Fungsi Tulang Telapak Tangan

Posted on

Fungsi Tulang Telapak Tangan – Tahukah anda, jika tangan terdiri dari jari-jari, telapak tangan, serta pergelangan tangan. Telapak tangan sendiri merupakan bagian tubuh dengan fungsi yang begitu penting terutama untuk memegang ataupun mencengkeram sebuah benda.

fungsi tulang telapak tangan

Telapak tangan terdiri atas rangkaian tulang telapak tangan dimana terletak di pangkal jari-jari tangan tersebut.

Pengertian

Saat kita menyinggung mengenai tulang telapak tangan, artinya ialah bahwa tulang yang menyusun pada telapak tangan kita.

Disini kalian harus paham jika ada perbedaan antara tulang telapak tangan serta tulang pergelangan tangan. Tulang pergelangan tangan ialah bagian pertemuan antara tulang telapak tangan dengan tulang lengan bawah seperti hasta dan pengumpil.

Sedangkan definisi tulang telapak tangan itu sendiri adalah tulang yang menyusun telapak tangan yang terletak diantara ujung distal tulang pengumpil dan hasta serta tulang jari jari (ossa metacarpus).

Baca Juga : Fungsi Tulang Hasta

Struktur Anatomis

Didalam bagian telapak tangan kita tersirat dua buah struktur anatomis yang paling utama ialah sebagai berikut ini.

1. Bagian Keras / Tulang

Pada bagian keras terdapat beberapa jenis tulang yaitu tulang carpal metacarpal dengan tulang phalangs. Carpal adalah suatu tulang-tulang yang berbentuk bagai bulan dan pendek dimana berjumlah delapan buah, beratikulasi maupun bersambungan dengan ujung tulang distal serta radius. Metacarpal ini adalah tulang yang berada dipergelangan tangan dimana berjumlah lima. Tulang phalangs adalah tulang jari-jari yang terdapat sendi peluru didalamnya.

2. Bagian Lunak

Selanjutnya dalam bagian lunak telapak tangan terdapat otot tangan yang bermacam-macam dimana terdapat fungsi yang berbeda-beda, syaraf-syaraf yang terdiri dari syaraf nervus medianus bersama dengan syaraf nervus ulnaris. Pada telapak tangan juga terdapat arteri telapak tangan yang terdiri atas arteri ulnaris dengan arteri radialis.

Metakarpal atau dapat disebut juga tulang telapak tangan terdiri atas lima ruas tulang yang berartikulasi atau menyambung dengan tulang karpal di daerah pergelangan tangan serta tulang jari tangan “phalangs”. Artikulasi pada tulang pergelangan tangan membentuk menjadi lima sendi dimana disebut sebagai carpometacarpal. Sendi-sendi ini dengan mampu menggerakkan tulang hingga membentuk sebuah busur.

Baca Juga : Fungsi Mitokondria

Sendi yang menghubungkan kedua jenis tulang ini memungkinkan pergerakan ke banyak arah seperti tulang telapak tangan dengan tulang jempol, dengan begitu mampu bergerak dengan gerakan ekstensi maupun fleksi. Tulang-tulang metakarpal ini tersusun pada bidang yang sejajar satu sama lain, diantara susunan yang bersejajar ini tersirat rongga dimana nantinya diisi oleh otot-otot tangan tersebut.

Karakteristik

gambar tulang telapak tangan

Setelah membahas penjelasan diatas, alangkah baiknya kita mengetahui karakteristik tulang telapak tangan sehingga akan lebih paham tentangnya. Berikut berbagai karakteristik didalamnya :

  1. Dimana tersusun atas seperangkat tulang-tulang kecil (short bone).
  2. Terdapat banyak artikulasi antar tulang-tulang penyusun telapak tangan.
  3. Otot hampir tidak ada, hanya ujung ujung otot yang memanjang pada lengan bawah.
  4. Tidak dapat bergerak banyak bagaikan sendi sendi lainnya.
  5. Terdapat banyak jaringan ikat atau disebut ligamen yang menyatukan tulang-tulang tersebut.
  6. Pergerakannya dipengaruhi hampir seluruhnya oleh otot-otot lengan.
  7. Sering ditemukan tulang-tulang aksesoris yang wujudnya seperti pecahan tulang dimana sering mengakibatkan kesalahan diagnosa karena dianggap patahan (fracture) padahal nyatanya bukan.

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Tahukah anda tulang telapak tangan ini memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut ini :

1. Membentuk Sebuah Alat Gerak

Fungsi tulang telapak tangan yang utama ialah membentuk suatu alat gerak, bersamaan dengan tulang anggota gerak atas yang lainnya, tulang telapak tangan ini dapat memberi dukungan dalam pembentukan alat gerak manusia.

2. Memberikan Bentuk Telapak Tangan

Selanjutnya tulang telapak tangan berfungsi agar memberikan sebuah bentuk terhadap bagian telapak tangan. Tulang ini akan dikelilingi oleh otot-otot agar dapat membentuk telapak tangan manusia tersebut. Sama dengan jenis tulang lainnya, tulang telapak tangan ini membentuk sebuah alat gerak manusia.

3. Penghubung Antara Tulang Jari Dengan Tulang Pergelangan

Tulang telapak tangan ini juga berfungsi sebagai suatu penghubung antara tulang-tulang jari atau disebut juga phalanges terhadap tulang pergelangan atau disebut carpal.

4. Membentuk Seperti Buku Buku Jari

Fungsi berikutnya ialah untuk membentuk buku-buku jari atau dikenal dengan “knuckles”. Buku jari ini akan terbentuk disaat telapak tangan dikepalkan, berbentuk sebuah tonjolan antara telapak bersama jari.

Baca Juga : Fungsi Tulang Pengumpil

5. Tempat Melekatnya Otot

Disamping fungsi lainnya. tulang telapak tangan juga mempunyai fungsi sebagai tempat melekat atau menempelnya suatu otot. Seperti otot yang menempel pada tulang telapak tangan ialah otot lumbricals.

Otot Pada Tulang Telapak Tangan

Otot yang bekerja di sekitar tulang telapak tangan disebut otot intrinsik. Otot intrinsik berperan penting untuk memberikan kekuatan pada jari-jemari saat melakukan gerakan motorik halus, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan fisik yang menggunakan otot kecil dan koordinasi mata beserta tangan, seperti dapat mengepal, mencengkram, menggenggam, mencubit, serta gerakan-gerakan lainnya.

Cedera Pada Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan (metacapral) bisa mengalami cedera, seperti patah jika terkena pukulan langsung yang begitu keras. Kondisi ini dapat ditemukan banyak yang dialami oleh petinju. Cedera yang menyerang tulang telapak tangan dapat lama agar sembuhnya pulih hingga mengubah struktur serta ketangkasan tangan yang bersifat secara permanen.

Apa nama istilah dari tulang telapak tangan?

Istilah tulang telapak tangan dalam bahasa ilmiahnya ialah metacarpal

Dimana letak tulang telapak tangan tersebut?

Letak tulang telapak tangan ialah ada pada lengan manusia, dimana diantara tulang pangkal telapak tangan serta tulang ruas jari.

Apa bentuk aktivitas dari adanya tulang telapak tangan?

Kita dapat mencengkram, mencubit, mengepal, mengambil sebuah benda serta lainnya yang berhubungan dengan telapak tangan

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya kelas 5 sd (sekolah dasar) yang masih binggung tentang fungsi tulang telapak tangan artikel dan lain lain, Maka makalah tulang telapak tangan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel fungsi tulang telapak tangan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: