Jaringan Kolenkim

Posted on

Jaringan Kolenkim – Tahukah anda bahwa didalam tumbuhan memiliki berbagai jaringan yang membentuk didalamnya, salah satunya ialah jaringan kolenkim ini. Dan pada artikel sebelumnya juga telah dijelaskan berbagai jaringan yang ada, namun pada artikel kali ini kita akan mengupas tentang jaringan kolenkim ini. Maka untuk itu simaklah penjabaran secara rinci yang telah kami sajikan ini semoga mudah dimengerti dan dipahami khususnya bagi kalian yang masih dijenjang pendidikan.

jaringan kolenkim

Pengertian

Jaringan kolenkim merupakan jaringan dimana berfungsi sebagai jaringan penguat maupun penyokong pada organ tumbuhan dimana masih aktif mengadakan pertumbuhan serta pengembangan.

Jaringan ini tersusun atas sel – sel hidup, dimana mempunyai bentuk memanjang dan biasanya mempunyai dinding dengan penebalan secara tidak teratur. Penebalan dinding tersebut yang terutama terjadi pada bagian sudutnya serta terdiri atas bahan selulosa yang tebal.

Jaringan ini hanya mempunyai dinding primer yang lunak, lentur serta tidak berlignin, dimana isi selnya dapat mengandung tanin serta kloroplas. Kolenkim ini dapat ditemukan pada batang, daun, bunga, buah serta akar dimana yang terkena paparan sinar matahari.

Ciri – Ciri

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut merupakan ciri – ciri yang ada didalamnya :

  1. Mempunyai bentuk memanjang sejajar dimana dengan pusat organ tempat kolenkim itu berada.
  2. Dinding sel kolenkim tidak berlignin, tetapi mengandung selulosa, pektin serta hemiselulosa.
  3. Beberapa sel kolenkim berkloroplas sehingga dapat berfungsi untuk menunjang fotosintesis.
  4. Sel kolenkim umumnya mengalami penebalan setempat.
  5. Bekerja pada organ tumbuhan yang masih aktif.
  6. Biasanya ditemukan pada tumbuhan yang masih muda, terutama pada tangkai daun, tulang daun, serta ranting.
  7. Antar sel nya rapat sehingga ruang kosong yang tersedia begitu kecil.
  8. Sel nya mengandung suatu protoplasma.
  9. Memiliki vakuola dimana yang berukuran besar dan menonjol karena memiliki isi sekretori. Namun, di sekitar vakuola terdapat sitoplasma granular dan pada bagian tengah vakuola terdapat inti sel atau nukleus.

Baca Juga : Jaringan Dewasa

Fungsi

Berikut beberapa fungsi yang terdapat didalamnya :

  1. Kolenkim menjadi jaringan mekanik dimana disesuaikan teristimewa untuk memperkuat, menunjang maupun menyokong organ muda dimana sedang tumbuh ataupun pada herba agar bisa berdiri dengan kokoh dan kuat.

    Dengan dinding yang tebal dan erat membuatnya menjadi penyokong yang kuat, keistimewaan pertumbuhan serta struktur dindingnya menyebabkan mampu menyesuaikan terhadap pemanjangan organ dengan tanpa kehilangan kekuatan.

    Sel kolenkim memiliki kemampuan didalam peningkatan permukaan serta ketebalan dindingnya. Oleh karenanya, dapat mengembangkan dinding tebal sementara organ tempat kolenkim berada sedang memanjang.
  2. Kolenkim bisa menjadi pengganti sklerenkim jika tumbuhan tempat kolenkim berada tidak mengalami atau berdifirensiasi menjadi sklerenkim. Penebalan dinding sel kolenkim dimana akan lebih tebal terpengaruh oleh tekanan mekanik, seperti : angin serta beban pada ranting.

Macam – Macam

gambar-jaringan-kolenkim

Setelah mengetahui beberapa penjelasan diatas, kolenkim dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut penjelasannya :

1. Kolenkim Sudut / Angular

Penebalan ini berlangsung pada bagian – bagian sudutnya serta memanjang mengikuti sumbu sel. Seperti pada tangkai daun Vitis sp, Begonia sp, serta Solanum tuberosum.

2. Kolenkim Papan / Lamellar

Penebalan ini terjadi pada dinding sel yang tangensial atau dimana sejajar permukaan organ, sehingga pada irisan melintang terlihat bagaikan papan yang berderet – deret, seperti terdapat pada korteks batang sambucus javanica.

3. Kolenkim Tubular / Lakuna

Terdapat pada kolenkim yang memiliki ruang – ruang antarsel serta penebalan – penebalannya yang terjadi pada permukaan ruang – ruang antara sel tersebut, seperti pada tangkai daun salvina, malva, dan althaea.

Baca Juga : Jaringan Epidermis

4. Kolenkim Annular

Ialah dimana jaringan yang dinding sel nya menebal secara rata, jenis kolenkim ini jarang sekali ditemukan karena hanya terdapat pada daun wortel serta beberapa tanaman merambat.

5. Kolenkim Tipe Cincin

Didalam penampang lintang lumen sel yang berbentuk lingkaran. Disaat waktu menjelang dewasa akan terlihat bahwa pada tipe sudut penebalan akan bersambungan pada dinding sel, sehingga lumen tidak dapat menyudut lagi.

Struktur Penyusun

Pada dinding sel kolenkim dimana terdiri dari lapisan yang berselang seling, kaya akan selulosa namun dengan sedikit pektin. Air yang terdapat di seluruh dinding sel kurang lebih nya ialah berkisar 67%. Roelofsen (1959) Diman menyatakan jika di dalam Petasites, dinding sel kolenkim juga akan berisi 45% pektin, 35% hemiselulosa, maupun 20% selulosa.

Dinding sel kolenkim Petasites ini juga terdiri atas 7-20 lamela dimana akan bergantian ataupun berseling antara lamela yang akan mengandung banyak suatu seluosa ataupun sebaliknya lamela yang mengandung sedikit selulosa. Dengan begitu, semakin mendekati lumen sel, maka selulosanya semakin melimpah.

Menurut Czaja (1961), lamela ini akan melintang pada penebalan dinding kolenkim, dengan begitu kebanyakan tumbuhan bisa dideteksi dengan alat mikroskop atau dikenal cahaya terpolarisasi. Chafe (1970) sudah banyak mengamati jika orientasi mikroserabut selulosa didalam lamela yang berurutan ini akan bergantian melintang serta membujur. Selama terjadinya perkembangan penebalan dinding, maka akan terjadi penambahan lapisan mikroserabut dimana akan mengelilingi semua sel, sehingga dapat memperluas keliling sel tersebut.

Baca Juga : Jaringan Saraf

Apakah perbedaan jaringan kolenkim dan sklerenkim ?

Jaringan kolenkim ialah suatu jaringan parenkim khusus, dimana untuk menunjang organ muda. Sedangkan jaringan sklerenkim ialah suatu jaringan dimana untuk menunjang organ tumbuhan yang telah dewasa.

Apa yang dimaksud kolenkim ?

Kolenkim merupakan suatu jaringan dimana berfungsi sebagai jaringan penguat maupun penyokong pada organ tumbuhan dimana masih aktif mengadakan pertumbuhan serta pengembangan

Dimana letak lokasi terjadinya jaringan kolenkim pada tumbuhan ?

Jaringan kolenkim bisa ditemukan pada batang, daun, serta pada bagian bunga maupun buah.
1. Pada batang, dapat membentuk silinder penuh maupun tersusun menjadi berkas yang memanjang sejajar sebagai sumbu batang.
2. Pada daun, terdapat di kedua sisi tulang daun utama maupun pada satu sisi saja, dan terdapat juga sepanjang tepi daun.
3. Jarang terdapat pada bagian semua akar yang berada didalam tanah. Hanya kadang – kadang tumbuhan yang akarnya menjulang di atas tanah saja akan didapati jaringan kolenkim.

Demikianlah pembahasan artikel ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: