Rumus Momen Inersia dan Contoh Soalnya Paling Lengkap

advertisements

Rumus Momen Inersia – Didalam Mata Pelajaran Fisika SMA telah ada Materi Momen Inersia dan bagi kalian Para Pelajar yang belum begitu memahami tentang Materi Momen Inersia yang telah diajarkan oleh Guru Fisika kalian, maka kalian bisa memahami tentang Apa Itu Momen Inersia dan Rumus Mencari Momen Inersia secara lebih detail disini. Hal tersebut dikarenakan Penulis Rumus Rumus kali ini akan menjelaskan dan menjabarkan mengenai Momen Inersia secara lebih dalam kepada Para Pembacanya karena Penulis meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pelajar SMA yg belum begitu memahami tentang Materi Momen Inersia ini.

Langsung saja didalam Pengertian Momen Inersia menurut Wikipedia Indonesia sendiri adalah suatu ukuran kelembaman (mempertahankan diri) suatu benda untuk berotasi kepada poros’nya (sumbunya). Lalu Momen Inersia ini sangat berperan didalam Dinamika Rotasi seperti Massa didalam Dinamika Dasar, dan Momen Inersia ini dapat menentukan hubungan antara kecepatan sudut, momentum sudut, percepatan sudut dan momen gaya serta beberapa besaran lainnya. Kemudian didalam Bunyi Hukum Newton Pertama mengemukakan bahwa benda yg bergerak itu akan cenderung terus bergerak dan benda yg diam akan tetap cenderung diam.

Oleh sebab itu bisa dikatakan bahwa Bunyi Hukum Newton yang pertama itu bisa disebut juga dengan Hukum Kelembaman atau Hukum Inersia karena jika terdapat suatu Benda yg mempunyai Inersia yg besar, maka Benda tersebut akan cenderung untuk susah bergerak, begitu pula sebaliknya. Selain itu perlu kalian ketahui juga bagi Para Pembaca dan Pelajar SMA bahwa Besarnya Momen Inersia didalam Suatu Benda itu tergantung dari beberapa Faktor yang antara lain Faktor Massa Benda (Partikel), Massa Bentuk (Geometri Benda), Faktor Jarak ke Sumbu Putar Benda (Lengan Momen) dan Faktor Letak Sumbu Putar Suatu Benda.

Rumus Momen Inersia dan Penjelasannya Lengkap

rumus momen inersia dan contoh soalnya lengkap

Setelah kalian telah memahami tentang Pengertian Momen Inersia yang telah dijelaskan diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk memahami tentang Rumus Menghitung Momen Inersia yang baik dan benar. Namun sebelum masuk ke Rumus Momen Inersia ini, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu bahwa Lambang Momen Inersia ini ditulis dengan Lambang I atau kadang – kadang juga ditulis dengan Lambang J.

advertisements

Dan konsep Lambang I ataupun Lambang J yg digunakan untuk merujuk pada Nilai Momen Inersia ini diperkenalkan oleh Seorang Matematikawan dan Fisikawan Pionir berasal dari Swiss bernama Leonhard Euler, didalam bukunya berjudul A Theoria Motus Corporum Solidorum Seu Rigidorum pada tahun 1730 silam. Selain itu perlu kalian tahu juga bahwa didalam Momen Inersia ini terdapat beberapa Rumus Momen Inersia yg antara lain :

I = m.R²

Diketahui :
I adalah Momen Inersia

m adalah Massa Partikel (Benda)

R adalah Jarak antara Partikel Benda terhadap Sumbu Putar (Jari – Jari)

Rumus Momen Inersia diatas dapat digunakan jika Besarnya Momen Inersia (I) didalam Suatu Benda Bermassa yg mempunyai titik putar didalam Sumbunya.

I = ∑m.R²

I = m1R1² + m2R2² + m3R3² + …. + mnRn²

Diketahui :

I adalah Momen Inersia (Kg m²)

m adalah Massa (Kg)

R adalah jarak kr dari titik poros atau Jari – Jari (m)

Sedangkan untuk Rumus Momen Inersia diatas bisa digunakan dan diterapkan jika terdapat Partikel dengan jumlah massa nya masing – masing m1, m2 dan m3 serta mempunyai Jarak masing – masing r1, r2 dan r3 terhadap Sumbu Rotasi (Porosnya). Momen Inersia Total Partikel ini ialah Penjumlahan dari Momen Inersia disetiap Partikelnya.

Tabel Rumus Momen Inersia Lengkap

Kemudian untuk suatu benda – benda yg bentuknya itu teratur dan sudah diketahui secara umum, maka Rumus Momen Inersianya bisa kalian lihat sendiri didalam tabel momen inersia dibawah ini :

tabel rumus mencari momen inersia lengkap

Contoh Soal Momen Inersia dan Jawabannya

Untuk memudahkan kalian dalam memahami tentang Materi Momen Inersia ini, maka dibawah ini Penulis telah memberikan Contoh Soal Tentang Momen Inersia Beserta Jawabannya Lengkap, dan semoga bisa mudah dipahami oleh kalian semua.

1. Contoh Soal Pertama bisa kalian Perhatian Gambar yang ada dibawah ini :

contoh soal momen inersia dan jawabannya

2. Diketahui bahwa terdapat sebuah Batang Homogen dengan Masa sebesar 0.6 kg dan panjang sebesar 60 cm. Apabila gumpalan lumpur mempunyai Massa 20 gram yg dilempar dan menempel pd salah satu Ujung Batangnya. Maka tentukan Momen Inersia Sistem yang melalui Pusat Batang tersebut ?.

Jawabannya :

I = 1/12m.I² + mR²

I = 1/12 (0.6) x (0.6)² + 0.02 (0.3)²

I = 0.018 + 0.0018

I = 0.0198

I = 1.98 x 10-2 kg m2

Demikianlah ulasan mengenai Rumus Momen Inersia dan Contoh Soalnya yang telah dituliskan dan dijelaskan oleh Penulis Rumus Rumus secara lebih detail dan dalam. Semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Para Pembaca dan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) karena tidak bisa dipungkiri bahwa Materi Momen Inersia ini cukup penting dan sering keluar di Soal – Soal Ujian Mata Pelajaran Fisika SMA, baik di Soal Ujian Nasional (UN) dan Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS). Oleh karena itu dengan kalian memahami Materi Momen Inersia ini maka diharapkan kalian sebagai Pelajar SMA bisa mengerjakan dengan mudah dan dapat nilai yang memuaskan saat mengerjakan Soal – Soal Ujian.

advertisements
Rumus Momen Inersia dan Contoh Soalnya Paling Lengkap | rumus rumus | 4.5