Massa Jenis Udara

Posted on

Massa Jenis Udara – Dalam dunia fisika, massa jenis udara adalah ukuran kepadatan yang terkait erat dengan kehidupan manusia. Kepadatan itu sendiri adalah ukuran massa di setiap satuan volume suatu benda.

Perhatikan bahwa kerapatan rata – rata dari setiap objek adalah massa total, yang kemudian dibagi dengan volume total.

Massa jenis digunakan untuk menentukan zat. Karena pada dasarnya setiap zat memiliki kepadatan yang berbeda.

Pengertian

Kepadatan suatu zat berbeda dalam setiap kasus dengan tekanan dan suhu. Tekanan yang lebih tinggi dapat membuat molekul zat lebih padat, bahkan jika mereka memiliki volume yang sama. Ini akan meningkatkan kepadatan.

Kepadatan juga dapat dikurangi ketika suhu meningkat. Namun, properti ini tidak berlaku untuk semua kepadatan.

Contoh Massa Jenis Udara

Selain itu, kepadatan udara juga terkandung dalam densitas fluida. Di bawah ini adalah beberapa informasi penting tentang massa jenis udara.

1. Tidak Seperti Zat Padat

Perhatikan bahwa kepadatan udara sangat berbeda dari zat padat. Kayu atau besi pada dasarnya memiliki kepadatan yang sama.

Udara, bagaimanapun, tidak bisa disamakan dengan zat apa pun. Semakin tinggi udara di permukaan laut, semakin rendah kepadatan udara.

Ini karena gaya gravitasi menurun tingginya. Gravitasi berkurang dengan meningkatnya ketinggian. Karena itu, jumlah udara yang diambil juga berkurang.

2. Udara di Atas Gunung dan Laut

Dibandingkan dengan puncak gunung, jumlah udara di sekitar permukaan laut jauh lebih besar.

Di ruangan dengan volume yang sama, massa udara di sekitar laut lebih besar. Karena itu, kepadatan udara lebih besar.

Kasus lain adalah udara di atas gunung. Di mana massa lebih kecil. Karena itu, kepadatan udara di sekitar puncak gunung lebih rendah. Intinya, massa jenis fluida atau udara lebih jauh dari permukaan laut.

3. Udara Terdiri Dari Molekul Atau Atom yang Terpisah

Udara pada dasarnya terdiri dari molekul atau atom yang terpisah. Dengan begitu dia bisa bergerak dengan mudah. Ini secara langsung mempengaruhi gravitasi pada jumlah udara di suatu daerah.

4. Balon Udara

Pernahkah Anda melihat balon udara? Mengapa balon udara bisa terbang tinggi? Balon udara dapat mengembang di udara karena memiliki kepadatan yang lebih rendah daripada udara sekitar.

Prinsipnya sama dengan meniup bola. Saat meniup dengan mulut balon tidak bisa terbang. Tetapi ketika diterbangkan dengan gas helium, balon itu bisa terbang.

Karena udara yang keluar dari mulut adalah karbon dioksida dengan kepadatan 1,98 kg /m. Bobotnya lebih besar dari densitas di udara.

Menimbang bahwa helium hanya memiliki kepadatan 0,18 kg/m3. Udara itu sendiri memiliki kepadatan 1,2 kg/m3.

Itulah penjelasan lengkap tentang Massa Jenis Udara – Pengertian & Contoh Massa Jenis Udara.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat ya.

Baca Juga :

Related posts: