5 Sifat Logam Alkali dan Kegunaan Logam Alkali Lengkap

advertisements

Sifat Logam Alkali – Logam Alkali merupakan termasuk kedalam Unsur Kimia yang sangat berguna sekali di Kehidupan Manusia, dan tidak dipungkiri pula bahwa Materi Logam Alkali ini sering dibahas di Mata Pelajaran Kimia SMA. Oleh karena itu dikesempatan ini Penulis akan mengulas mengenai Unsur Senyawa Kimia Logam Alkali karena dipertemuan sebelumnya telah dibahas secara lengkap pula mengenai Tata Nama dan Sifat Alkena sehingga sekarang tiba saatnya bagi Penulis secara bergantian untuk membahas lengkap tentang Apa Itu Logam Alkali dan Kegunaannya di Kehidupan Manusia.

Langsung saja bahwa didalam Pengertian Logal Alkali menurut Wikipedia Indonesia adalah suatu unsur golongan didalam tabel periodik yg berisikan oleh Unsur – Unsur Litium (Li), Unsur Kalium (K), Unsur Rubidium (Rb), Unsur Natrium (Na), Unsur Fransium (Fr) dan Unsur Sesium (Cs). Kemudian Golongan ini terletak didalam Blok-s pada tabel periodik karna seluruh Logam Alkali mempunyai suatu Elektron terluarnya pada Posisi Orbital-s, dan konfigurasi unsur elektron ini dapat kalian lihat pada Sifat Karakteristik Logam tersebut karena Logam – Logam Alkali sendiri telah memberikan Sifat – Sifat Tren Golongan didalam Tabel Periodiknya.

Adapun Kata Alkali sendiri berasal dari Bahasa Arab yang mempunyai artian ABU sehingga semua yg termasuk kedalam Logam Alkali merupakan Logam – Logam yg Lunak (Rapuh), mudah dipotong dan Logam Alkali akan mudah hancur dan pecah jika Logam Alkali tersebut dijatuhkan. Perlu kalian ketahui juga bahwa Logam – Logam Alkali ini akan terlihat putih mengkilap seperti perak jika Logam ini digosokan oleh kalian, selain itu Oksida didalam Logam – Logam Alkali ini sangat mudah sekali larut didalam Air dan mempunyai PH yg sangat tinggi sehingga bisa dikatakan bahwa Sifat Logam Alkali ini juga bersifat Alkalis (Sangat Basa).

5 Sifat – Sifat Logam Alkali dan Kegunaan Logam Alkali Lengkap

sifat sifat logam alkali dan kegunaannya

Setelah kalian cukup memahami mengenai Apa Itu Logam Alkali dan Pengertian Logam Alkali yang telah dijelaskan diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui dan memahami Sifat Sifat Logam Alkali yang telah ditulis penjelasannya dibawah ini :

advertisements

1. Memiliki Konduktor Listrik

Untuk Sifat Logam Alkali Yang Pertama adalah memiliki sifat konduktor listrik dan panas yg baik karena Atom Logam yg menyusunnya telah membentuk ikatan Ionik dg kerapatan elektron yg tinggi sehingga bisa dg mudah mengalirkan muatan listrik.

2. Logam Alkali Mudah Rapuh dan Pecah

Sifat Logam Alkali Yang Kedua adalah mudah rapuh dan pecah karena telah dijelaskan di atas bahwa Kata Alkali sendiri berasal dari Bahasa Arab yang berarti ABU sehingga semua yang termasuk kedalam Logam Alkali akan dengan mudah dipotong, akan mudah pecah dan hancur ketika Logam Alkali tersebut dijatuhkan.

3. Logam Alkali Sangat Reaktif

Lalu Sifat Kimia Logam Alkali Yang Ketiga ialah semua unsur – unsur yang termasuk ke dlm Logam Alkali ini bersifat sangat Reaktif, dalam 1 golongan dari atas ke bawah akan semakin bersifat reaktif dan semakin ke bawah maka akan semakin besar sifat kereaktifan’nya karena Energi Ionisasi’nya akan semakin rendah. Semakin ke bawah maka akan lebih mudah untuk melepaskan Elektron sehingga Logam Alkali ini akan banyak ditemukan didalam Senyawa Garam Mineralnya.

4. Titik Leleh Yang Rendah

Sifat Umum Logam Alkali Yang Keempat adalah Logam Alkali memiliki titik leleh yang rendah dan dalam hal ini dikarenakan Jumlah Elektron Valensi yg digunakan untuk mengikat partikel – partikel lainnya jumlah’nya hanya sebanyak satu buah sehingga gaya yg mengikat’nya akan menjadi sangat lemah.

5. Reaksi Logam Alkali Mudah Bereaksi

Maksud dari Sifat Unsur Kimia Logam Alkali Yang Kelima ini adalah Logam Alkali akan sangat mudah bereaksi dengan Unsur – Unsur Kimia yang lain. Sebagai contohnya semua Logam Alkali dapat bereaksi dg Unsur Hidrogen yg dapat membentuk Senyawa Halida dan Reaksi Logam Alkali yang direaksikan dengan Air maka akan menghasilkan Basa Kuat, ataupun Logam Alkali bisa dilarutkan didalam Amonia Cair yg dapat menghasilkan Larutan berwarna Biru.

Kegunaan Logam Alkali di Kehidupan Manusia

Setelah kalian mengetahui dan memahami mengenai Sifat – Sifat Logam Alkali yang telah dibahas diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Manfaat Logam Alkali Pada Kehidupan Manusia Sehari – Hari karena Logam Alkali ternyata mempunyai Fungsi dan Kegunaan yang relatif cukup banyak dan membantu bagi Kehidupan Manusia. Langsung saja Kegunaan Logam – Logam Alkali Pada Kehidupan Manusia ini antara lain :

1. Logam Alkali Litium berguna untuk bahan pelumas, bisa digunakan sebagai Baterai, bahan paduan didalam Timah dan Industri Kaca, serta Logam Litium ini bisa digunakan di Aluminium dan Magnesium yang bersifat menguatkan.

2. Logam Alkali Natrium (Sodium) yang bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan bubuk mesiu, Senyawa Natrium Sulfat, Karbonat dan Hidroksida bisa digunakan dan dipakai didalam Industri Kertas. Garam Dapur (Natrium Klorida) sendiri bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai masakan. Selain itu Natrium Bikarbonat (Baking Soda) bisa dipakai untuk pengembang Kue.

3. Kalium (Potasium) bisa digunakan dan dipakai untuk bahan membuat Pupuk, Kalium Hidroksida dapat dipakai didalam Industri Deterjen dan Kalium Bromida dapat dipakai dan digunakan didalam Dunia Fotografi.

Demikianlah pembahasan mengenai Sifat Sifat Logam Alkali dan Kegunannya yang telah dibahas secara lebih detail, dan semoga saja ulasan tentang Unsur Kimia Logam Alkali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar yang membutuhkannya karena tidak bisa dipungkiri bahwa ulasan mengenai Logam Unsur Alkali ini sering dicari oleh Para Pembaca dan Pelajar Online yang ada di Indonesia, dan sekali lagi semua ulasan ini bermanfaat.

advertisements
5 Sifat Logam Alkali dan Kegunaan Logam Alkali Lengkap | uus | 4.5