Rumus Volume Benda Putar dan Contoh Soalnya Lengkap

advertisements

Rumus Volume Benda Putar – Apa Itu Volume Benda Putar ??. Mungkin pertanyaan seperti ini banyak ada di benak para Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa Materi Matematika Volume Benda Putar ini sedikit agak susah untuk dipahami karena hampir sama dengan Bangun Ruang Tiga Dimensi Rumus Tabung, selain itu Materi Matematika ini ternyata juga cukup sering keluar di Soal – Soal Ujian Matematika SMA seperti keluar di Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Soal Ujian Nasional (UN).

Oleh karena itu bagi kalian Para Pembaca Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), jika ingin belajar lebih dalam mengenai Volume Benda Putar Matematika ini, maka kalian bisa pantengi terus Artikel ini karena Penulis dikesempatan ini secara bergantian akan menjelaskan mengenai Materi Cara Mencari Volume Benda Putar Matematika secara lebih detail. Mungkin langsung saja bahwa Pengertian Volume Benda Putar itu sendiri adalah Volume yang diperoleh dari sebuah Luasan yg telah diputar dg Poros Putar tertentu yakni Sumbu X atau Sumbu Y.

Bisa dikatakan pula bahwa Volume Benda Putar ini termasuk kedalam salah satu bentuk dari Integral Matematika, dan jika kalian ingin melihat salah satu Contoh Volume Benda Putar yang paling sering ditemui adalah didalam Bangun Ruang Tabung. Hal tersebut dikarenakan Volume sebuah Bangun Ruang Tiga Dimensi Tabung didapatkan dari Luas Alas yang berbentuk Lingkaran dan dilakukan dengan Tinggi, dan jika Alas Tabung telah dinyatakan dengan Fungsi A (x) dan tinggi dari Benda Putar tersebut ialah Panjang Selang dari titik a ke b pada sumbu x atau y, maka volume benda putar itu bisa dihitung dengan rumus V =ba A(x) dx.

Rumus Volume Benda Putar dan Contoh Soal Volume Benda Putar

rumus volume benda putar dan contoh soal lengkap

Setelah kalian sudah sedikit mengetahui mengenai Apa Itu Volume Benda Putar Matematika, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Rumus Rumus Mencari Volume Benda Putar Matematika ini karena perlu kalian ketahui bahwa didalam Cara Menghitung Volume Benda Putar yang dihasilkan dari sebuah Luasan yg telah diputar menurut sumbu x dan sumbu x maka akan memperoleh cara cara yg bisa kalian lihat dibawah ini :

advertisements

1. Volume Benda Putar Pada Sumbu x Yg Dibatasi 1 Kurva

Untuk mengetahui Rumus Benda Putar Sumbu x yang telah dibatasi oleh 1 Kurva, bisa kalian lihat rumusnya dibawah ini :

cara menghitung volume benda putar

Rumus tersebut dikarenakan Luasan dibawah kurva yang y = f(x), jika diputar dengan Sumbu Putar dengan titik batas a dan b maka akan memperoleh sebuah Silinder dengan tinggi yang berselisih b dan a. Maka dari itu Volume Benda Putar yang menurut Sumbu x tersebut dapat dicari menggunakan rumus diatas.

2. Volume Benda Putar Pada Sumbu y Yg dibatasi 1 Kurva

Kemudian untuk Rumus Volume Benda Putar dengan Sumbu Putarnya ialah Sumbu y, maka tinggal mengubah persamaan grafik yg semula y yang menjadi fungsi dari nilai x, dibalik menjadi x yang menjadi fungsi dari y.

y = f(x) menjadi x = f(y)

Sehingga jika persamaan itu telah diubah dari f ke bentuk x = f(y), maka terbentuklah rumus seperti dibawah ini :

cara mencari volume benda putar

Contoh Soal Volume Benda Putar Matematika

Setelah kalian mengetahui Rumus Volume Benda Putar seperti diatas, maka dibawah ini Penulis telah memberikan Contoh Soalnya. Tujuannya sudah tentu agar kalian sebagai Pembaca bisa lebih memahami mengenai Volume Benda Putar Matematika ini, dan Contoh Soal Volume Benda Putar bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Tentukan nilai Volume dari sebuah Benda Putar jika daerah yg telah dibatasi oleh Fungsi f(x) = 4 -x², sumbu x dan sumbu y juga diputar sebanyak 360° terhadap :

a. Sumbu x

b. Sumbu y

Jawabannya :

a. Diputar Mengelilingi Sumbu x

jawaban volume benda putar

Jadi nilai Volume Benda Putar jika luasan M telah diputar mengelilingi Sumbu x sebesar 360° adalah 256/15 π.

b. Diputar Mengelilingi Sumbu y

Berbeda dengan Sumbu x karena didalam mencari Volume Benda Putar dengan Sumbu y maka kalian harus menyatakan kurva y = f(x) = 4-x² menjadi suatu bentuk persamaan x².

y = 4-x².

x² = 4-y.

Luasan M memotong Sumbu y dititik (0.0) dan (0.4), dengan penyelesaian seperti dibawah ini :

penyelesaian volume benda putar

Jadi jika luasan tersebut sebesar M diputar oleh 360 Derajat yang mengelilingi Sumbu y, maka akan memperoleh volume sebesar 8π dalam satuan Volume.

Demikianlah pembahasan mengenai Rumus Volume Benda Putar Matematika dan Contoh Soalnya, semoga saja apa yang telah dijelaskan disini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua Para Pembaca dan Pelajar di Laman Website Rumus Rumus ini karena sekali lagi perlu ditekankan disini bahwa Materi Matematika Volume Benda Putar Matematika cukup sering keluar di Soal – Soal Ujian Matematika Sekolah SMA. Lalu sebagai tambahan saja yang perlu kalian harus tahu bahwa antara Rumus Volume Benda Putar dengan Rumus Simpangan Baku sedikit mempunyai persamaan jika dilihat dari Statistika suatu bendanya.

advertisements
Rumus Volume Benda Putar dan Contoh Soalnya Lengkap | rumus rumus | 4.5