Jaringan Parenkim

Posted on

Jaringan Parenkim – Tahukah anda bahwa rongga di tubuh kita memiliki berbagai jaringan didalamnya, salah satunya ialah jaringan parenkim ini. Dan pada artikel sebelumnya juga telah dijelaskan berbagai jaringan yang ada, namun pada artikel kali ini kita akan mengupas tentang jaringan parenkim ini. Maka untuk itu simaklah penjabaran secara rinci yang telah kami sajikan ini semoga mudah dimengerti dan dipahami khususnya bagi kalian yang masih dijenjang pendidikan.

jaringan parenkim

Pengertian

Jaringan parenkim ini ialah suatu jaringan dasar, dimana tersusun atas sel – sel hidup yang membentuk menjadi struktur morfologi maupun fisiologi yang bervariasi serta masih melakukan berbagai kegiatan proses fisiologis.

Jaringan ini tergolong jaringan dasar karena hampir seluruh bagian pada tumbuhan terdapat jaringan parenkim ini, dimana terdapat di bagian akar, batang, daun, serta buah.

Maka dari itu jaringan parenkim di sebut jaringan dasar serta memiliki peran yang penting dalam tumbuhan. Jaringan parenkim bukan hanya pada tumbuhan ber kayu, namun parenkim juga ada di tumbuhan non kayu.

Sifat

Berikut beberapa sifat jaringan parenkim yang membedakannya dengan yang lain :

  1. Sel nya hidup serta berdinding tipis dan berukuran besar.
  2. Mempunyai ruang antar sel sehingga letaknya tidak begitu padat.
  3. Berbentuk segi enam.
  4. Memiliki banyak vakuola.
  5. Mampu atau dapat bersifat meristematik.

Ciri – Ciri

Berikut ialah ciri – cirinya agar anda dapat mengenali lebih dalam jaringan ini :

  1. Dinding selnya jarang sekali mengandung lignin, terkecuali organ yang sudah tua.
  2. Sebagian besar sel parenkim berbentuk segi banyak atau polihedral.
  3. Mempunyai sel – sel yang masih hidup.
  4. Biasanya di dalam protoplasma terdapat plastida baik leukoplas, kloroplas, ataupun kromoplas.
  5. Dinding sel yang sudah menebal biasanya memiliki plasmodesmata yang bisa membantu kelancaran pertukaran zat.
  6. Pada bagian tengah ruang sel nya mempunyai sentra vakuola besar, dimana berisi zat – zat makanan cadangan.
  7. Terdapat ruang antar sel atau intercellular spaces di antara sel – sel parenkim, dimana berperan dalam pertukaran maupun peredaran gas – gas.

Fungsi

Berikut ini beberapa fungsi jaringan ini antara lain ialah :

  • Menyimpan cadangan makanan.
  • Tempat berlangsungnya proses fotosintesis.
  • Tempat cadangan air.
  • Sebagai jaringan pengangkut.
  • Tempat menyimpan udara.

Baca Juga : Jaringan Otot

Struktur Penyusun

gambar-jaringan-parenkim-2
gambar-jaringan-parenkim-1

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut merupakan struktur yang menyusunnya :

Ruang antar sel bisa terbentuk secara skizogen ataupun lisigen, dengan perkembanganya ialah pada dinding primer terbentuk antara dua sel baru, maka lamella tengah antara kedua dinding sel barunya itu hanya berhubungan dengan dinding primer sel induknya serta bukan lamella tengah di antara sesamanya ataupun sel tetangganya.

Rongga kecil berkembang dan lamella tengah baru berhubungan dengan dinding sel induknya langsung, dinding sel yang berhadapan dengan rongga kecil ini megalami disintegrasi dengan demikian akan membentuk rongga interseluler yang bisa diperbesar dengan terbentuknya rongga serupa pada sel tetangga tersebut.

Ruang antar sel pada tangkai daun talas terbentuk melalui proses lisigen karena pada susunan sel daun talas, akan terlihat seperti adanya kerusakan sel sehingga isi sel menghancurkan diri serta terbentuk ruang antarsel.

  • Larutan vakuola ialah gula terlarut dan senyawa N dalam akar Beta vulgaris.
  • Cairan pada plasma ialah protein dan minyak pada endosperm biji ricinus communis.
  • Kritasl ialah pati dalam endosperm, kotiledon, umbi, maupun buah.

Jenis – Jenis

Tahukah anda bahwa jenisnya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu berdasarkan letaknya dan berdasarkan bentuknya, berikut penjelasannya :

1. Berdasarkan Letaknya

Parenkim Asimilasi

Jenis ini biasnaya terletak di bagian tepi suatu organ, misalnya pada daun, batang dengan berwarna hijau, serta buah. Di dalam sel nya terdapat kloroplas, dimana berperan penting sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis tersebut.

Parenkim Penimbun

Umumnya terletak di bagian dalam tubuh, seperti : pada empulur batang, umbi akal, umbi lapis, akar rimpang (rizoma), maupun biji. Di dalam sel -selnya terdapat cadangan makanan dimana berupa gula, tepung, lemak maupun protein.

Baca Juga : Jaringan Mesofil

Parenkim Air

Biasanya berada pada tumbuhan yang hidup di daerah panas (xerofit), dimana berfungsi untuk menghadapi masa kering, seperti pada tumbuhan kaktus maupun lidah buaya.

Parenkim Udara

Ruang antar sel nya besar, sel – sel penyusunnya berbentuk bulat sebagai alat pengapung di air, seperti parenkim pada tangkai tumbuhan enceng gondok.

2. Berdasarkan Bentuknya

Parenkim Palisade

Jenis ini memiliki bentuk silindris atau prismatis memanjang, biasanya terdapat pada palisade tumbuhan dicotyledoneae.

Parenkim Spons Parenkim (bunga karang)

Memiliki bentuk tidak teratur serta banyak ruang antar sel, biasanya terdapat pada mesofil tumbuhan monocotyledoneae dan spons parenkim dicotyledoneae.

Parenkim Aktinenkim (bintang)

Sel ini memiliki lengan – lengan sehingga r.a.s banyak serta besar – besar, dimana berfungsi untuk menyimpan udara, berdasarkan fungsi tersebut dinamakan aerenkim. Contohnya seperti : pada Canna sp, Juncus.

Parenkim Aerenkim

Jenis ini memiliki ruang antar sel yang besar, biasnaya terdapat pada alat pengapung tumbuhan air. Contohnya seperti : Eichhornia crassipes.

Parenkim lipatan

Sel parenkim dengan dinding sel melipat – lipat ke arah dalam serta di dalam sel banyak mengandung kloroplast yang bisa melakukan fotosintesa berdasarkan fungsi termasuk parenkim asimilasi. Contohnya seperti : pada pinus merkusii (daun) oryza sativa, bambusa sp.

Baca Juga : Jaringan Kolenkim

Mengapa jaringan parenkim disebut jaringan heterogen ?

Jaringan parenkim ialah jaringan heterogen sebab telah terjadi asosiasi antara sel – sel parenkim dimana meluas, maka jaringan parenkim biasanya terdapat pada empulur dan korteks batang, akar, mesofil daun, jaringan-jaringan fotosintesis, daging daun serta endosperm biji yang ada di dalam buah.

Jelaskan maksud parenkim berasal dari tubuh primer dan sekunder !

Parenkim berasal dari tubuh primer ialah perkembangan dari meristime dasar, sedangkan dari tubuh sekunder berkembang di pembuluh maupun kambium gabus, bahkan dapat dari felogen.

Apakah fungsi utama adanya jaringan parenkim ini ?

Fungsi utama adnaya jaringan parenkim ini ialah sebagai tempat cadangan makanan dan juga sebagai jaringan penyokong.

Demikianlah pembahasan artikel ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: