Rumus Volume Tabung dan Luas Permukaan Tabung

advertisements

Rumus Volume Tabung – Pengertian Tabung dlm suatu Geometri merupakan bangun ruang yg mempunyai sifat tiga dimensi yg dibentuk oleh dua buah lungkaran yg identik dan sejajar dg sebuah persegi panjang yg dpt mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Rumus Tabung atau Rumus Silinder memiliki 2 Rusuk dan 3 sisi dan disini kami selaku penulis di blog ini akan membahas dan menjelaskan kepada anda secara detail tentang Rumus – Rumus Tabung dan Sifat-sifatnya.

Memahami Rumus Mencari Volume Tabung serta Rumus Mencari Luas Permukaan Tabung tentunya sangat penting jika anda ingin lulus dlm ujian UN karena kebanyakan Soal – Soal di ujian baik Ujian Sekolah maupun Soal Ujian UN terdapat Soal Mencari Volume. Tetapi jangan merasa kwatir karena untuk mencari suatu Rumus Volume Tabung dan Rumus Luas Tabung sangatlah mudah, kita hanya butuh mempelajari Rumus Tabung yg sederhana dan dihafalkanya.

Rumus Volume Tabung dan Luas Permukaan Tabung

sifat rumus volume tabungSebelum kita membahas lebih dlm tentang Rumus Menghitung Volume Tabung dan Rumus Menghitung Luas Permukaan Tabung maka ada baiknya jika anda mengetahui Sifat dan Ciri dari bentuk Tabung seperti gambar disamping karena Tabung mempunyai 2 Rusuk yaitu Alas dan Tutupnya berupa lingkaran dan mempunyai 3 buah sisi yaitu Alas, Selimut dan tutup.

Penjelasan Rumus Volume Tabung Terlengkap

Untuk Rumus Volume Tabung dpt kita jelaskan dg mengalikan luas dari alas tabung itu sendiri dg tinggi tabung dan penjelasan dari Rumus Mencari Volume Tabung bisa anda lihat dibawah ini.

advertisements

mencari rumus volume tabung terlengkap

Penjelasan Rumus Tabung disamping V bertindak sebagai Volume Tabung dan πr² bertindak sebagai Luas Alas dimana r itu merupakan jari – jari suatu Tabung, sedangkan untuk t sendiri mewakili dari Tinggi.

Namun perlu di ingat jika hasil atau jumlah Volume Tabung sudah ditemukan dan mencari t (Tinggi) maka rumusnya ialah t : V / πr² sehingga memudahkan dan melengkapi Rumus Volume dlm Mencari Volume Tabung dan Tinggi Tabung.

Mencari Rumus Luas Permukaan Tabung

Sedangkan untuk Rumus Mencari Luas Tabung atau Rumus Menghitung Luas Tabung dpt kita ketahui dg cara menambahkan luas dari dua permukaan berbentuk lingkaran yg berada di atas dan dibawah kemudian Rumus Luas Permukaan Tabung tersebut di tambahkan dg Luas Permukaan Selimut atau yg dikenal dg sebutan sisi tegak yg melengkung dan untuk Rumus Luas Tabung bisa anda lihat penjelasanya dibawah iini.

Rumus Luas Permukaan Tabung = 2. Luas Alas + Luas Selimut

Luas Alas dpt dicari dg Rumus Luas Lingkaran π.r² atau Rumus Luas Alas Tabung = π.r²

Sedangkan untuk mencari Rumus Luas Selimut Tabung = Keliling Alas x Tinggi Tabung atau Luas Selimut Tabung = 2πr . t

Sehingga sudah dapat disimpulkan bahwa dg Rumus Luas Alas dan Luas Selimut maka mendapatkan Rumus Luas Permukaan Tabung seperti dibawah ini.

Luas Permukaan Tabung = 2.Luas Alas + Luas Selimut

Atau

Luas Permukaan Tabung = 2.πr² + 2πr . t

Mungkin sudah cukup pembahasaan dari kami terkait Mencari Rumus Volume Tabung dan Rumus Luas Permukaan Tabung dan semoga tulisan serta pembahasan ini bisa memudahkan anda dlm mengerjakan soal – soal Matematika Menghitung Volume Tabung dan Luas Tabung.

advertisements
Rumus Volume Tabung dan Luas Permukaan Tabung | rumus rumus | 4.5