Makna Sumpah Pemuda

Posted on

Makna Sumpah Pemuda – Makna yang tertuang dalam sumpah pemuda begitu sangat mendalam karena berisikan sebuah cita – cita, dimana saat itu agar mempersatukan semua rakyat dalam bangsa yang satu ialah bangsa Indonesia. Berdasarkan sumpah pemuda, segenap pemuda – pemudi diajak agar saling menjaga tanah air Indonesia dengan hal apapun.

makna sumpah pemuda

Semenjak Indonesia menyatakan kemerdekaannya, maka tiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda ini. Sebenarnya, isi atas Sumpah Pemuda ini mendasar kepada pemuda dan pemudi di Indonesia dengan tanpa terkecuali. Untuk lebih jelasnya mengenai makna ini simaklah penjabaran berikut ini

Pengertian

Sumpah Pemuda sendiri terdiri dari dua kata yaitu sumpah dengan pemuda. Sumpah artinya ikrar, dan bisa diambil kesimpulan jika yang melakukan sumpah tersebut ialah para pemuda pemudi indonesia.

Pengertian Sumpah Pemuda ialah salah satu tonggak utama pada sejarah pergerakan kemerdekaan indonesia, dimana ikrar ini dianggap sebagai pengleburan semangat demi menegaskan cita – cita berdirinya negara Indonesia ini.

Sumpah Pemuda merupakan keputusan kongres pemuda kedua, dimana diselenggarakan dua hari, ialah 27-28 oktober 1928 tepatnya di Batavia (Jakarta). Nah keputusan kongres pemuda kedua ini memiliki tiga butir penting atas sumpah pemuda, ialah bertanah air satu, berbangsa satu, serta berbahasa satu. Tiga hal inilah yang akan menjadi faktor negara kita demi membentuk negara kesatuan yang sangat utuh.

Sumpah pemuda juga ialah bukti yang nyata, dimana menunjukan jika pada tanggal 28 oktober 1928 bangsa Indonesia di lahirkan. Proses kelahiran bangsa Indonesia ini bisa diraih atas perjuangan rakyat Indonesia yang melawan kolonialisme yang terus menerus menindas rakyat Indonesia pada masa itu.

Berawal dari keadaan yang tertindas inilah yang mendorong para pemuda Indonesia untuk membulatkan tekad dengan tujuan mengangkat harkat serta martabat hidup rakyat Indonesia bahkan untuk melepaskan diri atas penjajahan saat itu.

Sejarah Lahirnya

Sejarah awal terbentuknya sumpah pemuda ialah dari berlangsungnya kongres pemuda. Kongres pemuda ini terjadi dua kali, dimana kongres pemuda pertama dilaksanakan oleh komite bernama jong indonesia kongres komite, dibawah sebuah kepemimpinan tabrani.

Baca Juga : Isi Proklamasi

Anggota pada kongres pertama ialah wakil – wakil organisasi dimana ada pada waktu itu. Kongres pertama ini dilaksanakan pada tahun 1926 tanggal 30 april sampai dengan 2 mei.

Tujuan dilaksanakannya kongres pemuda satu demi menanamkan kerjasama antar perkumpulan pemuda Indonesia untuk menjadi dasar bagi pemersatu bangsa indonesia.

Disamping itu, diharapkan bisa membentuk suatu badan perhimpunan massa pemuda Indonesia yang merupakan gabungan dari semua organisasi pemuda yang ada pada masa itu. Dan kongres ini bisa mencapai tujuannya.

Setelah dilaksanakannya kongres satu, lahirlah organisasi pemuda baru yang bernama jong indonesia tepatnya tanggal 30 agustus 1926. Lalu jong indonesia lain juga lahir pada tahun 1927 dimana diketuai Ir. Soekarno yang kemudian diubah nama menjadi pemuda Indonesia.

Ketidaktercapaian tujuan kongres satu serta kenyataan semakin banyak organisasi pemuda mendorong terlaksananya kongres pemuda dua. Dimana berlangsung pada tanggal 27-28 oktober 1928. Kongres ini dilaksanakan dengan prakarsa dari Perhimpunan Pelajar – Pelajar Indonesia (PPPI) dimana didirikan pada tahun 1926 di Jakarta.

Makna Sumpah Pemuda

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut beberapa makna nya ditinjau dari berbagai segi :

Makna Sumpah Pemuda Umum

Sesuai sebutannya sumpah pemuda dirumuskan oleh para pemuda, dimana mereka menjadikan sebagai sumber dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri melainkan bersama – sama.

Serta perlu diketahui jika sumpah pemuda tidak lahir begitu saja, banyak hal yang melandasi agar para pemuda bertekat untuk bersatu. Keegoisan mereka berfikir tidak akan dapat membuat Indonesia merdeka jika berjuang sendiri – sendiri.

Baca Juga : Identitas Nasional

Kegagalan atas memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat mereka semua sadar jika rasa nasionalisme harus diserta padukan. Oleh karenanya diadakanlah kongres pemuda satu dengan dua. Dimana mereka menjadi satu kesatuan dan menjadi pemuda Indonesia.

Latar belakang sumpah pemuda perlu diketahui, demikian juga para pemuda saat ini harus mengikuti semangat persatuan para pemuda dulu, seperti mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif, serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Muda

Dengan adanya sumpah pemuda maka generasi muda masa kini bisa tahu bahwa kita adalah satu tanah air indonesia, satu bangsa indonesia, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan indonesia.

Karena pembentukan dan pengisian kemerdekaan indonesia bisa berjalan dengan baik apabila masyarakat bersatu. Hal ini digambarkan dengan prinsip “bhineka tunggal ika” yang berarti walaupun berbeda-beda tatapi teatap satu. Yang dicengkram kuat di kaki garuda.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar

Para pelajar seluruh Indonesia diberikan penekanan dengan adanya sumpah pemuda, hal ini dikarenakan demi :

  1. Memberikan penekanan agar menghargai perjuangan indonesia.
  2. Memberi semangat demi berjuang.
  3. Memberikan makna untuk mencintai indonesia dengan segenap hati dan jiwa.
  4. Memberi penekanan agar bangga menjadi bagian dari negara indonesia.
  5. Memberi penekanan untuk mencintai dan bangga menggunakan bahasa indonesia.
  6. Mengajak untuk bersama – sama dalam menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI.

Baca Juga : Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Kapan dilaksanakannya sumpah pemuda yang merupakan kongres pemuda kedua?

Tepatnya pada tanggal 27-28 oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Siapakah ketua dari jong indonesia?

Diketuai oleh Ir. Soekarno

Apakah tujuan dari gerakan sumpah pemuda?

Tujuan utama dari sumpah pemuda ialah membangkitkan nasionalisme rakyat nusantara agar menentang serta mengusir penjajah, mempererat rasa persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia, memperluas usaha demi mencapai kemerdekaan Indonesia

Demikianlah pembahasan artikel Makna Sumpah Pemuda, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: