Mikroskop Dan Fungsinya

Posted on

Mikroskop Dan Fungsinya – Bagi kalian yang masih dalam jenjang pendidikan sekolah, khususnya yang sering melaksanakan penelitian terkait pelajarannya tersebut mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “mikroskop”. Bahkan dapat diperkiran sebagian orang telah mencobanya, dan yang belum mungkin anda pernah melihatnya.

mikroskop dan fungsinya

Didalam mikroskop ini terdapat bagian – bagian dimana memiliki fungsi masing – masing pada mikroskop. Maka untuk lebih jelasnya simaklah penjabaran yang ada dibawah ini secara rinci dan jelas.

Pengertian

Suatu alat dimana agar melihat objek yang berukuran begitu kecil, namun dapat dilihat secara kasar mata maka digunakan mikroskop.

Didalam mikroskop sendiri terdapat berbagai bagian dimana memiliki fungsi secara masing – masing, jadi mikroskop ini digunakan untuk membantu manusia agar dapat melihat organisme yang sangat kecil ukurannya (mikroskopis).

Baca Juga : Fungsi Tulang Rusuk

Sebuah ilmu khusus dimana mempelajari benda kecil yang pelaksanaannya menggunakan alat ini, maka disebut dengan mikroskopi. Dimana mikroskopi ini artinya begitu kecil / sangat kecil sehingga tidak mudah terlihat dengan mata.

Struktur Penyusun

Tahukah anda bahwa mikroskop ini terdapat struktur yang menyusunnya, struktur tersebut dapat dibedakan menjadi 2 bagian utama, ialah sebagai berikut ini :

  • Bagian Non-Optik
    Pada bagian ini terdiri atas : diafragma, kaki & lengan mikroskop, pemutar halus serta kasar, kondensor, meja objek ataupun meja preparat, cermin, serta sumber cahaya, penjepit kaca objek atau dikenal preparat.
  • Bagian Optik
    Pada bagian ini terdiri atas : lensa okuler dengan lensa objektif.

Akan mendapatkan bayangan dari sasaran benda dimana dimikroskop tersebut menjadi lebih besar itulah tujuan mikroskop cahaya serta elektron. Adanya lensa okuler dan lensa objektif keduanya ialah lensa cembung.

Bagian-Bagian

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut merupakan bagian – bagian yang ada pada mikroskop dan fungsinya ataupun kegunaannya dibawah ini

bagian pada mikroskop

Penjelasan masing – masing ialah :

Baca Juga : Fungsi Tulang Dada

  1. Tabung Mikroskop / Tubus, berbentuk tabung pada mikroskop bagian ini dimana berfungsi pengatur fokus serta penghubung antar lensa okuler terhadap lensa objektif.
  2. Lengan Mikroskop, pada bagian ini memiliki fungsi untuk pegangan terhadap mikroskop.
  3. Mikrometer / Pemutar Halus, berfungsi untuk menaik maupun menurunkan tabung mikroskop secara lambat, dimana ukuran mikrometer lebih kecil dibandingkan makrometer itulah kegunaan pada bagian mikroskop ini.
  4. Meja Kerja / Meja Mikroskop, berfungsi agar meletakkan objek yang akan diamati tersebut merupakan cara kerja pada bagian ini.
  5. Makrometer / Pemutar Kasar, salah satu bagian mikroskop dimana memiliki fungsi agar menaikkan maupun menurunkan tabung mikroskop secara cepat, dimana ukuran makrometer lebih besar dibandingkan mikrometer.
  6. Lensa Okuler, suatu lensa dimana terletak dekat terhadap mata observer, pada bagian ini memiliki fungsi agar membentuk suatu bayangan maya, tegak, serta diperbesar dari lensa objektif.
  7. Lensa Objektif, suatu lensa dimana berada dekat terhadap objek yang akan diamati. Dimana hal ini berfungsi agar membentuk bayangan nyata, terbalik, serta diperbesar, pembesaran atas lensa objektif ini dapat diatur pada bagian revolver dimana berada pada mikroskop tersebut.
  8. Penjepit Kaca, pada bagian ini memiliki fungsi sebagai pelapis objek dimana hal ini supaya tidak bergeser – geser organisme yang akan diamati.
  9. Revolver, memiliki fungsi agar mengatur perbesaran lensa objektif pada bagaian mikroskop ini.
  10. Kondensor, memiliki fungsi agar mengumpulkan cahaya, dimana bagian alat ini dapat diputar serta dinaikkan maupun diturunkan merupakan bagian mikroskop ini.
  11. Diafragma, memiliki fungsi untuk mengatur sedikit ataupun banyaknya cahaya yang masuk merupakan kegunaan pada bagian mikroskop ini.
  12. Reflektor, pada bagian ini berfungsi memantulkan cahaya yang berasal dari cermin kepada objek yang menjadi sasaran diamati melewati lubang yang terdapat di meja objek. Terdapat 2 jenis cermin dalam reflektor ini, ialah : cermin datar serta cermin cekung. Dimana pada cermin datar digunakan disaat cahaya yang dibutuhkan terpenuhi, sebaliknya cermin cekung digunakan disaat keadaan kurang cahaya. Artinya disini cermin cekung berfungsi lebih kearah mengumpulkan cahaya.
  13. Sendi Inklinasi / Pengatur Sudut, ialah alat maupun bagian dari mikroskop dimana berfungsi agar mengatur sudut tegaknya mikroskop tersebut.
  14. Kaki Mikroskop, pada bagian ini memiliki fungsi sebagai penyangga maupun penopang mikroskop.

Jenis-Jenis

Terdapat berbagai jenis mikroskop yang ada, salah satunya ialah akan dijelaskan disini :

Mikroskop Optis merupakan salah satu jenis yang sangat umum dari mikroskop, dimana mikroskop ini ialah yang pertama diciptakan.

Menurut Sumber Cahaya, mikroskop ini dapat dibedakan atas 2 jenis ialah : mikroskop elektron serta mikroskop cahaya.

Mikroskop cahaya dapat dibedakan lagi menurut jenis kegiatan pengamatannya, dimana dibedakan menjadi Mikroskop Diseksi, Mikroskop Monokuler dan jugs Mikroskop Binokuler, dimana digunakan untuk mengamati bagian dalam pada sel.

Pada mikroskop diseksi sendiri digunakan agar mengamati bagian permukaan, selanjutnya pada mikroskop monokuler dan juga binokuler digunakan agar dapat mengamati bagian dalam pada sel.

Dimana pada mikroskop monokuler hanya memiliki 1 (satu) lensa okuler sedangkan mikroskop binokuler memiliki 2 (dua) lensa okler didalamnya.

Apa yang dimaksud dengan mikroskop ?

Suatu alat dimana agar melihat objek yang berukuran begitu kecil, namun dapat dilihat secara kasar mata.

Apakah fungsi kaki pada mikroskop ?

Kaki pada mikroskop berfungsi untuk maupun sebagai penyangga / penopang mikroskop.

Apakah fungsi pegangan sedia pada mikroskop ?

Pegangan sedia atau dikenal dengan penjepit kaca memiliki fungsi sebagai pelapis objek dimana hal ini supaya tidak bergeser – geser organisme yang akan diamati.

Baca Juga : Hewan Ovovivipar

Demikianlah pembahasan artikel Mikroskop Dan Fungsinya, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Rate this post
Related posts: