Jaringan Mesofil

Posted on

Jaringan Mesofil – Seperti halnya dalam organ tumbuhan, daun juga memiliki beberapa jaringan maupun tersusun dari beberapa jaringan atau lapisan, dimana memiliki fungsi khusus dan berbeda – beda satu terhadap yang lainnya. Dimana daun tersebut berfungsi sebagai tempat utama terjadinya suatu proses fotosintesis pada tumbuhan (tetapi beberapa tumbuhan tidak mempunyai daun.

Seperti yang telah diketahui, daun pada umumnya mempunyai warna hijau , hal ini dipengaruhi oleh zat hijau daun atau klorofil dimana terdapat pada daun tersebut. Dengan adanya klorofil pada tumbuhan salah satunya mempengaruhi warna hijau pada daun.

jaringan mesofil

Tetapi terdapat beberapa jenis daun yang mempunyai warna merah, kuning serta warna yang lainnya tergantung daripada jenis tanaman itu sendiri. Nah tahukah anda bahwa pembentukan organ daun itu sendiri berasal dari pertumbuhan meristem primer dimana terletak pada batang.

Baca Juga : Jaringan Kolenkim

Nah untuk pembahasan pada artikel ini mengenai salah satu jaringan yang merupakan suatu pembentuk dari daun itu sendiri. Adapun jaringan yang disinggung ialah jaringan mesofil, berikut penjelasannya secara rinci.

Pengertian

Jaringan mesofil atau jaringan dasar yang terdapat pada daun ialah bagian dari struktur serta fungsi jaringan daun, yaitu suatu jaringan yang terbentuk dari bagian parenkim palisade dimana sering juga disebut sebagai jaringan penyokong dan juga jaringan spons dimana sering juga disebut dengan jaringan bunga karang. Pada jenis tumbuhan dimana tergolong jenis dikotil, dimana dibawah bagian dari epidermis tersebut terdapat bagian dari sel – sel parenkim.

Baca Juga : Jaringan Pada Daun

Adapun sel – sel parenkim ini nantinya akan mengalami suatu proses pembentukan menjadi jaringa palisade serta jaringan spons. Jaringan palisade ini ialah jaringan parenkim yang terdapat pada daun yang memilikki kloroplas dimana dengan jumlah yang relatif  banyak sehingga pada bagian jaringan tersebut akan mengalami suatu proses fotosintesis tersebut.

Fungsi

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut merupakan fungsi – fungsi yang terdapat pada jaringan mesofil :

  1. Sebagai jaringan dimana yang berfungsi sebagai tempat jaringan palisade atau jaringan tiang yang terdapat pada daun
  2. Sebagai jaringan dimana berfungsi sebagai tempat jaringan spons atau jaringan bunga karang yang terdapat pada daun
  3. Sebagai jaringan dimana berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis sebagai langkah untuk mendapatkan makanan pada daun tersebut.
  4. Sebagai jaringan dimana berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara atas hasil fotosintesis serta gas maupun mineral pada daun.

Struktur Penyusun

gambar-jaringan-mesofil

Sel – sel yang berada pada daun biasanya akan berdifferensialisasi menjadi jaringan dewasa dimana yang menyusun daun. Tidak jauh berbeda terhadap organ yang lainnya, jaringan penyusun daun pun seperti itu. Hanya saja terdapat beberapa modifikasi bentuk serta struktur yang disesuaikan dengan fungsi atas daun itu sendiri.

Ruang antarsel pada mesofil ini dibentuk secara sizogen, tetapi terkadang d dapat juga seperti lisigen. Berdasarkan sizogen, artinya terjadi pada saat dinding primer dibentuk diantara dua sel anak yang baru. Lamella tengah diantara kedua dinding baru yang berhubungan hanya dengan dinding primer / sel induk serta tidak menyentuh lamella tengah dengan dinding primer / sel induk.

Pada bagian sel induk dimana berhadapan dengan ruang kecil tersebut menjadi rusak, sehingga terbentuk ruang antar sel dimana serupa pada sel di sebelahnya. Adapun ruang antara sel – sel ini dilapisi oleh senyawa dimana berasal dari lamella tengah itu sendiri.

Baca Juga : Jaringan Epidermis

Jaringan mesofil apa yang berperan dalam sintesis karbohidrat ?

Fotosintesis merupakan proses pembentukan karbohidrat yang membutuhkan karbondioksida, air serta cahaya matahari. Dimana prosesnya melalui mulut daun atau dikenal dengan stomata yang berada di daun.

Karbondioksida akan masuk melalui stomata, kemudian masuk ke dalam daging daun atau yang dikenal dengan mesofil daun. Disamping itu, agar masuknya karbondioksida dapat dengan secara efisien dimana pada mesofil daun, terdapat jaringan palisade maupun jaringan tiang serta jaringan bunga karang atau jaringan spons.

Apakah yang dimaksud dengan kultur jaringan ?

Kultur jaringan merupakan sebuah metode supaya dapat mengisolasi pada bagian dari tanaman, seperti : sekelompok sel ataupun jaringan yang ditumbuhkan dengan keadaan atau kondisi aseptik. Sehingga bagian tanaman tersebut bisa memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali atau utuh kembali.

Bagaimana model tipe mesofil unifasial ?

Jaringan tiang terdiri atas sejumlah sel dimana berbentuk memanjang tegak lurus terhadap permukaan helai daun, dan selnya agak rapat tetapi saling terpisah. Sehingga udara didalam ruang antar sel tetap mencapai sisi panjang sel tersebut.

Didalam daun terdapat 1 sampai 2 lapisan jaringan tiang, dimana tanaman yang hidup di tanah dimana berkadar air tanah tinggi, jaringan tiangnya berada di sebelah atas atau adaksial dimana disebut dorsiventral atau bifasial (bermuka dua). Jika jaringan tiang berada di sebelah kedua muka disebut unifasial maupun isobilateral (isolateral), seperti : tanaman xerofitik.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai jaringan mesofil ini, semoga mudah dipahami dan dimengerti serta bermanfaat bahkan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca sekalian.

Rate this post
Related posts: