

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kubus

Menghitung Luas Kubus diperlukan jumlah dari luas permukaan kubus tersebut dan permukaan bangun ruang kubus memiliki 6. Untuk itu Rumus Luas Kubus bisa dinyatakan seperti Rumus Matematika dibawah ini.

L = 6 x s²

Cara Menghitung Rumus Volume Kubus

Menghitung Rumus Volume Kubus diperlukan isi dari kubus itu sendiri, besarnya volume merupakan perpaduan antara perkalian dari sisi panjang, lebar dan tinggi. Sedangkan untuk ukuran rusuk dari sebuah bangun ruang kubus itu semuanya sama yaitu s maka Rumus Volume Kubus dpt dinyatakan seperti dibawah ini.

Volume = s x s x s atau Volume = S³

Contoh Soal Matematika Tentang Kubus

1. Diket sebuah bangun ruang kubus dg panjang sisi sebuah kubus sebesar 20 cm, maka hitunglah Volume, Keliling dan Luas permukaan Kubus tersebut.

Jawabnya.

Rumus Volume Kubus : V = s³

jadi Vol = 20 x 20 x 20

Volume = 8000 m³

Rumus Keliling Kubus : K = 12 x s

K = 12 x 20

    = 240 cm

Rumus Luas Permukaan Kubus : L = 6 x s²

L = 6 x 20 x 20

L 2400 cm²

Itulah penjellasan yg dapat kami sampaikan kepada anda semua terkait Rumus Luas dan Volume Kubus serta sudah kami tambahkan Contoh Soal Matematika Kubus nya yg bisa latih sendiri dirumah sehingga anda menjadi lebih memahami Rumus Diagonal Sisi Kubus  ini.

advertisements
Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus | rumus rumus | 4.5