Contoh Ancaman Di Bidang Ekonomi

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenaiContoh Ancaman Di Bidang Ekonomi ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

contoh ancaman di bidang ekonomi

Contoh Ancaman Di Bidang Ekonomi

Pendahuluan :

Indonesia merupakan negara yang cukup besar dan kaya akan sumber daya alam yang begitu melimpah, tentu Indonesia mempunyai daya tarik sendiri bagi negara lain yang ada di dunia. Oleh karenanya, kita sebagai warga negara harus tetap bersiap serta waspada akan segala bentuk ataupun kemungkinan terjadinya ancaman baik dari ancaman dari dalam negara (internal) maupun ancaman dari luar negara (eksternal).

Pembahasan :

Berikut beberapa contoh ancaman dibidang ekonomi ialah “

1. Ancaman Internal

  • Inflasi terjadi dengan ditandai adanya peningkatan harga barang secara tidak terkendali.
  • Infrastruktur, sarana serta prasarana yang tidak memadai, sebagai contoh : jalan yang kurang kondusif, transportasi yang minim sekali. Dengan begitu akan memperhambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
  • Sistem ekonomi yang kurang stabil antara pengusaha, penanam modal, pemerintah serta warga sipil.
  • Kurangnya kualitas sumber daya manusia (SDM), baik pada tingkat pendidikan ataupun tingkat kemampuan agar berdaya saing yang baik dengan negara lain.
  • Meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia, hal ini dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan, tidak memiliki skil, serta kepadatan penduduk yang tidak seimbang terhadap ketersediaan lapangan kerja yang ada.

2. Ancaman Eksternal 

  • Kecendrungan warga negara Indonesia yang lebih suka memakai produk luar negeri, sehingga menjadikan bangsa luar menyerbu untuk menjualkan produk – produknya ke dalam negara ini.
  • Tingkat daya saing yang turun atau rendah, mulai dari individu maupun dari produk yang dihasilkan.
  • Ketidaksiapan bangsa Indonesia untuk menghadapi era globalisasi maupun MEE dimasa yang akan datang.
  • Sifat ketergantungan terhadap pihak asing yang cukup tinggi, sebagai contoh : Negara ini sering meminta bantuan terhadap pihak luar negeri atau negara lain berupa pinjaman dana ataupun lainnya.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Contoh Ancaman Di Bidang Ekonomi di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: