Rumus Perkalian dan Pembagian Excel Secara Lengkap

advertisements

Rumus Perkalian dan Pembagian Excel – Pengertian Microsoft Excel adalah salah satu Program Lembar Kerja Spreadsheet yang dibuat oleh Perusahaan Multi Nasional Amerika Serikat Microsoft Corporation di tahun 1982 silam dan sampai sekarang ini pun Program Kerja Spreadsheet ini masih sering digunakan oleh berbagai Pihak, khusus di Tanah Air sendiri masih banyak sekali Masyarakat berbagai Golongan baik itu Pelajar, Mahasiswa, Masyarakat Umum dan Pekerja yang menggunakan Microsoft Excel untuk mendukung dan memudahkan kegiatan dan pekerjaan mereka.

Apalagi Kelebihan Microsoft Excel ini dapat digunakan di berbagai macam Komputer dengan Operasi Sistem Windows Microsoft dan Operasi Sistem Mac OS yang semakin memudahkan para pengguna untuk memakai Program Spreadsheet Microsoft Excel ini karena kita sudah mengetahui bahwa Komputer ataupun Laptop yang ada di Indonesia itu kebanyakan memakai Operasi Sistem Windows (XP, Vista, Seven, Eight) dan Operasi Sistem Mac OS. Keunggulan Microsoft Excel didalamnya telah ada Formula, Fungsi dan Rumus Excel yang semakin memberikan memudahkan para pengguna dalam menyelesaikan Permasalahan Administrasi, Keuangan, Perencanaan dan Hitung Menghitung yang lain.

Kemudian untuk Rumus Perkalian dan Pembagian Excel ini merupakan salah satu Rumus Excel Dasar yang sering digunakan dan dicari oleh para pengguna dan pemakai Microsoft Excel karena didalam Hitung Menghitung tentunya tidak terlepas dari Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian. Oleh karena itu sekarang ini saya akan membuat Artikel tentang Rumus Perkalian dan Pembagian Microsoft Excel kepada kalian para pembaca, karena tentu diluar sana terdapat pembaca yang membutuhkan informasi seperti ini dan semoga saja apa yang dituliskan saya dapat berguna bagi kalian.

Rumus Perkalian Microsoft Excel Secara Lengkap

rumus perkalian dan pembagian excel

Didalam Rumus Perkalian Excel terdapat Dua Cara Perkalian Excel yang dapat kalian gunakan saat menghitung Soal – Soal ataupun Perhitungan Perkalian didalam Program Microsoft Excel. Cara Pertama ialah menggunakan Operator Asterisk (*), sebagai contoh jika terdapat Perhitungan Perkalian Data Cell A2 dengan Data Cell B2 maka penyelesaian Rumus Perkalian Excelnya seperti ini ” =A2*B2 ”.

advertisements

Lalu Cara Kedua Rumus Excel Perkalian ialah menggunakan Fungsi Formula PRODUCT dan untuk pemakaian didalam Soal Perhitungan Microsoft Excel jika terdapat Data Cell A2 yang dikalikan dengan Data Cell B2 maka rumus nya seperti ini ” =product(A2:B2) ”. Mungkin ada baiknya jika kalian melihat Contoh Soal Perkalian Microsoft Excel dibawah ini yang telah secara langsung diterapkan didalam Program Microsoft Excel.

rumus perkalian microsoft excel pertama

Contoh Soal Perkalian Microsoft Excel diatas telah menggunakan Rumus Perkalian Excel Pertama karena telah menggunakan Operator Asterisk (*) untuk mengkalian Data Cell A Baris 2 yang mempunyai Nilai 100 dikalian dengan Data Cell B Baris 2 yang mempunyai Nilai 5 sehingga di dalam Kolom Cell Excel C Baris 2 yang ditulis Rumus Perkalian Excel =A2*B2, ketika di ENTER maka Kolom C Baris 2 menghasilkan Nilai 500 hasil dari perkalian 100 x 5 = 500.

rumus perkalian excel kedua

Sedangkan Contoh Gambar Soal Perkalian Excel diatas telah menggunakan Rumus Perkalian di dalam Excel memakai Cara Kedua karena telah memakai Fungsi Formula PRODUCT dalam mengkalikan Data Cell A Baris 2 yang mempunyai nilai 10 dengan Data Cell B Baris 2 yang mampunyai nilai 2 dan dikalian dengan Data Cell C Baris 2 yang mempunyai 1 sehingga didalam Kolom Cell Excel D Baris 2 yang dituliskan Rumus Perkalian Excel Kedua seperti, ” =product(A2:C2) maka saat di ENTER akan mengeluarkan hasil perkalian sebesar 20, yang ditemukan berdasarkan perkalian nilai 10 (Kolom A Baris 2) x 2 (Kolom B Baris 2) x 1 (Kolom C Baris 2) = 20.

Rumus Pembagian Microsoft Excel dan Contoh Soal

Kemudian didalam Rumus Pembagian Excel hanya mempunyai satu cara saja yakni hanya bisa menggunakan Operator Slash (/) dalam menyelesaikan Perhitungan – Perhitungan Pembagian didalam Program Microsoft Excel karena didalam Rumus Pembagian Excel tidak ada Fungsi Formula yang bisa digunakan. Mungkin bisa langsung lihat Contoh Gambar Soal Pembagian Excel dibawah ini, yang tentunya sudah saya buat secara langsung didalam Program Microsoft Excel.

rumus pembagian microsoft excel pertama

Contoh Soal Pembagian Excel diatas penjelasannya seperti ini bahwa Nilai Data Cell A Baris 2 yang mempunyai Nilai 100 dibagi dengan Nilai Data Cell B Baris 2 yang mempunyai Nilai 5 dan Rumus Pembagian Microsoft Excel nya ditulis didalam Kolom Cell Excel C Baris 2 dengan Rumus ” =A2/B2 ” sehingga ketika di tekan ENTER maka akan otomatis keluar Nilai 20 yang merupakan hasil dari nilai 100 (Nilai Kolom A Baris 2) / 5 (Nilai Kolom B Baris 2).

Mungkin hanya seperti itu pembahasan tentang Rumus Perkalian dan Pembagian Excel di dalam artikel ini dan semoga saja ulasan yang sederhana ini dapat berguna maupun bermanfaat bagi kalian para pembaca karena sekali lagi Rumus Excel Dasar Perkalian dan Pembagian ini sering digunakan dan dibutuhkan bagi para pengguna Microsoft Excel, khususnya para Pengguna (Masyarakat) Pekerja, Guru, Pelajar dan Mahasiswa Mahasiswi.

advertisements
Rumus Perkalian dan Pembagian Excel Secara Lengkap | rumus rumus | 4.5