Garis Khatulistiwa

Posted on

Garis Khatulistiwa Adalah – Hai, selamat berjumpa kembali. Setelah sebelumnya saya membahas tentang Garis Lintang dan Garis Bujur, tak lengkap rasanya jika saya tak membahas tentang apa itu Garis Khatulistiwa dilengkapi dengan Iklim yang terjadi.

Untuk itu, mari disimak penjelasan berikut ini ya.

Pengertian Garis Khatulistiwa

gambar garis khatulistiwa
gambar garis khatulistiwa

Garis Khatulistiwa adalah garis imajiner atau khayal yang membagi bumi di belahan utara dan selatan. Nama lain untuk khatulistiwa adalah ekuator.

Panjang khatulistiwa sekitar 40.075 kilometer atau 24.901,5 mil di benua Amerika Selatan dan Afrika, dan di sejumlah pulau dan lautan, dan di 13 negara, termasuk Ekuador, Kolombia, Brasil, Gabon, Sao Tome dan Principe, Kongo, Zaire, Uganda, Kenya, Somalia, , Maladewa, Kiribati, dan Indonesia.

Selain pengertian khatulistiwa di atas, beberapa ahli mendefinisikannya sebagai berikut :

  • Garis khatulistiwa adalah garis imajiner yang membagi bumi menjadi dua bagian yang sama, yaitu pada garis lintang 0 °.
  • Garis khatulistiwa adalah area intertropis (ITCZ) di mana angin dari dua arah bertemu di sekitar area garis. Zona konvergensi untuk dua angin yang bertemu kemudian bergerak dengan pergeseran termal dari khatulistiwa ke utara dan selatan.
  • Garis khatulistiwa adalah daerah di mana sinar matahari selalu tegak lurus terhadap permukaan bumi. Garis khatulistiwa seperti ini biasa disebut dengan ekuator termal.
  • Garis khatulistiwa adalah lingkaran bumi besar yang bidangnya tegak lurus terhadap sumbu bidang geomagnetik. Ini dikenal sebagai ekuator magnetik bumi.

Cakupan khatulistiwa ditampilkan di banyak daerah sehingga kita dapat berada di setiap belahan bumi.

Wilayah geografis sekitarnya dikenal sebagai wilayah khatulistiwa dengan iklim tertentu. Iklim tropis adalah salah satu fitur utama dari daerah yang dilintasi garis ini.

Iklim yang Terjadi

Dalam hal ini, iklim di khatulistiwa secara fisik dan geografis berbeda dari belahan utara dan selatan.

Perbedaan ini terutama dalam pola iklim yang sama sepanjang tahun, di mana model panas dan basah serta model panas dan kering dapat bertahan sepanjang tahun.

Akibatnya, sebagian besar wilayah di daerah khatulistiwa terkena kelembaban yang cukup tinggi.

Model iklim di khatulistiwa dipengaruhi oleh sinar matahari paling intens.

Dan sementara itu, daerah yang bergerak menjauh dari garis khatulistiwa akan menerima lebih sedikit sinar matahari dan menjauh dari garis khatulistiwa baik utara maupun selatan.

Namun, karena iklim tropis di garis katulistiwa, wilayah ini adalah salah satu daerah yang paling beragam di muka bumi.

Ini terbukti dalam banyak spesies flora dan fauna yang mendiami semua hutan hujan tropis khas Khatulistiwa.

Daerah yang Dilalui Garis Khatulistiwa

Ada banyak tempat di bumi ini yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, bahkan negara kita Indonesia dilintasi oleh garis katulistiwa.

Di bumi ini setidaknya ada tujuh negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Dan di Indonesia ini ada kota-kota yang dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Mau tahi kota apa saja yang dilalui?? Yuukk langsung disimak berikut ini.

1. Pontianak, Kalimantan Tengah

Kota pertama yang paling dikenal dilintasi oleh garis khatulistiwa adalah Pontianak. Kota ini terletak di Kalimantan Tengah. Kota ini benar-benar sebuah kota di tengah bumi.

Di kota ini sebuah tugu yang disebut Tugu Khatulistiwa didirikan. Monumen ini menunjukkan bahwa garis khatulistiwa melintasi kota ini.

2. Kota Bonjol, Sumatera Barat

Kota Bonjol adalah tempat kelahiran pahlawan nasional Teuku Imam Bonjol. Kota ini terletak di provinsi Sumatera Barat.

Untuk menunjukkan bahwa kota ini adalah kota yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, sebuah monumen menuju garis khatulistiwa dibangun di kota itu, menyerupai rumah Gadang, sebuah rumah tradisional di Sumatera Barat.

Namun, kota ini terus berusaha membuat posisi di bawah garis khatulistiwa menjadi populer, meskipun tidak sepopuler Pontianak, yang telah menjadi ikon nasional.

3. Kota Bontang

Kota Bontang adalah salah satu kota di Indonesia yang juga dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Untuk menekankan bahwa kota itu dilintasi oleh garis katulistiwa, sebuah tugu khatulistiwa didirikan, Santan Ulu, Samarinda.

Inilah tiga kota di Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Selain itu, ada banyak kota lain di Indonesia yang telah melewati garis khatulistiwa, seperti:

  • Lintas Riau, Sumatera Barat
  • Riau
  • Kepulauan Batu
  • Kepulauan Lingga
  • Sulawesi Tengah
  • Pulau Kayoa, Halmahera selatan
  • Berikan Islandia
  • Pulau Amber

Selain Indonesia, tentu saja ada banyak kota di dunia yang dilintasi oleh Khatulistiwa, termasuk:

  • Pulau Isabela, Ekuador
  • Amazon, Brasil
  • Roraimas, Brasil
  • Para, Brazil

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Garis Khatulistiwa – Pengertian, Iklim yang Terjadi & Daerah yang Dilalui.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian.

Baca Juga :

Related posts: