Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Posted on

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi – Makhluk hidup membutuhkan sebuah seni supaya tidak terasa hambar serta monoton sehingga merasa cepat bosan. Sebuah karya seni yang indah tentu dapat membuat perasaan senang serta dapat merubah mood seseorang yang tadinya bosan akhirnya bersemangat, yang tadinya sedih jadi bergembira.

contoh seni rupa 2 dimensi

Sebagai contohnya ialah hasil-hasil karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai artistik begitu tinggi. Karena seni rupa termasuk salah satu dari berbagai cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh indera penglihatan dan perabaan. Maka karya seni rupa biasa juga disebut visual art, yaitu dimana karya seni yang bisa dilihat dan memiliki wujud nyata.

Tokoh Seni Rupa 2 Dimensi

Dilihat secara keseluruhan terdapat banyak tokoh seni rupa yang sudah menghasilkan karya-karya seni yang begitu indah. Tokoh-tokoh tersebut ada yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri. Tetapi ada 2 tokoh lokal dan internasional yang hingga saat ini begitu terkenal serta disegani, yaitu sebagai berikut :

1. Raden Saleh Sjarif Boestaman

Raden Saleh Sjarif adalah salah satu tokoh seni rupa yang lahir di Semarang tahun 1807, lalu meninggal tahun 1880 di Bogor Jawa Barat. Bakatnya telah terlihat semenjak beliau masih kecil lalu bakatnya diasah dan didampingi pelukis keturunan Belgia, A.A.J. Payen. Dimana dibawah asuhan gurunya ini kemampuan melukis Raden Saleh semakin meningkat tiap harinya.

2. Vincent Van Gogh

Vincent Van Gogh juga termasuk salah satu pelukis terbesar di dalam sejarah kesenian bangsa Eropa. Vincent ini lahir pada 30 Maret 1853, lalu meninggal pada 29 Juli 1890. Terdapat banyak sekali hasil karyanya yang bagus-bagus serta dikenal luas di daratan Eropa.

Baca Juga : Teks Eksposisi

Teknik Membuat Seni Rupa 2 Dimensi

Tahukah anda didalam pembuatan seni rupa 2 dimensi terdapat teknik-teknik yang digunakan untuk menciptakan suatu bentuk yang estetika atau keindahan. Oleh karena itu dalam proses pembuatannya jenis seni rupa yang satu ini membutuhkan teknik-teknik khusus, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Teknik Plakat

Jenis teknik yang satu ini ialah yang sangat sering digunakan disaat melukis. Teknik plakat ini umumnya menggunakan cat poster serta cat minyak akrelik dimana dengan cara digoreskan agak tebal. Dengan begitu, warna yang dihasilkan benar-benar begitu bagus, sangat padat dan pekat.

2. Teknik Kolase

Teknik Kolase ialah suatu teknik melukis dimana dengan cara memotong kertas kemudian kertas tersebut ditempelkan pada obyek tertentu sehingga akan membentuk sebuah lukisan. Dengan teknik ini bisa menghasilkan lukisan yang abstrak maupun realistis dari potongan kertas yang tadi ditempelkan. Hasil dari karya seni rupa yang memakai teknik ini sering dikenal dengan sebutan mozaik.

3. Teknik Transparan

Teknik transparan ini ialah teknik yang seringkali dipakai disaat melukis maupun menggambar. Pada teknik ini umumnya menggunakan cat air, tetapi hanya digoreskan secara tipis-tipis saja sehingga menghasilkan tekstur yang sangat transparan.

4. Teknik Melipat, Menggunting & Merekat (3 M)

Teknik yang satu ini ialah teknik manipulasi terhadap beberapa lembaran kertas untuk dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah karya seni rupa 2 dimensi.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Hasil karya seni rupa saat ini begitu mudah dan banyak sekali dapat kita temui dimana-mana. Dimana dengan hasil karya tangan-tangan yang begitu kreatif dan imajinatif ini dapat dijadikan sebagai lahan dimana guna menambah penghasilan. Berikut ini beberapa contoh hasil karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai seni yang begitu tinggi, yaitu sebagai berikut :

1. Gambar

Perwujudan dari gambar sendiri lebih menekankan pada unsur bentuk, garis, serta aspek kegunaan tanpa menggunakan suatu ekspresi. Jadi hasil karya seni rupa dalam wujud gambar ini kelihatan akan lebih nyata untuk dinikmati hasilnya, contohnya ialah : gambar arsitektur, gambar ilustrasi, dekorasi, desain serta lain sebagainya.

2. Lukisan

Lukisan merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat menggunakan media, seperti : kain kanvas, dinding bahkan kertas. Proses pembuatan dari lukisan itu sendiri ialah dengan cara memoleskan cat dengan memakai pisau palet, kuas lukis, dan peralatan jenis lain. Seluruhnya itu dilakukan di atas media lukis hingga membentuk sebuah gambar yang diinginkan atau diciptakan.

Berbeda dari yang lainnya, hal yang menarik dari sebuah lukisan ialah nilai yang terkandung didalam lukisan tersebut. Sehingga dalam pembuatannya dibutuhkan imaginasi yang sangat tinggi serta skill (keahlian) yang mumpuni supaya menghasilkan lukisan yang sangat luar biasa.

Baca Juga : Perubahan Sosial Budaya

3. Seni Grafis

Seni grafis sendiri termasuk salah satu cabang seni rupa dimana dalam proses pembuatannya membutuhkan alat bantu. Seperti contohnya ialah seni fotografi karena dalam pengerjaannya fotografi membutuhkan alat bantu yaitu kamera. Dengan kamera ini, maka akan menghasilkan foto-foto yang begitu bagus bahkan sama persis dengan obyeknya.

4. Kaligrafi

Kaligrafi termasuk sebuah karya seni artistik dalam bahasa arab dengan menggunakan berbagai media seperti kertas, kain kanvas, kayu, dinding ataupun kuningan. Dimana pembuatannya seni kaligrafi ini merupakan bentuk ekspresi dalam hal keagamaan serta kebudayaan Islam. Hasil karya seni kaligrafi ini sering kita temui di masjid-masjid serta yang paling terkenal ialah kaligrafi sufi.

5. Seni Fotografi

Fotografi sendiri termasuk kedalam seni grafis yang mana pada perkembangannya semakin begitu diminati orang. Hal ini tentu saja karena semakin canggih serta semakin mudahnya alat bantu yang digunakan yaitu kamera. Apalagi saat ini hampir seluruh handphone telah dilengkapi dengan fitur kamera yang begitu canggih menyaingi kamera.

Dengan begitu, dimanapun dan kapanpun orang dapat mengekspresikan diri dengan memakai kamera tersebut. Dengan tidak sadar mereka itu telah menghasilkan sebuah karya seni yaitu seni fotografi.

6. Seni Mozaik

Adalah suatu jenis karya seni rupa yang pembuatannya dengan cara menyusun sebuah benda hingga membentuk wujud tertentu. Wujud benda ini tentu saja memiliki nilai estetis tinggi dan membutuhkan bahan-bahan tertentu. Dimana bahan utama dapat menggunakan kulit telur, pecahan kaca, keramik, serta serpihan kayu.

7. Poster

Pembuatan poster ini umumnya diatas kertas serta membentuk suatu wujud yang mampu memberikan sebuah informasi. Informasi yang diberikan ini dapat berupa suatu ajakan maupun pesan propaganda. Poster termasuk seni rupa 2 dimensi yang begitu efektif sebagai iklan dalam mempromosikan sebuah produk.

Baca Juga : Wawasan Nusantara

Apa yang dimaksud seni rupa 2 dimensi?

Seni rupa 2 dimensi merupakan sebuah karya seni rupa dimana hanya memiliki atau mempunyai dua sisi saja, yaitu : sisi lebar dan sisi panjang.

Mozaik dapat dibuat menggunakan teknik?

Menggunakan teknik kolase, dimana dengan cara menempelkan.

Sebutkan 10 contoh karya seni rupa 2 dimensi!

Contoh karya seni rupa 2 dimensi ialah : lukisan, banner, poster, fotografi, batik, mozaik, logo, karikatur, kaligrafi, desain produk.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: