Rumus Fraksi Mol Beserta Contoh Soalnya

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang ilmu kimia fraksi mol, bukan hanya rumus fraksi mol saja, tetapi akan menjelaskan tentang pengertian fraksi mol, serta hubungan antara  molalitas dengan molaritas dan juga menjelaskan tentang hubungan molalitas dengan persen massa secara detail. Sebagai tambahan akan di jelaskan juga tentang pengertian normalitas beserta rumus normalitas

Pengertian Fraksi Mol

Fraksi mol adalah ukuran konsentrasi larutan yang menyatakan perbandingan jumlah mol sebagian zat terhadap jumlah mol total komponen larutan.

Fraksi mol juga sering disebut fraksi jumlah dan slalu identik dengan fraksi angka, yang digambarkan sebagai jumlah molekul suatu konstituen dibangi dengan jumlah total semua molekul. Konsep ini hanya merupakan salah satu cara menunjukkan adanya komposisi campuran dengan satuan tak berdimensi. Fraksi mol kadang-kadang dilambangkan dengan huruf Yunani daripada abjad Romawi.

Dalam perhitungan ilmu kimia banyaknya zat terlarut didalam pelarut disebut dengan konsentrasi. Konsentrasi larutan sangat perlu dihitung secara tepat dengan cara menentukan massa zat terlarut dan pelarut.

Konsentrasi larutan ini berupa molalitas, fraksi mol, molaritas dan persen massa. Adapun hal-hal tersebut akan dijelaskan satu persatu dan dilengkapi dengan rumus masing-masing. Berikut Rumusrumus.com akan menjelasannya.

Rumus Fraksi Mol

Molalitas ialah konsentrasi larutan yang menyatakan jumlah mol, zat terlarut dalam 1 kilogram atau 1000 gram pelarut. rumus molalitas adalah sebagai berikut :

Jumlah mol zat pelarut / 1Kg zat pelarut

Fraksi mol zat terlarut (Xt) biasa dirumuskan dirumuskan dengan rumus seperti berikut ini:

Fraksi mol zat terlarut (Xt) biasa dirumuskan dirumuskan dengan rumus seperti berikut ini:
Fraksi mol zat terlarut (Xt)

Keterangan :

  • Xt : Fraksi mol zat terlarut
  • Np : Jumlah mol zat pelarut
  • Nt : Jumlah mol zat terlarut

Fraksi mol zat palarut (Xp) biasa dirumuskan dengan rumus seperti berikut ini:

rumus fraksi mol zat pelarut..
rumus fraksi mol zat pelarut..

Hubungan antara Molalitas dengan Persen massa

Persen massa ialah satuan konsentrasi yang juga dapat digunakan didalam larutan kimia. Contohnya ialah larutan yang biasa kita jumpai sehari-hari yaitu larutan alkohol 75% dan larutan asam cuka 24%. Persen masa ialah jumlah gram zat yang terlarut dalam 100 gram massa larutan.

Persamaan yang menunjukkan perhitungan persen massa adalah sebagai berikut :

rumus mol dengan persen masa
rumus mol dengan persen masa

Hubungan antara Molalitas dengan Molaritas

Molaritas menyatakan sejumlah mol zat terlarut dalam satu liter larutan. Molaritas bisa dikonversikan menjadi molalitas, caranya dengan merubah volume larutan menjadi massa larutan. Pengubahan volume menjadi massa diperlukan data massa jenis larutan yang dapat dirumuskan sebagai berikut :

rumus hubungan molalitas dan molaritas
rumus hubungan molalitas dan molaritas

Normalitas ialah besaran yang menyatakan pada jumlah mol ekivalen zat terlarut didalam tiap satuan volume larutan. Satuan normalitas adalah normal (N) yang sama dengan mol ekivalen/liter. Normalitas juga memiliki rumus sebagai berikut :

N = ek/V atau N= n.a/V atau bisa juga N = M x a

Keterangan :

ek adalah mol ekivalen yakni jumlah mol dikalikan dengan jumlah ion H+ atau ion OH-

Sifat Koligatif Larutan

Meski sifat koligatif selalu melibatkan beberapa larutan, namun sifat koligatif tidak bergantung pada interaksi antara zat pelarut dan molekul pelarut , tetapi bergatung pada jumlah zat terlarut yang larut pada suatu larutan . Sifat koligatif itu terdiri dari penurunan tekanan uap juga kenaikan titik didih serta penurunan titik beku, dan tekanan osmotik.

Molekul zat cair yang meninggalkan permukaan menyebabkan adanya tekanan uap zat cair. Semakin mudah molekul – molekul zat cair itu berubah menjadi uap, makin tinggi juga tekanan uap zat cair tersebut.

Namun Apabila tekanan zat cair tersebut dilarutkan pada zat terlarut yang tidak menguap, maka partikel – partikel zat terlarut akan mengurangi penguapan molekul zat cair.
Laut mati ialah contohnya dari peristiwa penurunan tekanan uap pelarut oleh zat terlarut yang tidak mudah menguap.

Contoh Soal Fraksi Mol

Agar lebih memahami tentang pengertian dan rumus fraksi mol, maka sebaiknya berlatih soal adalah hal yang paling ampuh, dibawah ini contoh – contoh soal fraksi mol lengkap dengan pembahasannya.

Contoh Soal 1

Sebuah larutan terdiri dari 3 mol zat A, 3 mol zat B, dan 4 mol zat C. Hitung fraksi mol dari masing – masing zat tersebut ?

Pembahasan :

Diketahui :

  • nA = 3
  • nB = 3
  • nC = 4

Penyelesaian :

XA = nA / (nA + nB +nC)
XA = 3 / (3 + 3 + 4)
XA = 0.3

XA = nA / (nA + nB +nC)
XA = 3 / (3 + 3 + 4)
XA = 0.3

XA = nA / (nA + nB +nC)
XA = 4 / (3 + 3 + 4)
XA = 0.4

Jadi total dari XA + XB + XC = 0.3 + 0.3 + 0.4 = 1

Itulah pembahasan singkat tentang materi dan rumus fraksi mol beserta contoh soalnya, semoga bermanfaat..


Baca Juga :