Limbah Adalah

Posted on

Limbah Adalah – Tentu kata “limbah” sudah tidak asing lagi ditelinga Anda, terlebih lagi Anda yang masih mengemban pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi, biasanya limbah ini berkaitan dengan adanya pencemaran lingkungan kan. Seperti yang anda ketahui bahwa limbah terbesar berasal dari perusahaan – perusahaan yang tidak bertanggung jawab bukan ?. Namun tahukah Anda bahwa tidak hanya perusahaan -perusahaan tersebut yang mencemarkan limbah ini melainkan juga dapat kita maupun rumah tangga serta lainnya.

limbah adalah

Disamping itu, terdapat satu jenis limbah yang sangat berbahaya dimana dikenal dengan “Limbah B3” dimana singkatan dari Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, jenis itulah yang turut berperan luas pada pencemaran lingkungan, terutama pencemaran yang terjadi pada aliran – aliran sungai.

Pengertian

“Limbah merupakan sisa atas kegiatan / usaha” hal ini tercantum pada PP No.18 Tahun 1999 atau definisi lain limbah ialah buangan dimana dihasilkan atas aktivitas – aktivitas produksi, baik dalam domestik maupun non-domestik. Dimana hal tersebut meliputi :

  • Pada domestik ialah : pusat keramaian, sekolah, rumah tangga, pasar, dan lainnya.
  • Pada non-domestik ialah : industri, pertanian, pabrik, transportasi, peternakan dan lainnya.

Dengan jumlah tertentu limbah akan menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan, terutama dalam bidang kesehatan manusia serta ekosistem tumbuhan maupun hewan.

Baca Juga : Iman Kepada Qada Dan Qadar

Limbah domestik ialah seperti : plastik, kardus, botol bekas, sisa air deterjen, kaleng, sisa makanan, dan lainnya. Sebaliknya limbah non-domestik ialah seperti : sisa zat pewarna atau kain industri tekstil, zat pengawet, sisa olahan pabrik tahu atau tempe serta lainnya.

Dampak Yang Ditimbulkan

Ketika limbah tidak dikelola dengan semestinya (baik), tentu akan berdampak pada kehidupan masyarakat, khususnya kehidupan anda. Bentuk dampak limbah kepada manusia, seperti terserang berbagai jenis penyakit mulai dari : diare, gangguan saraf, sesak nafas, tifus bahkan juga hingga juga menyebabkan keracunan dimana akan berujung pada kematian.

Disamping itu, dampak limbah juga tentu berhubungan dengan lingkungan sekitar karena terganggunya ekosistem lingkungan sekitar dan jika limbah cairan dimana mengandung bahan kimia tersebut masuk pada tanah, lalu bercampur pada air tanah, maka hal ini tentu begitu berdampak pada kesuburan tanah sehingga nantinya air tersebut akan dikonsumsi oleh manusia.

Jenis Berdasarkan Sumber

Berikut beberapa jenis limbah berdasarkan sumbernya, ialah :

1. Limbah Non-Domestik

Seperti sudah disinggung diatas bahwa limbah non-domestik meliputi berbagai limbah dimana dihasilkan dari industri, pabrik, perikanan, peternakan, pertanian, medis serta lainnya.

2. Limbah Domestik

Telah disinggung juga sebelumnya bahwa limbah domestik meliputi berbagai limbah dimana dihasilkan dari sisa kegiatan rumah tangga, sekolah pasar serta tempat – tempat umum.

Jenis Berdasarkan Senyawa

Berikut beberapa jenis limbah berdasarkan senyawanya, ialah :

1. Limbah B3 (Bahan Bahaya Beracun)

Limbah B3 merupakan sisa atas kegiatan maupun usaha dimana mengandung bahan berbahaya bahkan beracun dikarenakan sifat, konsentrasi maupun jumlahnya bisa merusak serta mencemari bahkan dapat membahayakan kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya.

2. Limbah Organik

Limbah organik merupakan limbah dimana mengandung senyawa karbon yang berasal atas makhluk hidup, meliputi : kotoran hewan, buah – buahan yang membusuk dan lainnya.

3. Limbah Non Organik.

Limbah non-organik adalah limbah yang begitu sulit untuk terurai, meliputi : kaca, plastik, dan lainnya.

Jenis Berdasarkan Wujud

Berikut beberapa jenis berdasarkan wujudnya, ialah :

1. Limbah Cair

Limbah cair ini biasanya suatu limbah dimana berasal karena sisa dari kegiatan yang biasanya berbentuk cairan serta biasanya sering bercampur pada bahan – bahan lainnya dimana secara mudah larut kedalam air, umumnya limbah ini sering dijumpai pada limbah rumah tangga.

Sebagai contoh ialah hasil sisa air cucian pakaian dimana menggunakan deterjen, limbah sisa air tinja, limbah sisa air pewarna dimana sering ditemukan pada beberapa pabrik, baik pada pabrik tekstil ataupun pabrik produksi tahu serta tempe, dan lainnya.

Baca Juga : Apresiasi Seni Rupa

2. Limbah Suara

Bentuk limbah suara ini dapat dikatakan suatu gelombang bunyi dimana begitu mengganggu dikarenakan penyebarannya melalui udara. Sebagai contoh : nia dimana berasal dari rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya.

3. Limbah Padat

Limbah padat dikenal dengan sampah dimana mempunyai wujud padat serta umumnya bersifat kering. Jenis limbah ini tentu berbeda dengan jenis lainnya, karena jenis ini tidak bisa menyebar serta tidak bisa berpindah seperti jenis limbah lainnya.

Limbah jenis ini hanya dapat pindah maupun menyebar ketika ada seseorang yang memindahkannya, sehingga dapat dipastikan bahwa Anda dapat dengan mudah menemukan limbah padat ini disekitar lingkungan sehiar – hari anda. Contohnya : sampah botol bekas, plastik, botol kaca, kertas, dan lainnya.

4. Limbah Gas

Jenis limbah ini dapat tergolong pada jenis limbah yang berbahaya, hal ini dikarenakan gas ini terdiri atas beberapa jenis senyawa kimia dimana tercampur pada gas. Disamping itu, limbah gas ini dapat secara mudah menyebar, karena penyebarannya sendiri melalui udara.

Beberapa bentuk jenis limbah ini seperti : limbah freon, limbah nitrogen, limbah karbon monoksida serta limbah sulfur oksida. Dari berbagai contoh tersebut tentu ada yang begitu bahaya bagi kesehatan jika Anda atau orang sekitar Anda menghirupnya, karena dapat berakibat pada pernafasan.

Apa yang dimaksud Limbah B3 ?

Limbah B3 adalah suatu Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun yang dihasilkan atas sisi suatu kegiatan.

Apakah manfaat limbah jika dapat dikelola secara baik ?

1. Dapat dijadikan sebuah pakan ternak
2. Dapat bermanfaat dijadikan kompos
3. Dapat dibuat menjadi kertas daur ulang
4. Dapat dikumpulkan dan dijual pada limbah – limbah jenis tertentu

Apakah contoh limbah gas ?

Contoh limbah gas meliputi : limbah freon, limbah nitrogen, limbah karbon monoksida serta limbah sulfur oksida.

Baca Juga : Sistematika Penulisan Proposal

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Limbah Adalah di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Rate this post
Related posts: