Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

apa alasan bangsa indonesia memperjuangkan kemerdekaan

Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan ?

Jawaban

Alasan mengapa bangsa Indonesia ini memperjuangkan kemerdekaannya, hal ini terwakili di dalam pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 dimana terdapat pada alinea petama yang disebutkan bahwa.

“Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa”

Nah, hal ini kemudian bisa diartikan jika kemerdekaan bagi Indonesia sendiri merupakan sebuah hak dimana seharusnya mereka miliki sedari lahir serta kemerdekaan itu ialah sebuah hal yang mutlak dimana akan terjadi pada seluruh bangsa yang berada di dunia ini.

Tidak hanya itu alasan utama itu saja, di sini terdapat beberapa hal alasan mengapa bangsa Indonesia ini memperjuangkan kemerdekaannya, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Dengan memperjuangkan kemederkaan, maka akan membentuk suatu pemerintahan Negara Republik Indonesia dimana melindungi segenap bangsa Indonesia serta seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Dengan memperjuangkan kemerdekaan, maka dapat memajukan kesejahteraan umum ataupun bersama.
  3. Dengan memperjuangkan kemerdekaan, maka akan mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara.
  4. Dengan memperjuangkan kemerdekaan, maka kita sebagai warga negara Indonesia yang baik ikut berperan aktif dan ikut serta di dalam melaksanakan ketertiban dunia, dimana yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi serta kedilan sosial.

Nah sesuai dengan penjabaran di atas, maka dapat di tarik kesimpulan jika kemerdekaan adalah hak setiap negara, dimana saat merdeka kita dapat lebih sejahtera, khususnya untuk dimasa mendatang kita dapat mengelola serta mengatur urusan negara sesuai dengan peraturan pada negara kita sendiri tanpa harus di perbudak, diatur, serta di kuasai oleh negara lain. Namun, kemerdekaan yang telah didapat juga harus didukung oleh generasi yang cerdas serta inovatif.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: