Massa Jenis Air

Posted on

Massa Jenis Air – Setelah sebelumnya saya membahas tentang Massa Jenis Minyak, tak lengkap rasanya jika tidak membahas massa jenis pada air.

Namun, sebelum saya masuk ke dalam pembahasan, alangkah baiknya jika saya akan mengulas tentang apa itu massa jenis??

Massa jenis adalah ukuran massa masing – masing satuan volume suatu benda. Ketika massa jenis suatu benda lebih besar, maka massa di setiap volume lebih besar.

Keuntungan dari massa jenis adalah dalam penentuan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda, selain itu jika pada suatu zat, memiliki besaran massa dan volumenya, maka massa jenis dari zat tersebut akan sama.

Jadi bagaimana kalian menentukan massa jenis suatu benda atau zat? Penentuan massa jenis benda sangat sederhana, yaitu dengan membagi massa zat dengan volume zat.

Sudah tahu dong apa itu massa jenis?? hehehe Sekarang saya akan masuk ke pembahasan kita kali ini. Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Massa Jenis Air

Pemahaman tentang massa jenis air ialah konstan atau murni dalam suhu dan tidak tergantung pada volume air itu sendiri.

Densitas atau massa jenis adalah satuan kerapatan massa pada suatu benda yang dinyatakan sebagai berat badan per satuan volume benda.

Kepadatan dapat menjelaskan mengapa benda dengan ukuran yang sama memiliki bobot yang berbeda.

Barang yang lebih besar tidak selalu lebih berat dari barang yang lebih kecil, misalnya, marmer lebih berat dari spons pencuci piring.

Massa jenis adalah ilmu fisika yang mempelajari sejumlah pemahaman tertentu, terutama kepadatan air.

Kepadatan adalah rumus awal untuk pembuatan kapal. Pernahkah Anda berpikir bahwa kapal besi bisa terapung di air? Salah satu alasannya adalah hubungan antara kepadatan air dan berat kapal.

Berikut ini kita akan membahas massa jenis air secara lebih rinci. Kepadatan air memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan mengetahui dan mempelajari kerapatan air, kita bisa mengetahui bagaimana kapal bisa mengapung. Jika Anda memikirkannya secara logis, kapal itu tenggelam karena sangat berat dan sebagian terbuat dari besi.

Rumus

rumus massa jenis air

Dalam sistem Satuan Internasional (SI), satuan massa jenis dinyatakan dalam kilogram per-meter kubik (kg / m3), sedangkan sistem cgs satuan massa jenis yaitu gram per-sentimeter kubik (g/cm 3). Saat dikonversi, kesetaraan kedua unit ini adalah :

1 g/cm^3 = 1.000 kg/m^3)

Berikut ini adalah tabel massa jenis air :

tabel massa jenis air

Dapat dilihat di atas bahwa semakin tinggi suhunya, semakin rendah nilai massa jenisnya.

Hal ini disebabkan oleh jarak antar molekul, yang dihilangkan seiring dengan kenaikan suhu.

Contoh Massa Jenis Air

Berikut adalah beberapa contoh kepadatan air dalam kehidupan sehari-hari :

1. Minyak Dengan Air

Pernahkah Anda mencampur minyak dengan air? Apa yang terjadi Minyak dengan air tidak tercampur.

Minyak tidak larut dalam air dan sebaliknya yang mana air tidak larut dalam minyak. Ini sebab kepadatan minyak, sehingga akan minyak mengapung di permukaan air.

2. Kapal Selam

Kapal selam bisa mengapung dan tenggelam di air laut. Perbedaan kepadatan ini menyebabkan kapal selam mengapung di atas air.

Kapal selam dengan kepadatan lebih rendah dari air laut, sehingga bisa dipetakan.

3. Ban Air

Ban yang digunakan untuk berenang memiliki kepadatan rendah karena penuh dengan angin dan karenanya sangat ringan di atas air.

Demikianlah penjelasan Massa Jenis Air – Pengertian, Rumus, Serta Contoh Dalam Kehidupan Sehari – hari.

Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.

Baca Juga :

Related posts: