Pengertian Resensi

Posted on

Pengertian Resensi – Tahukah kamu apa sih yang dimaksud resensi ?. Tanpa disadari kalian mungkin pernah membaca resensi pada sebuah buku yang sering anda gunakan, karena resensi ialah sebuah tulisan yang mengulas isi buku secara singkat dan detail pada intinya. Nah untuk lebih jelasnya, kali ini saya akan menjelaskan secara rinci dan jelas mengenai resensi ini berikut dibawah ini.

pengertian resensi

Pengertian Resensi

Resensi merupakan suatu tulisan dimana isinya penilaian terhadap sebuah karya, biasanya karya ini dapat seperti buku, karya seni film maupun karya drama.

Jadi dapat disimpulkan bahwa resensi ialah suatu tulisan dimana berisi kesimpulan mulai dari baik maupun buruknya mengenai hal tertentu seperti buku, film, dan karya tulis lainnya yang diungkapkan seseorang.

Baca Juga : Contoh Narrative Text

Tujuan

Setelah mengetahui pengertian resensi, hal ini tentu memiliki tujuan didalamnya, ialah sebagai berikut ini :

  1. Memberikan sebuah masukan terhadap penulis, dimana berupa kritis dan saran mengenai isi, substansi, serta cara penulisan buku.
  2. Menguji kualitas buku dengan membandingkannya terhadap karya orang lainnya.
  3. Mengetahui latarbelakang serta beberapa alasan buku itu harus diterbitkan.
  4. Mengetahui kelebihan serta kekurangan buku yang akan di resensi.
  5. Memberikan gambaran terhadap pembaca serta penilaian umum pada sebuah karya dengan maupun secara singkat atau ringkas.

Manfaat

Disamping memiliki tujuan juga memiliki manfaat didalamnya, ialah sebagai berikut :

1. Bahan Pertimbangan

Pada hal ini, akan memberikan gambaran terhadap pembaca mengenai sebuah karya serta mempengaruhi mereka atas karya yang akan diresensi.

2. Sarana Promosi Buku

Buku yang di resensi umumnya ialah buku yang baru diterbitkan atau baru populer dimana belum pernah di resensi oleh orang. Dengan begitu, melakukan hal ini dapat menjadi salah satu cara ataupun bentuk promosi buku karena tentu akan terkenal serta banyak terjual.

3. Pengembangan Kreativitas

Dengan semakin sering menulis, tentu akan semakin baik atau tinggi juga tingkat keahlian kita, dengan rajin untuk meresensi buku yang ada maka secara tidak langsung mengembangkan kreativitas menulis itu sendiri.

4. Nilai Ekonomis

Yang terakhir, mungkin tidak terbayangkan jika dengan meresensi buku kita bisa mendapatkan sebuah imbalan berupa uang maupun lainnya.

Struktur Penyusun

Untuk menulis resensi buku ini tentu terdapat unsur maupun struktur untuk menyusunnya, berikut penjelasan masing – masing bagiannya :

1. Judul

Pada judul seharusnya memiliki suatu kesinambungan atau keterkaitan terhadap isi resensi, karena judul yang menarik tentu akan memberikan nilai lebih tersendiri. S

2. Menyusun Data Buku

Penyusunan data buku bisa dilakukan melalui cara – cara berikut ini :

  • Judul buku
  • Pengarang
  • Penerbit
  • Tahun terbit beserta cetakannya
  • Dimensi buku
  • Harga buku

3. Isi Resensi Buku

Pada bagian ini berisikan tentang sinopsis, ulasan singkat buku, kutipan singkat serta pada keunggulan maupun kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan juga bahasa yang digunakan didalamnya.

4. Penutup Resensi Buku

Biasanya berisikan alasan mengapa buku ini ditulis dan diterbitak serta ditujukan kepada siapa buku ini sebenarnya merupakan bagian daripaa isi penutup ini.

Baca Juga : Teks Diskusi

Jenis – Jenis

Nah pada resensi ini dibagi menjad 3 secara garis besar, ialah sebagai berikut :

  1. Resesnsi Informatif, pada resensi ini akan disampaikan secara singkat dan umum atas keseluruhan dari isi buku tersebut.
  2. Resensi Deskriptif, pada resensi akan membahas secara detail terhadap setiap bagian maupun bab bukunya.
  3. Resensi Kritis, pada resensi ini akan mengulas secara detail buku melalui atau menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu, dimana isi resensi biasanya objektif serta kritis didalam menilai isi buku tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika ketiganya dapat digunakan atau diterapkan secara bersamaan. Hal ini dikarenakan ketiganya tidak baku.

Apakah ciri – ciri dari buku resensi ?

1. Sinopsis atau suatu ulasan buku.
2. Mengenai identitas buku.
3. Kelebihan buku, pada hal ini terdapat beberapa dimana perlu diperhatikan mulai dari : isi buku, kerangka buku hingga penggunaan bahasanya
4. Kelemahan buku.
5. Adanya judul resensi.

Apa yang dimaksud dengan resensi menurut ahli Panuti Sudjiman ?

Panuti Sudjiman (1984) berpendapat bahwa hasil pembahasan serta penilaian yang pendek mengenai suatu karya tulis. Hal ini ialah memberi arti sebuah penilaian, mengungkap dengan sekilas, membahas, maupun mengkritik buku.

Apa yang dimaksud dengan resensi menurut ahli WJS. Poerwadarminta ?

WJS. Poerwadarminta (Romli, 2003:75) mengemukakan jika resensi secara bahasa ialah “pertimbangan maupun perbincangan” dimana mengenai sebuah buku yang menilai kelebihan maupun kekurangannya, menarik atau tidaknya tema serta isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada khalayak mengenai perlu tidaknya buku tersebut dibaca serta dimiliki maupun dibeli. Disamping itu, adanya perbincangan buku itu akan dimuat di surat kabar maupun di majalah.

Baca Juga : Contoh Recound Text Panjang Dan Pendek (Singkat)

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai Pengertian Resensi, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.

Related posts: