1 Tahun Berapa Minggu (Tahun Ke Minggu)

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan mejelaskan jawaban dari pertanyaan 1 tahun berapa minggu ?

Kalender ataupun disebut penanggalan yang biasa di kenal pada negara tercinta kita Indonesia ada dua macam yaitu kalender masehi dan hijriyah.
Pada sistem penanggalan kalender masehi periode satu tahun ialah periode Bumi bergerak pada orbitnya mengelilingi Matahari. Jumlah hari dalam satu tahun pada kalender masehi itu 365 hari pada tahun biasa namun 366 hari pada tahun kabisat.

Sedangkan sistem penanggalan kalender hijriyah yang dibangun berdasarkan rata-rata siklus sinodik bulan kalender lunar (qomariyah), memiliki 12 bulan dalam satu tahun. Jumlah hari dalam satu tahunnya ialah 354.

1 Tahun Berapa Minggu

1 tahun 52 minggu
1 tahun 52 minggu

Pembahasan :

Jumlah minggu pada 1 tahun apabila dihitung berdasarkan jumlah hari dalam 1 tahun.

pada Kalender Masehi

1 tahun = 365 hari. (tahun biasa)
365 hari di bagi dengan 7 (jumlah hari pada 1 minggu) maka dihasilkan
365 : 7 = 52,1
itu artinya 52 minggu 1 hari, jika di bulatkan menjadi 52 minggu.

1 tahun = 366 hari. (tahun kabisat)
366 hari di bagi dengan 7 (jumlah hari pada 1 minggu) maka dihasilkan
366 : 7 = 52,3
itu artinya 52 minggu 3 hari, jika di bulatkan menjadi 52 minggu

Kalender Hijriyah

1 tahun = 354 hari
354 kita di bagi dengan 7 ( jumlah hari pada satu minggu )
354 : 7 = 50,6
itu artinya 50 minggu 6 hari.

tabel konversi tahun ke minggu
tabel konversi tahun ke minggu

Satuan waktu pada Satuan Internasional (SI) ataupun satuan cgs ialah sekon (s).

Pada tahun 1967, ditetapkan bahwa pengertian 1 detik alah waktu yang dibutuhkan atom caesium-33 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.

Pengubahan lainnya yaitu :

satu menit = 60 detik
satu jam = 60 menit = 3600 detik
satu hari = 24 jam = 1440 menit = 86.400 detik
satu minggu = 7 hari
satu bulan = 30 hari
satu tahun = 12 bulan = 365/366 hari
satu windu = 8 tahun
satu dasawarsa = 10 tahun
satu abad = 100 tahun
satu milenium = 1000 tahun
satu Lustrum = 5 Tahun

kadang, dalam pemakaian waktu dipakai kata panca untuk kelipatan lima dan dasa untuk kelipatan sepuluh, contohnya panca windu untuk 40 tahun dan dasa windu untuk 80 tahun.

 

Manfaat waktu

Detik
Terlambat sedetik bisa menyakitkan bagi para pemain sepak bola, telat sedetik saja, satu peluang gol bisa sia-sia. Detik juga begitu berarti bagi para pemabalap. misalnya motoGP atau formula1, mereka menjadi urutan berikutnya karena hanya terpaut telat detik dari kontestan di depannya.
Menit
Terlambat semenit bisa sangat mengecewakan bagi para calon penumpang kereta ataupun transportasi lainnya, karena telat mereka harus tertinggal di stasiun ataupun di Bandara. detik juga berharga sekali bagi para mahasiswa yang terlambat memasuki ruang dan akhirnya tidak boleh mengikuti ujian. atau masih ingat, ketika kita terlambat upacara saat Sekolah Dasar, kita akan di hukum karena terlambat ataupun para wartawan yang telat sedetik mengumpulkan beritanya.
Jam
Jam begitu sangat berarti bagi para anggota DPR dalam menyusun undang undang ( meskipun sebagian anggota tidur saat sidang ). atau para pembuat naskah film yang harus menyelesaikan naskah pada kurun waktu beberapa jam saja. ataupun para pendaki gunung yang berkejaran dengan waktu demi cahaya matahari sebelum terbenam, agar ketika mendirikan tenda masih ada cahaya matahari untuk membantu penglihatan serta membantu hangatnya tubuh.
Hari
hari sangat berarti sekali bagi para pelaut saat mengarungi samudera, satu hari sangat begitu berarti untuk di manfaatkan orang sibuk saat akhir pekan. hari sangat begitu berarti bagi orang-orang sakit untuk segera sembuhkkan dari penyakitnya. Satu hari pun, sangat berarti saat jendela transfer pemain bola akan ditutup.

Dari penjelasan tersebut, bisa di ambil kesimpulan bahwa 1 tahun berapa minggu pada penanggalan masehi ialah 52 minggu.

Artikel lainya :

1 meter berapa cm


Baca Juga :