Cara Mengisi Nilai Raport Di Dapodik

Posted on

Cara Mengisi Nilai Raport Di Dapodik – Berdasarkan dengan POS (Prosedur Operasinal Standar) dari pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019/2020 mengatakan bahwa, pihak penyelenggara dari Ujian Nasional wajib menyetorkan nilai raport dari semester 1 hingga 5 lewat aplikasi Dapodik.

Nilai yang harus di setorkan adalah nilai dari Matapelajaran yang di ujikan dalam program Ujian Nasional paling lambat 2 (dua) minggu sebelum Ujian Nasional dilakukan. Namun, pada tahun 2021 ini, program Ujian Nasional sudah digantikan oleh Asesmen Nasional.

Bagi Operator Sekolah wajib mengetahui bagaimana cara menginputkan nilai raport dalam aplikasi dapodik. Nah, untuk Anda yang belum mengetahui yuk simak ulasan dibawah ini mengenai cara menginputkan Nilai Raport di Dapodik.

Baca Juga :

Cara Mengisi Nilai Raport Di Dapodik

Cara Mengisi Nilai Raport Di Dapodik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengisikan nilai raport pada aplikasi dapodik dengan mudah dan cepat, diantaranya adalah :

  • Buka aplikasi Dapodik yang ada di laptop Anda. Jika Anda belum memiliki Aplikasi tersebut, maka Anda bisa langsung mengakses linknya berikut ini : https://dapo.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian unduh terlebih dahulu Prefill Rapor Dapodik dan letakkan pada file Directori (C:). Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mendownload Prefill Raport Dapodik bisa cek DISINI.
  • Jika sudah, Anda kembali lagi ke laman beranda dari Aplikasi Dapodik. Kemudian, pilih menu “Pengaturan” dan kilik “Prefill Rapor”. Seperti gambar dibawah.
Cara Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik
  • Kemudian, akan muncul laman yang terdapat kolom untuk mengisikan Username, Password serta Konfirmasi Password. Setelah itu klik “Masukkan Data”. Tunggu hingga peroses tersebut selesai.
Cara Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik
  • Tahap berikutnya, klik menu “Sub Nilai”, berikutnya pilih menu “Rapor”. Selanjutnya, klik menu “Semester” dan pilih semester yang akan diisi. Lalu, pilih menu “kelas” yang terdapat di sebelah menu “Semester” dan pilih sesuai dengan kelas apa yang ingin Anda isikan.
  • Kemudian, klik menu “+ tambah” untuk memilih Matapelajaran. Di tahap ini, lebih baik urutan matapelajarannya disesuaikan dengan kurikulum yang dipakai oleh satuan pendidikan.
Cara Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Isi kolom yang tersedia sesuai dengan peraturan sekolah mulai dari Urutan Mapel hingga nilai KKM. Lalu klik “Simpan”. Lakukan langkah ini sampai semua matapelajaran telah selesai ter-isi.
Cara Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik
  • Untuk memasukkan nilai dari mapel sesuai dengan semester tertentu, bisa Anda lakukan dengan cara mendoble klik pada mapel yang diinginkan. Maka akan tampil laman yang berisikan data seluruh peserta didik.
  • Lalu klik menu “Export dan Import. Setelah anda klik, lalu pilih Unduh Format Excel untuk Import seperti gambar dibawah ini :
Cara Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik
  • Setelah itu, buka file excel dari Mapel yang ingin diisi Nilainya. Jika, telah selesai diisi, kemudian simpan dokumen tersebut. Selanjutnya, upload file rapor tersebut dengan mengklik kembali menu “Export dan Import”. Lalu pilih “Import dari Excel”.
  • Berikutnya, buka file penyimpana rapor, lalu klik “Pilih ExceL” dan klik tombol “Import”.
Cara Mengisi Nilai Rapor Di Dapodik
  • Ulangi hingga semua matapelajaran selesai di Import. Sampai sini proses pengisian Rapor di aplikasi Dapodik telah selesai.

F.A.Q

Apakah mengentrikan nilai rapor pada aplikasi Dapodik sifatnya wajib?
Berdasarkan dengan POS (Prosedur Operasinal Standar) dari pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019/2020 mengatakan bahwa, pihak penyelenggara dari Ujian Nasional wajib menyetorkan nilai raport dari semester 1 hingga 5 lewat aplikasi Dapodik.

Apabila pihak sekolah mengirimkan nilai Rapor setelah pelaksanaan Ujian berlangsung apakah bisa?
Tentu saja bisa, akan tetapi harus dilakukan dengan segera. Sebab, nilai tersebut akan di masukkan kedalam ijazah.

Apa yang akan terjadi jika tidak mengirim Nilai Rapor?
Selama ini, banyak sekali satuan pendidikan yang tidak menyetorkan nilai rapor dengan macam-macam alasan. Sampai saat ini, belum ada teguran ataupun sanksi yang diberikan, jadi sampai saat ini masih aman-aman saja jika tidak mengirimkan nilai rapor.

Nah, itu dia, langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengisikan Nilai Rapor pada aplikasi Dapodik. Semoga bermanfaat 🙂

Related posts: