Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

bagaimana menjaga komitmen persatuan

Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan

Jawaban :

Persatuan sebagai satu bangsa serta negara Indonesia ialah suatu elemen kehidupan dimana bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara yang paling penting. Tanpa adanya persatuan, kita tidak dapat hidup sebagai suatu bangsa.

Dimana tugas untuk menjaga persatuan bangsa ialah tidak hanya bergantung terhadap pemerintah semata. Tetapi kita sebagai bangsa Indonesia, dapat memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga persatuan NKRI .

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga persatuan NKRI baik secara internal ataupun secara eksternal, ialah sebagai berikut :

1. Saling Menghormati & Menghargai

Sebagai warga negara yang baik harus saling menghargai serta menghormati, walaupun terdapat perbedaan di antara kita semua. Karena perbedaan tidak seharusnya membuat kita jauh namun saling menghargai serta menjadikan perbedaan sebagai ajang pembelajaran yang positif dan baik.

2. Menumbuhkan Rasa Cinta & Bangga Terhadap Budaya Sendiri

Persatuan negara dapat goyah jika rakyatnya sendiri tidak mencintai serta bangga terhadap budayanya sendiri. Maka dengan mencintai budaya sendiri, kita menumbuhan rasa memiliki atas bangsa serta negara kita dan bisa mempertahankannya dari beragam ancaman yang menyerang persatuan negara ini.

3. Menyebarkan Pemikiran Positif

Ditengah ricuhnya pemikiran negatif serta bibit perpecahan dewasa ini, kita perlu menyebarkan pemikiran positif didalamnya. Dengan mengajak orang lain untuk berpikir positif, kita bisa menghindari perpecahan serta selalu menjaga persatuan.

4. Menghindari Pemberitaan Palsu / Hoax

Persatuan tidak bisa terjaga jika kita selalu termakan berita palsu ataupun hoax, berita palsu bisa menimbulkan rasa tidak percaya antar anak bangsa. Oleh karenanya, sepandai mungkin hindarkan berita palsu.

5. Mencintai Produk Dalam Negeri

Menggunakan segala sesuatu produk dalam negeri bisa menumbuhkan rasa mencintai serta memiliki negeri ini. Dengan begitu, saat ada ancaman yang menyerang keutuhan negara kita, kita bisa menangkalnya karena kita mencintai segala sesuatu yang ada dalam negeri.

Simpulan:

Persatuan NKRI ialah sebuah elemen yang begitu penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara, maka sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara untuk menjaga keutuhan NKRI.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: