Fungsi Tulang Kering

Posted on

Apa Fungsi Tulang Kering? Tubuh kita terbentuk berkat susunan rangka dan otot, di mana rangka tersebut terdiri atas tulang-tulang dan sendi. Tulang lantas berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot, pun membentuk sistem gerak tubuh. Berbicara tentang tulang, salah satu tulang yang memiliki peran penting adalah tulang kering.

Apa itu tulang kering? Apa fungsi tulang kering bagi tubuh?

fungsi tulang kering

Pengertian Tulang Kering

Tulang kering merupakan satu dari sekian banyak jenis tulang yang menopang postur tubuh. Tulang kering (tibia) adalah tulang yang terletak pada area tungkai kaki dan merupakan tulang dengan ukuran terbesar kedua setelah tulang paha dari keseluruhan tulang yang ada di dalam tubuh.

Tulang kering (tibia) bersama dengan tulang betis (fibula) membentuk struktur menjadi sebuah tungkai kaki. Tulang tibia dan fibula terkoneksi melalui suatu ligamen.

Keduanya bertugas untuk menyangga otot-otot di area tungkai kaki, menyangga berat badan, menjaga keseimbangan tubuh, dan penggerak pergelangan kaki.

Baca Juga : Fungsi Tulang Besi

Fungsi Tulang Kering

gambar-tulang-kering
gambar tulang kering

Tulang kering (tibia) yang digadang-gadang sebagai tulang ‘terkuat’ ini memiliki sejumlah fungsi penting terkait pergerakan tubuh, terutama di area pergelangan kaki. Berikut ini adalah fungsi tulang kering yang perlu Anda ketahui dan pahami.

1. Penyambung Lutut dan Pergelangan Kaki

Utamanya, tulang kering fungsinya sebagai penyambung antara lutut dan pergelangan kaki. Dengan terhubungnya lutut dan pergelangan kaki, maka menghasilkan pergerakan kaki yang baik.

2. Penyangga Otot Tungkai Kaki

Fungsi tulang kering berikutnya ialah menyangga otot-otot yang terletak di area tungkai bawah kaki. Otot-otot itu sendiri berfungsi sebagai penguat tubuh saat akan berdiri. Tanpa otot-otot tersebut, maka sulit bagi kaki untuk bisa berdiri tegak serta bergerak secara baik.

Disinilah pentingnya tulang kering karena tulang ini yang berperan untuk menopang otot-otot tersebut sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Baca Juga : Fungsi Tulang Hasta

3. Penyangga Berat Badan

Atas dasar hal tersebut pula, tulang kering berfungsi sebagai penyangga berat badan. Tulang kering yang sehat akan menghasilkan kaki yang kuat sehingga dapat menopang berat badan dengan baik saat berdiri dan melakukan gerakan.

Oleh karena fungsi tulang kering yang satu ini sangat penting, maka menjaga kesehatannya adalah suatu keharusan.

4. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Saat berdiri, terlebih ketika Anda melakukan aneka gerakan seperti berjalan, berlari, hingga melompat, diperlukan keseimbangan yang baik agar tubuh tidak mudah terjatuh. Disinilah peran tulang kering (tibia) untuk menjaga agar tubuh tetap seimbang.

Utamanya bagi Anda yang sering beraktivitas fisik seperti olahraga, merawat fungsi tulang kering menjadi penting. Pasalnya, aktivitas Anda tersebut sangat mengandalkan kekuatan serta keseimbangan kaki dalam menopang tubuh.

5. Penggerak Pergelangan Kaki

Menggerakkan pergelangan kaki juga menjadi fungsi tulang kering yang mungkin belum Anda sadari. Pergelangan kaki yang dapat bergerak bebas tak lepas dari peran tulang kering yang senantiasa terjaga kesehatannya.

Untuk itu, jangan biarkan tulang yang nama ilmiahnya diambil dari nama seruling tradisional berbahan dasar tulang kering hewan ini mengalami sakit tulang, ya.

Baca Juga : Fungsi Trakea

Gangguan Pada Tulang Kering

Faktanya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tulang kering tidak dapat berfungsi dengan baik. Kondisi seperti ini tentu saja tidak boleh disepelekan mengingat fungsi tulang kering yang begitu penting.

Setelah mengetahui tulang kering dan fungsinya, kini saatnya untuk mengetahui juga apa saja penyebab tulang kering mengalami penurunan fungsi, sebagaimana dipaparkan berikut ini.

1. Patah Tulang Kering

Tulang kering sangat mungkin untuk patah yang lantas berakibat pada menurunnya fungsi tulang tersebut. Patahnya tulang kering dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti benturan saat kecelakaan kendaraan, terjatuh dari tempat yang cukup tinggi, hingga cedera pasca melakukan aktivitas olahraga.

2. Cedera Tulang Kering

Disamping terjadi patah, tulang kering juga dapat mengalami cedera tulang kering (shin splints). Cedera tulang kering ini biasanya ditandai oleh rasa nyeri yang cukup hebat pada tulang kering. Kondisi ini lebih banyak disebabkan oleh akivitas fisik berlebih yang membuat sendi, otot, termasuk tulang bekerja secara berlebih-lebihan.

Oleh karenanya, cedera tulang kering ini sering banyak dialami oleh seseorang yang berprofesi sebagai atlet serta personel militer.

3. Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang, tak terkecuali tulang kering, mengalami pengeroposan dan perapuhan akibat kurangnya asupan kalsium. Sehingga, hal ini secara tidak langsung membuat fungsi tulang kering menjadi tidak maksimal karena tulan tersebut menjadi rawan patah.

4. Osteomalacia

Penyebab tulang kering tidak bisa bekerja maksimal lainnya adalah osteomalacia. Osteomalacia adalah kelainan tulang yang dipicu oleh proses pembentukan tulang yang tidak sempurna. Akibatnya, tulang rentan mengalami kepatahan. Osteomalacia berpotensi menyerang Anda jika tidak mendapat asupan vitamin D yang mencukupi.

5. Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Osteomyelitis adalah penyakit infeksi tulang yang diakibatkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Sebetulnya, bakteri ini terdapat di permukaan kulit, namun tidak berbahaya. Tetapi, S. aureus bukan tidak mungkin masuk ke dalam tubuh serta dapat menginfeksi organ-organ tubuh, tak terkecuali tulang kering, manakala sistem kekebalan tubuh sedang mengalami penurunan.

6. Kanker Tulang

Jenis kanker tulang seperti kanker osteosarcoma yang umum terjadi pada anak-anak dan remaja, serta menyerang tulang-tulang besar seperti tibia atau tulang kering, menyebabkan tulang kering menjadi terganggu kinerjanya, atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.

Tidak bisa berfungsinya tulang kering secara baik juga bisa juga dipengaruhi oleh kelainan dimana bersifat genetik. Periksakan diri ke dokter adalah langkah tepat untuk melihat kondisi kesehatan tulang kering Anda.

Tips Menjaga Tulang Kering

Tulang kering berikut fungsinya harus senantiasa dijaga dan dirawat, karena apabila tidak, maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari kalian, sehingga dapat menimbulkan komplikasi serius di kemudian harinya. Agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, lakukanlah cara menjaga dan merawat fungsi tulang kering, seperti dibawah ini :

  1. Jaga berat badan tubuh tetap ideal
  2. Lakukan olahraga ringan dan berat secara seimbang
  3. Lakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan sesudah berolahraga
  4. Gunakan sepatu olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi fisik kaki Anda
  5. Perbanyak konsumsi vitamin D dan kalsium

Itulah beberapa materi makalah fungsi tulang kering bagi manusia yang dapat disampaikan khususnya untuk siswa/i kelas 5 sd (sekolah dasar) dan bagi yang membutuhkan, semoga bermanfaat…

Related posts: