Dalam Sistem Presidensial, Yang Menyelenggarakan Pemerintahan Yang Sebenarnya Adalah

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Dalam Sistem Presidensial, Yang Menyelenggarakan Pemerintahan Yang Sebenarnya Adalah ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

dalam sistem presidensial

Dalam Sistem Presidensial, Yang Menyelenggarakan Pemerintahan Yang Sebenarnya Adalah

Jawaban

Pendahuluan :

Sistem presidensial adalah sebuah sistem negara republik, dimana dalam kekuasaan eksekutifnya tidak menjadi satu dengan kekuasaan legislatifnya, disamping itu dalam sistem ini, pemimpin eksekutifnya dipilih dengan cara pemilihan umum.

Sistem pemerintahan presidensial atau disebut juga dengan sistem kongresional merupakan sebuah sistem pemerintahan dimana badan eksekutif dan legislatif mempunyai kedudukan yang independen.

Kedua badan tersebut tidak berhubungan secara langsung bagaikan dalam sistem pemerintahan parlementer, karena mereka dipilih oleh rakyat secara terpisah, sistem presidensial tidak mengenal adanya sebuah lembaga pemegang supremasi tertinggi tersebut.

Kedaulatan negara dipisahkan (separation of power) menjadi bentuk tiga cabang kekuasaan, yaitu mulai dari : legislatif, eksekutif, serta yudikatif. Dimana secara ideal diformulasikan sebagai ”Trias Politica” oleh Montesquieu.

Presiden serta wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat untuk masa kerja, dimana lamanya ditentukan konstitusi. Konsentrasi kekuasaan ada pada presiden, dimana sebagai kepala negara serta kepala pemerintahan. Dalam sistem presidensial para menteri ialah pembantu presiden, dimana diangkat serta bertanggung jawab kepada presiden.

Pembahasan :

Dalam penyelenggaraan sistem ini, yang menjadi kepala negara dan pemimpin tertinggi suatu negara ialah Presiden. Presiden dalam melaksanakan tugas – tugasnya dibantu oleh para menteri yang bertanggung jawab penuh terhadap presiden.

Kesimpulan “

Dalam sistem ini, dimana yang menyelenggarakan pemerintahan dalam arti yang sebenarnya ialah Presiden bersama dengan menteri – menterinya.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: