Cara Instal Aplikasi E Rapor SD

Posted on

Cara Instal Aplikasi E Rapor SD – Aplikasi E-Rapport merupakan sebuah perangkat lunak berbasi website yang mana aplikasi ini memiliki fungsi sebagai manajemen penilaian dan juga penyusunan laporan pencapaian kompetensi dari peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar.

Website ini dikembangkan dengan berpedoman kepada kaidah-kaidah dari sistem penilaian pada tingkat Sekolah Dasar yang diluncurkan oleh Dit. PSD serta dapat diinplementasikan pada unit pendidikan yang melaksanakan Kurikulum 2006 da K13.

Secara teknis, Aplikasi E-Rapor pada tingkat Sekolah Dasar terhubung dengan Dapodik.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan peng-installan pada Aplikasi E-Rapor, pastikan bahwa komputer dari Operator Sekolah sudah terpasang dengan aplikasi Dapodik versi terbaru yaitu Dapodik 2021.

Dalam pembahasan kali ini, RumusRumus.com akan menyampaikan kepada kalian materi mengenai cara Install Aplikasi E-Rapor pada tingkat Sekolah Dasar.

Untuk itu, mari simak pembahasannya.

Baca Juga : Cara Uninstal Dapodik

Cara Instal Aplikasi E Rapor SD

Berikut ini merupakan penjabaran dari tahapan untuk mengintall aplikasi Dapodik, diantaranya adalah :

  • Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mendownload adapter dari Aplikasi E- Rapport pada tingkat Sekolah Dasar dengan format ZIP. Cara mendownloadnya yaitu akses link DISINI.
  • Lalu, file zip tersebut, setelah itu Buka File dari Aplkasi E-Rapport V.1.1. Jika sudah berhasil meng-ekstrak file tersebut, lalu klik kanan kemudian klik Run As Administrator.
Cara Install Aplikasi E-Rapport SD
  • Secara otomatis, Anda akan diarahkan kelaman awal dari proses peng-installan Aplikasi E-Rapport. Lalu klik “Lanjut“.
Cara Install Aplikasi E-Rapport SD
  • Kemudian baca persyaratan untuk instal E-Rapor SD, jika sudah klik “Setuju” dan “Lanjutkan“.
download Aplikasi E-Rapport SD
  • Anda akan diarahkan ke laman yang berisikan persetujuan untuk melanjutkan pemasangan aplikasi. Lalu klik “Pasang“. Tunggu hingga proses ini selesai.
Cara Install Aplikasi E-Rapport SD
  • Kemudian akan muncul lagi laman yang berisikan pernyataan, apakah anda benar-benar yakin untuk melanjutkan peng-Installan Aplikasi E-rapport SD. Klik “Lanjut“. Lalu klik “Selesai“.
Cara Install Aplikasi E-Rapport SD 2021
  • Jika sudah berhasil, Anda akan di perintahkan untuk Login pada aplikasi E-rapport SD. Isi kolom “Username“, “Password“, “Pilih Level User” dan juga “Semester“. Kemudian klik “Login“.
Aplikasi E Rapport SD

F.A.Q

Aplikasi E-Rapport SD adalah?

Aplikasi E-Rapport merupakan sebuah perangkat lunak berbasi website yang mana aplikasi ini memiliki fungsi sebagai manajemen penilaian dan juga penyusunan laporan pencapaian kompetensi dari peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar.

Fungsi dari E-Rapport adalah?

E-rapport memiliki fungsi sebagai manajemen penilaian dan juga penyusunan laporan pencapaian kompetensi dari peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar. Setelah peluncuran E-rapport, evaluasi laporan dilakukan secara digital, dengan guru harus menjadwalkan penilaian dan melakukan penilaian semi-online.

Mengapa dibilang sebagai semi online?

Karena penilaian tidak langsung dikirim ke server Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melainkan disimpan sementara di server sekolah. Nilai dikirim ke server Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setelah pemangku kepentingan terkait memasukkan hasil guru mata pelajaran dan guru kelas.

Nah itu dia, ulasan materi tentang Cara Penginstalan Aplikasi E-Rapport. Semoga bermanfaat yaaa 🙂

Baca Juga : Cara Uninstal Dapodik

Related posts: