Efektif Dan Efisien

Posted on

Efektif Dan Efisien – Suatu pekerjaan yang dilakukan seseorang dapat menghasilkan secara maksimal, maka dapat dipastikan dia bekerja secara efektif dan efisien. Efektif dan efisien berkaitan erat satu sama lainnya, maka untuk mendukung keduanya atau lebih baiknya keduanya harus diterapkan didalam pekerjaan anda.

efektif dan efisien

Didalam pekerjaan efektif tentu berhubungan dengan perencanaa, penjadwalan serta pengeksekusian keputusan secara tepat agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Nah sedangkan efisien tentu berhubungan dengan kata “hemat” baik hemat waktu, tenaga, maupun biaya. Maka untuk lebih jelasnya mengenai kedua hal ini, simaklah penjabaran dibawah ini :

Pengertian

Berikut masing – masing pengertiannya ialah :

1. Efektif

Suatu cara mencapai suatu tujuan dimana pemilihan cara yang benar atas beberapa alternatif yang ada, lalu diterapkan dalam pekerjaan secara tepat dengan waktu yang cepat disebut dengan efektif.

Baca Juga : Surat Elektronik

2. Efisien

Suatu cara untuk mencapai tujuan dimana dalam konteks penggunaan sumber daya yang hanya minimal, tetapi dapat menghasilkan secara maksimal. Artinya sumber daya yang ada diolah secara bijak sehingga dapat hemat segala uang, waktu serta tenaga (tidak terbuang sia sia).

Perbedaan

Berikut kami sajikan tabel mengenai beberapa perbedaan antara keduanya ialah :

Pada EfektifPada Efisien
Bersandarkan pada tujuanBersandarkan pada tujuan
Biaya yang dikeluarkan tinggiHemat biaya
Proses atau waktu pengerjaan lebih singkat, dikarenakan ketersediaan sumber daya dan lainnya.Proses atau waktu pengerjaan lebih lama, dikarenakan sumber daya yang dipangkas.
Pemilihan berkaitan dengan bagaimana cara tercepat untuk mencapai tujuan Pemilihan berkaitan dengan bagaimana cara terhemat untuk mencapai tujuan

Agar pekerjaan dapat menghasilkan lebih maksimal, maka harus dilaksanakan proses secara efektif dan efisien. Agar kalian mengetahui bagaimana perbandingan pekerjaan yang dilaksanakan secara keduanya ataupun tidak yaitu efektif serta efisien ialah sebagai berikut :

  1. Efektif dan Efisien 
    Tujuan bisa tercapai secara cepat bahkan biaya dikeluarkan secara hemat.
  2. Efektif tapi Tidak Efisien
    Tujuan bisa tercapai secara cepat, tetapi biaya yang dikeluarkan akan tinggi.
  3. Tidak Efektif tapi Efisien
    Tujuan akan lama tercapai, bahkan tidak tercapai dikarenakan cara – cara untuk mencapai sebuah tujuan tidak jelas, tetapi biaya sedikit.
  4. Tidak Efektif dan Tidak Efisien
    Tujuan akan lama tercapai, bahkan besar kemungkinan tidak akan tercapai serta beban yang dibutuhkan tinggi. Hal ini dikarenakan dalam pekerjaan tersebut tidak dilaksanakan secara step by step secara benar tanpa perhitungan biaya.

Cara Kegiatan Agar Efektif & Efisien

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut beberapa kegiatan agar terjalin secara efektif dan juga efisien ialah :

1. Menghindari Seluruh Gangguan

Saat anda sedang melaksanakan rapat, maka agar rapat berjalan efektif dan efisien dari gangguan ada baiknya anda mematikan handphone untuk menghindari segala bentuk ataupun mengecek chat atau berkirim chat. Terkecuali didalam rapat tersebut dibutuhkannya internet atau lainnya sehingga anda harus aktif didalam handphone

2. Bekerja dengan Kecepatan Sendiri

Jangan pernah membandingkan kecepatan bekerja orang lain dibandingkan kecepatan bekerja anda. Karena pada dasarnya tiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda – beda serta jika anda tidak mempunyai kemampuan bekerja seperti orang lain maka jangan pernah menirunya. Karena hal itu malah tidak akan maksimal hasilnya.

3. Beristirahatlah Setelah Bekerja

Buat anda yang mempunyai pekerjaan yang banyak, maka usahakanlah untuk mengambil waktu istirahat disela – sela mengerjakan tugas. Dengan beristirahatlah pikiran akan sejuk kembali sehingga dapat berfikir lebih jernih dan efektif kembali. Jangan lupa mengimbangin istirahat dengan mengkonsumsi makanan sehat terutama makanan dimana mengandung glukosa.

Baca Juga : Pendapatan Nasional

4. Ingat & Teliti

Membiasakan diri untuk mengingat serta meneliti pekerjaan apa yang dilaksanakan untuk hari ini, hal ini dilakukan agar terhindari atas kesalahan yang tidak diinginkan. Sebaiknya pikirkanlah pekerjaan anda terlebih dahulu dibandingkan memikirkan hal lain yang bisa saja mengganggu pekerjaan anda.

5. Membagi Waktu & Jadwal

Buat anda yang ingin terlaksananya pekerjaan secara efektif dan efisien, maka mulai dari sekarang anda harus membuat jadwal, membagi waktu dan lainnya dimana berisikan sebuah rincian kegiatan secara lengkap dan detail.

Sebagai contoh : Seorang karywan yang ingin memberikan laporan maupun hasil kerjaan dapat menghubungi anda melalui berbagai sosmed, dengan tanpa langsung datang ke tempat anda.

6. Memikirkan Pencadangan File (Backup)

Sebagian orang mungkin pelupa, saat diadakannya rapat lupa file yang disimpan berada dimana, sehingga untuk mencarinya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Maka untuk menghindari hal ini, anda bisa menyiasati dengan selalu menyimpan file – file penting untuk kedua penyimpan, seperti disimpan didalam hardisk internal ataupun eksternal. Bahkan zaman sekarang anda dapat menyimpan online dengan menggunakan google drive.

7. Berhenti Melakukan Pekerjaan Dengan Bersamaan

Bagi anda yang mempunyai pekerjaan lebih dari satu, ada baiknya anda melakukan pekerjaan satu per satu lebih dahulu, sehingga baru melanjutkan pekerjaan berikutnya. Perlu diingat untuk melakukan pekerjaan dengan tingkat kesulitan terlebih dahulu dibandingkan yang lebih mudah agar pekerjaan yang lainnya terasa lebih ringan.

8. Melakukan Perbincangan Ringan

Dalam melaksanakan suatu pekerjaan, tentu anda akan menemukan kebosanan dikarenakan tidak terbiasa berdiam diri sendirian. Oleh karenanya, anda bisa mengambil jeda agar melaksanakan obrolan – obrolan kecil bersama dengan teman – teman anda.

Berikan contoh efektif dan efisien didalam bekerja !

Saat maskapai merpati airlines sedang mengalami kebangkrutan, sehingga pemerintah membantu dengan mengeluarkan dana untuk maskapai tersebut agar terhindar dari kebangkrutan lama.

Berikan contoh bekerja efektif dan efisien didalam kehidupan sehari – hari !

Dhea dan Wann sama – sama berbisnis barang dagangan. Namun, Dhea harus memindahkan barang menggunakan sepeda motor selama 4 kali dalam sehari sedangkan Wann hanya perlu memindahkan barang cukup 1 kali saja menggunakan truk. Dari contoh ini dapat dikatakan Dhea bekerja secara efektif sedangkan Wann bekerja secara efisien karena ia menggunakan truk untuk menghemat waktu serta tenaga.

Berikan contoh efektif dan efisien didalam bisnis !

Melaksanakan Jual Beli Online diiringi dengan adanya perkembangan teknologi yang berkembang pesat, sehingga membuat seseorang menginginkan sebuah pekerjaan secara efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kini orang – orang yang berbisnis jual beli lebih memilih transaksi jual – beli secara online.

Baca Juga : Contoh Kalimat Efektif

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.