Pengertian Manajemen

Posted on

Pengertian Manajemen – Para ahli mendefinisikan istilah manajemen secara berbeda dari perspektif ilmiah yang berbeda. Ahli ekonom melihat manajemen sebagai suatu sistem untuk mengatur modal, tanah dan alat-alat produksi lainnya.

Pakar kebijakan menganggap manajemen sebagai sistem otoritas untuk mencapai tujuan organisasi. Sosiolog melihat manajemen sebagai kelas sosial yang dihuni elit sebagai manajer dan pemimpin.

Secara naluriah kita dapat memahami bahwa manajemennya cukup luas. Ruang lingkup ilmu manajemen tidak terbatas pada organisasi, tetapi lebih.

Pada saat ini, istilah manajemen sering digunakan di hampir semua bidang.

Istilah manajemen bukan lagi monopoli industri atau perusahaan, tetapi telah menyentuh banyak aspek, termasuk perilaku sosial dan kognitif.

Posting blog ini menjelaskan pengertian manajemen menurut para ahli di berbagai bidang.

Manajemen itu sendiri berkembang menjadi teori organisasi pada akhir abad ke-19, dan setelah Perang Dunia Kedua, manajemen berkembang menjadi disiplin ilmu yang kompleks.

Apa itu manajemen? Berikut ini adalah definisi menurut pendapat ahli.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen

1. Fredrik Winslow Taylor

Menggambarkan konsep manajemen sebagai seni mengetahui apa yang ingin Anda lakukan untuk melihat cara melakukan sesuatu yang terbaik dan paling ekonomis.

2. Mary Parker Follet

Mendefinisikan manajemen sebagai seni membuat sesuatu terjadi di tangan orang lain.

3. George R. Terry

Berpendapat bahwa manajemen adalah proses khusus yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, akting, dan pengendalian seni dan sains untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Harold Koontz

Mendefinisikan manajemen sebagai seni melakukan tugas melalui tangan orang lain dan dengan kelompok yang diorganisir secara formal.

5. Peter F. Ducker

Menggambarkan konsep manajemen sebagai organ multiguna yang mengatur perusahaan dan pemerintah, pekerja dan pekerja.

6. Peterson dan Plowman

Mendefinisikan manajemen sebagai proses dimana metode tertentu digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

7. Lawrence A. Appley

Mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, organisasi, mobilisasi, dan kontrol yang unik untuk menentukan dan mencapai tujuan tertentu melalui penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

8. Chaster Bernard

Berpendapat bahwa manajemen adalah ilmu yang berisi ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu merancang, mengatur, mengatur, mengendalikan, dan mengoordinasikan.

9. William H. Newman

Menggambarkan manajemen sebagai ilmu perilaku yang melibatkan berbagai aspek sosial dalam konteks perencanaan.

10. Henry Fayol

Mendefinisikan manajemen sebagai prognosis, perencanaan, organisasi, organisasi, koordinasi dan pengendalian kegiatan orang lain.

11. Joseph Massie

Mendefinisikan manajemen sebagai proses dimana kelompok-kelompok kolaborasi memfokuskan tindakan mereka pada tujuan bersama.

12. Theo Haimann dan William Scott

Menggambarkan pemahaman manajemen sebagai proses sosio-teknis yang menggunakan sumber daya manusia, pengaruh, tindakan manusia, dan struktur untuk perubahan untuk mencapai tujuan organisasi.

Dari penjelasan pengertian manajemen, yang disampaikan oleh para ahli yang disebutkan di atas, kita dapat memahami pemahaman manajemen secara umum.

Pengertian manajemen secara umum, yaitu seni dan ilmu dari proses pengorganisasian dan penyelesaian masalah atau mencapai tujuan bersama melalui kontribusi kelompok atau orang lain.

Untuk alasan ini, manajemen dapat dilihat sebagai pertanyaan tentang bagaimana hubungan dengan orang lain dapat dibangun untuk mencapai tujuan organisasi atau tujuan bersama dalam organisasi.

Luasnya istilah manajemen mempengaruhi ruang lingkup penggunaan istilah tersebut.

Kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa tanah ini perlu dikelola dengan baik untuk menunjukkan perlunya administrasi dalam administrasi negara.

Selain itu, kadang-kadang kita juga mengatakan bahwa pikiran kita perlu ditangani dengan benar, yang berarti bahwa pikiran atau aspek kognisi kita membutuhkan manajemen yang berfungsi dengan baik.

Dari aspek organisasi di tingkat makro hingga deteksi di tingkat mikro, istilah manajemen dapat digunakan.

Arti luas dari istilah manajemen juga tercermin dalam disiplin manajemen interdisipliner tradisional.

Di satu sisi, manajemen adalah ilmu tertentu, tetapi di sisi lain juga bidang yang luas.

Manajemen memiliki ruang diskusi sendiri di hampir semua bidang ilmu pengetahuan.

Di dunia sekarang ini, ilmu manajemen tumpang tindih dengan ilmu administrasi.

Hal tersebut terjadi, karena objek kajian manajerial yang sudah melekat dengan praktik administratif.

Baca Juga :

Related posts: