Fauna Oriental

Posted on

Fauna Oriental – Pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk mengulas tentang materi makalah pengertian, ciri ciri, contoh hewan fauna oriental, penjelasan disertai gambarnya.

Tak usah lama – lama, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Fauna Oriental

Jenis fauna ini yang jangkauannya mencakup seluruh Asia Tenggara dan Selatan termasuk Indonesia bagian barat. Wilayah margasatwa oriental termasuk benua Asia dan pulau – pulau sekitarnya termasuk Sri Lanka, Filipina, dan wilayah margasatwa Indonesia bagian barat dan tengah, yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Kondisi lingkungan di wilayah oriental sangat beragam, kebanyakan dari mereka memiliki iklim tropis dan karenanya ada banyak hutan tropis yang kaya akan flora dan faunanya.

Beberapa hewan khas fauna oriental adalah :

  • Harimau, gibbon, gajah, orangutan, bekantan, monyet, badak bertanduk satu, rusa, kijang, babi rusa, tapir.
  • Terdapat banyak hewan endemik yang hanya berkembang biak di daerah tertentu, seperti Komodo yang hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo dan di pulau – pulau kecil di sekitarnya serta anoa di Sulawesi.

Ciri Ciri Fauna Oriental

Hewan di bagian barat Indonesia (oriental) termasuk Sumatera, Jawa dan Kalimantan, dan pulau – pulau di sekitarnya memiliki karakteristik hewan sebagai berikut.

  • Ada banyak spesies mamalia besar seperti gajah, harimau, kerbau, badak dan hanya ada beberapa fauna berkantung, bahkan hampir tidak ada.
  • Ada berbagai jenis monyet. Kalimantan adalah pulau spesies primata terkaya. Ada empat jenis primata, yaitu tarsius, loris hantu, bekantan, dan Orangutan.
  • Ada binatang endemik, antara lain :
    • Badak dengan cula satu di Ujung Kulon.
    • Binturong (Arctictis binturong), sejenis beruang, tetapi lebih kecil.
    • Presbytis Thomasi Monkey.
    • Tarsius (Tarsius bancanus).
  • Spesies burung oriental memiliki warna yang menarik dibandingkan dengan burung di wilayah Australis. Misalnya jalak Bali, Elang Jawa, Elang Putih, Murai, Red Chestnut Grouse dan sebagainya.

Contoh Fauna Oriental

Fauna oriental yang terkandung dalam lingkungan ini bervariasi dan beragam, sehingga ada banyak spesies fauna.

Beberapa contoh dan gambar – gambar yang menyertai fauna yang hidup di oriental adalah :

1. Monyet

monyet

Monyet adalah mamalia, oleh karena itu, keberadaan hewan-hewan ini tersebar luas, monyet – monyet ini memiliki ekor panjang dan dapat memanjat di ketinggian tinggi dan melompat ke ketinggian.

2. Menjangan atau Rusa

menjangan

Menjangan atau rusa adalah sejenis mamalia dan bentuknya mirip dengan Kambing, binatang ini dapat ditemukan di daerah beriklim tropis dan memakan rumput.

3. Harimau

Harimau

Harimau adalah spesies yang liar dan makan daging. Hewan ini adalah jenis mamalia dan memiliki pola warna yang indah.

4. Komodo

komodo

Komodo adalah salah satu pemangsa atau predator hewan kecil. Komodo ini juga memiliki hidung yang tajam yang berfungsi sebagai penciuman bau amis untuk mengendus mangsanya

5. Tapir

tapir

Tapir adalah spesies fauna dengan dua warna antara putih dan hitam. Tapir ini juga merupakan spesies mamalia yang memakan rumput dan semut kecil. Bentuk tapir ini mengingatkan kita pada babi hutan.

6. Kijang

kijang

Kijang adalah sejenis hewan yang menyerupai rusa dan kambing, ada juga tanduk panjang, kijang ini adalah sejenis mamalia yang merupakan spesies pemakan rumput atau herbivora.

Berdasarkan berbagai spesies hewan dan gambar hewan di fauna Oriental ini, kita tahu bahwa setiap wilayah memiliki ciri – ciri dan bentuk fauna yang berbeda.

Demikianlah ulasan lengkap tentang Fauna Oriental – Pengertian, Ciri – Ciri, Contoh Fauna Disertai Gambarnya.

Baca Juga :

Related posts: