Kalimat Campuran

Posted on

Kalimat Campuran – Setelah membahas berbagai jenis kalimat seperti : kalimat deduktif, kalimat induktif pada artikel sebelumnya, maka kali ini kita akan membahas mengenai kalimat campuran. Mendengar kata campuran pasti dibenak kalian adanya 2 hal yang berbeda dijadikan dalam satu bentuk atau susunan kalimat.

Kalimat Campuran

Nah untuk memahami lebih jelasnya maka kalian dapat menyimak penjelasan yang telah dijabarkan dibawah ini :

Pengertian

Paragraf Campuran merupakan paragraf yang diawali dengan menjelaskan atau menjabarkan kalimat utama kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas lalu diakhiri oleh suatu kesimpulan pada bagian akhir paragraf. Dengan istilah lain paragraf ini mempunyai 2 (dua) kalimat utama.

Paragraf Campuran merupakan paragraf yang didahului dengan mengungkapkan ide pokok di awal sekaligus diakhir paragraf.

Ciri – Ciri

Setelah mengetahui penjelaskan diatas, berikut merupakan ciri – cirinya :

  • Mempunyai kalimat utama pada awal paragraf dan kemudian ditekankan kembali diakhir paragrapah.
  • Adanya pengulangan ataupun variasi pada beberapa kata kunci (keyword) pada awal sekaligus akhir paragraf.
  • Berpola deduktif-induktif yaitu umum-khusus-khusus-umum (simpulan).
  • Kalimat utama pada awal paragraf adalah suatu pembuka.
  • Kalimat utama pada akhir paragraf adalah suatu kesimpulan dengan menekankan ide pokok pada kalimat utama di awal tersebut.

Pola Kalimat

Bersifat Umum,
Bersifat Khusus,
Bersifat Khusus,
Bersifat Umum.

Contoh Kalimat

Bagian 1 :

  1. Manusia adalah makhluk sosial. Semua aktivitas sehari-hari kita membutuhkan manusia yang lainnya. Contohnya saja kita ingin makan, tentu kita membutuhkan seorang petani untuk mendapatkan nasi, nelayan untuk mendapatkan ikan begitu juga peternak untuk mendapatkan daging. Semua aspek berkaitannya dengan kehidupan kita tidak luput dari bantuan orang lain. Bahkan sampai mati pun kita masih membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain.
    Semua makhluk hidup memerlukan makanan ataupun minuman untuk melangsungkan hidupnya. Binatang bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang ada di alam ataupun hutan. Demikian pula dengan tumbuhan dan manusia yang memerlukan makanan dan minuman untuk tumbuh dan berkembang. Semua makhluk hidup akan mati jika tidak makan dan minum. Jadi, binatang, tumbuhan, dan manusia memerlukan makanan dan minuman untuk bertahan melangsungkan hidup.
  2. Di era sekarang banyak jenis olahraga yang terkenal luas salah satunya lari. Lari memberikan suatu manfaat yang besar bagi tubuh. Satu diantara manfaatnya adalah menjaga metabolisme tubuh dan sistem peredaran darah yang semakin lancar. Selain itu lari dapat dilakukan tanpa perlu persiapan yang rumit seperti olahraga lainnya. Maka tidak heran, olahraga lari semakin banyak diminati dikalangan masyarakat.
  3. Indonesia merupakan negara yang berlimpah luah kekayaan lautnya. Dengan wilayah yang terpisah oleh laut, Indonesia justru mempunyai kekayaan alam dan laut yang besar dan dikenal seluruh dunia manapun. Sempat menjadi primadona pariwisata laut dengan keelokan Taman Laut Bunaken, Indonesia tetap optimis untuk melestarikan alam dan kebersihannya. Laut yang luas menyimpan kekayaan alam dan potensi kelautan yang bisa menjamin penduduknya. Melihat kenyataan tersebut maka tidaklah heran jika Indonesia dinilai sebagai negeri yang kaya raya.

 

Bagian 2 :

  1. Media sosial saat ini semakin menjadi terpopuler bagi kalangan pecinta publikasi. Hampir tiap menit bahkan detik media sosial menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat Indonesia yang hobi online di depan komputer ataupun handphone. Hal ini menjadi peluang sebagian orang untuk berinteraksi dengan kawan lama atau kawan baru mereka. Kecanggihan yang semakin hari tiada tara inilah mengakibatkan media sosial digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

  2. Para petani bayam di wilayah Pacet Mangkuban terancam gagal panen. Hal ini dikarenakan seminggu sebelum panen hama tikus melanda willayah seluas 5 hektar ini. Dengan terpaksa bayam yang belum masa dipanen diselamatkan dengan tindakan panen dini. Harga bayam di pasaran pun ikut merosot turun. Kondisi tersebut nambah membuat para petani stres hingga enggan menanam kembali bibit baru untuk bayam. Gagal panen bayam dipastikan melanda wilayah Pacet hingga sebagian daerah Trias.

  3. Sebagian kalangan wanita sangat menyukai bunga. Bunga dapat menjadi simbol kelembutan hatinya. Demikian lah yang disebutkan dalam seminar literatur pecinta mawar yang digelar di gedung seni Sastra Budaya Bungasari minggu kemarin. Beberapa kaum hawa yang hadir dalam seminar sangat menyetujui pendapat bahwa bunga merupakan simbol wanita. Oleh karena itu, tidak heran jika pecinta dan penyuka bunga didominasi oleh kaum wanita.

 

Apakah yang dimaksud pola deduktif-induktif ?

Seperti kalimat campuran yang menggunakan pola ini artinya terdapat 2 pola yaitu deduktif dengan induktif sehingga bersifat umum,khusus,khusus,umum

Apa yang dimaksud kalimat campuran ?

Paragraf campuran adalah suatu paragrag yang diawali dengan kalimat utama kemudia diikuti dengan kalimat – kalimat penjelas dan diakhiri dengan suatu kesimpulan yang menekankan kepada kalimat utama diawal tersebut

Sebutkan beberapa macam bentuk kalimat atau paragraf ?

Paragraf deduktif, induktif, dan campuran

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: