Perjanjian Yang Berisi Penyerahan Hindia Belanda Kepada Jepang Adalah

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai sebuah Perjanjian Yang Berisi Penyerahan Hindia Belanda Kepada Jepang Adalah. Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

perjanjian yang berisi penyerahan hindia belanda kepada jepang adalah

Perjanjian Yang Berisi Penyerahan Hindia Belanda Kepada Jepang Adalah

Jawaban :

Sebuah erjanjian dimana berisikan sebuah penyerahan negara Hindia-Belanda kepada Jepang ialah dikenal dengan Perjanjian Kalijati, dimana yang ditandatangani pada tanggal 8 Maret tahun 1942 di Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat tersebut.

Pembahasan

A. Latar Belakang Munculnya Perjanjian Kalijati

Berikut penjabaran secara singkat mengenai latar belakang pemicu hingga terjadinya kesepakatan yang dikenal dengan nama Perjanjian Kalijati, ialah :

  1. Didasarkan sebuah ambisi imperialisme Jepang di awal Perang Dunia II dimana untuk bersikeras menguasai Asia Timur Raya.
  2. Penyerangan Pearl Harbour secara tiba – tiba oleh angkatan udara Jepang pada 8 Desember tahun 1941, di sekitar Kepulauan Hawaii, Samudera Pasifik. Hal ini ialah sebuah pemicu awal perang Jepang terhadap Amerika beserta negara sekutu didalamnya termasuk Belanda yang dimana sedang menduduki Hindia Belanda.
  3. Semakin tersudutnya pihak Belanda di berbagai daerah akibat serangan yang dilancarkan tentara – tentara Jepang yang sudah lama mengenal wilayah pendudukan Hindia Belanda, sehingga akhirnya memaksa Belanda untuk menyerahkan kekuasaannya atas Indonesia (Hindia Belanda) kepada Jepang.
B. Tempat Prosesnya Perjanjian Kalijati
  1. Perjanjian Kalijati ini ditandatangani oleh kedua belah pihak pada tanggal 8 Maret tahun 1942 di Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat tersebut. 
  2. Penandatanganan ini dilakukan antara dua kubu, yaitu negara Jepang dengan negara Belanda di sebuah rumah Kompleks Garuda E25 Lanud Suryadarma. Saat itu rumah tersebut dikenal dengan Rumah Sejarah Kalijati ini.
C. Pihak – Pihak Pimpinan Hadir di Perjanjian Kalijati
  1. Pihak yang datang dari Belanda merupakan Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborgh Starchouwer dengan Panglima Tentara Belanda Letjen Heindrik Ter Poorten.
  2. Pihak yang datang dari Jepang ialah Komandan Guri­ta Barat Jenderal Hitoshi Imamura.
D. Isi Perjanjian Kalijati
  1. Negara Belanda menyerahkan wilayah jajahannya atas Indonesia kepada Jepang tanpa syarat apapun.
  2. Pembentukan pemerintahan militer Jepang, yang dimana dipimpin oleh Kepala Staf dengan gelar Gunseikan, dimana terdiri atas tiga wilayah, yaitu sebagai berikut:
    a. Pemerintah Tentara ke enam belas AD (Angkatan Darat), dimana dengan wilayah Jawa dan Madura, terutama berpusat di kota Jakarta.
    b. Pemerintah Tentara ke dua puluh lima AD (Angkatan Darat), dimana dengan wilayah Sumatera, dimana berpusat di kota Bukittinggi.
    c. Pemerintah Tentara Armada AL (Angkatan Laut), dimana wilayah Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua, serta Maluku, berpusat di kota Makassar.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: