Pidato Tentang Kesehatan

Posted on

Pidato Tentang Kesehatan – Alangkah baiknya pidato yang berbentuk kata-kata saja dapat disampaikan lebih baik dengan memperhatikan ekspresi wajah, intonasi suara dan juga tingkah laku.

Pidato Tentang Kesehatan

Pada umumnya seseorang tidak hanya memperhatikan suara pidato saja melainkan juga bagaimana ekspresi wajah dan gerak-gerik tubuh si pembawa. Pada kesempatan ini artikel kita akan membahas pidato dengan tema kesehatan. Pentingnya menjaga kesehatan baik jiwa maupun raga akan disampaikan didalam beberapa pidato tentang kesehatan dibawah ini

Beberapa Contoh Dengan Tema Kesehatan :

Contoh 1 :

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi serta salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama, marilah bersama-sama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan beribu nikmat, sehingga kita dapat dipertemukan dalam keadaan sehat walafiat diruangan ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai ‘Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini’.

Perlu disadari bahwa kesehatan itu harganya memang sangat mahal. Bayangkan saja jika anda tiba-tiba terserang penyakit jantung . Coba anda bayangkan berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut dan belum tentu penyakit tersebut dapat disembuhkan atau bahkan dapat menyebabkan kematian,pasti akan sangat mahal.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang begitu penting. Jika kesehatan ini terjaga dengan baik. sehingga Kita dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan bisa meraih prestasi yang lebih banyak di masa depan.

Dikategorikan bangsa yang kuat jika bangsa tersebut mempunyai rakyat yang sehat di dalamnya. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat dan sebaliknya. Nah, khususnya sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan dari hal yang sederhana, seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi.

Sebelum berangkat sekolah, jangan terlalu banyak makan pagi agar di sekolah kita tidak terasa ngantuk. Setelah itu, jika ada pelajaran olahraga, antusias lah dalam mengikuti semua kegiatannya dengan baik karena secara tidak langsung kamu sudah mencoba menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga selama seminggu sekali. Ketika istirahat, Anda juga diharuskan mengkonsumsi makanan atau jajanan yang bersih dan sehat. Makanan yang sehat dan bersih bisa kita lihat dari kemasannya.

Masih banyak lagi hal-hal yang dapat dikerjakan agar tubuh bisa terjaga kesehatannya. Yang paling penting adalah kita selalu peduli agar menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan tentunya juga keluarga terdekat.

Agar kesehatan kita tetap terjaga karena lingkungan yang kumuh merupakan sumber daripada penyakit, maka jagalah kebersihan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi yang baik. Maka dari itu, mulai saat ini marilah kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita. Tanpa harus menunggu hingga esok hari. Mulailah hidup sehat dengan mudah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata, Saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Contoh 2 :

Bismillahirahmanirahim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Marilah kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa berjumpa di tempat ini. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang ‘Pentingnya Menjaga Kesehatan Untuk Mental Diri’.

Para hadirin yang saya hormati,

Kesehatan pada diri ini bukan hanya sekedar kesehatan fisik saja. Melainkan, kesehatan mental pun merupakan salah satu aspek penting yang harus kita punyai. Maka tak heran, bila mata pelajaran olahraga di sekolah sering dinamakan pendidikan kesehatan jasmani dan rohani, bukan pendidikan kesehatan jasmani saja. Belum lagi kita mendengar bahwa akhir-akhir ini banyak orang–terutama tokoh-tokoh ternama–melakukan tindakan bunuh diri akibat tekanan mental yang mereka alami.

Wahai hadirin semua, kita harus bisa menjaga kesehatan mental diri kita masing-masing. Dengan menjaga kesehatan mental kita, maka tidak akan mudah mengalami suatu tekanan batin yang mengakibatkan diri kita bisa melakukan tindakan berbahaya yang merugikan diri sendiri, seperti bunuh diri. Adapun cara yang bisa kita lakukan antara lain dengan senantiasa beribadah dan berdoa kepada-Nya, menceritakan keluh kesah kita kepada orang-orang terdekat kita, menghargai dan menerima diri apa adanya, aktif berkegiatan sosial, menjaga hubungan baik dengan keluarga, sanak saudara, dan teman, meminta bantuan jika mengalami kesulitan baik materil maupun moril, serta beristirahat sejenak di tengah aktivitas yang kita jalani. Dengan menjalani cara-cara tersebut, niscaya kesehatan mental kita akan terjaga, dan membuat kita menjadi manusia yang sehat secara komplit, baik fisik maupun mental.

Para hadirin yang saya hormati,

Mungkin hanya sampai di sini saja pidato ini saya sampaikan. Semoga pidato kali ini dapat bermanfaat dan mampu dipahami oleh para hadirin sekalian. Mohon maaf jika ada kata atau isi pidato yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT, dan kesalahan berikut dosa tak akan luput dari diri kita sebagai manusia.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh 3 :

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera

Kepada yang terhormat Bapak Nurwanto selaku kepala sekolah
Yang saya hormati Ibu Elfina Dhea selaku wakil kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff di sekolah
Dan teman-teman yang saya sayangi dan banggakan….

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, tuhan yang maha esa, karena berkat karunia dan nikmat-Nya kita semua dapat berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW semoga kita diberikan syafaatnya di yaumil kahir kelak amiin .

Pada kesempatan yang diberikan ini, izinkan saya menyampaikan suatu pidato singkat mengenai ‘Pentingnya Menjaga Kesehatan Untuk Masa Depan’ semoga kita semua sadar akan pentingnya kesehatan.

Hadirin yang berbahagia,

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” Pepatah ini menjelaskan bahwa jika kita memiliki tubuh yang sehat, tentunya jiwa dan pikiran kita juga akan menjadi sehat. Ada juga semboyan yang mengatakan bahwa kesehatan sangatlah mahal harganya. Coba bayangkan keadaan kita sekarang ini yang masih bisa menikmati hidup dan bercengkrama dengan teman-teman. Lalu bayangkanlah jika tiba-tiba kita terkena penyakit stroke atau penyakit jantung, pasti sangat tidak mengenakan bukan? kita juga harus mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk mengobati penyakit tersebut, dan banyak waktu kita yang terbuang sia-sia ketika kita dirawat di rumah sakit.

Apalagi kita sebagai pelajar, kita harus bisa menjaga kesehatan diri kita sendiri dimulai dari hal-hal yang kecil, misalnya bangun pagi tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan secukupnya sebelum berangkat sekolah. Selain hal-hal kecil tersebut, kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Ada beberapa gaya hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah:

Rajin berolah raga, tubuh kita memerlukan olahraga untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita sehingga zat-zat nutrisi yang ada di dalam tubuh bisa diserap secara maksimal. Berolahragalah dengah teratur minimal 3 kali seminggu seperti jogging, berenang dan lain-lain.

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah menjaga pola makanan. Makanlah makanan menu 4 sehat 5 sempurna karena tubuh kita memerlukan nutrisi-nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Tetapi, waspadalah makanan-makanan yang tidak sehat untuk tubuh seperti junk food, alcohol dan lainnya sebab makanan-makanan tersebut berbahaya. Contohnya jika kita terlalu banyak memakan junk food seperti gorengan dan makanan tinggi lemak lainnya akan menimbulkan kolestrol dan membuat kita terkena stroke dan serangan jantung.

Selanjutnya menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita karena lingkungan yang kotor merupakan sumber daripada penyakit. Dan yang terakhir adalah menghindari kebiasaan-kebiasaan yang buruk seperti merokok, minum alcohol dan begadang. Dengan menerapkan pola hidup seperti yang telah diuaraikan diatas, insyaallah kita akan menjadi sehat.

Hadirn yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya mengingatkan kembali  bahwa marilah kita jaga kesehatan diri kita mulai dari sekarang, jangan menunggu sampai penyakit menyerang kita karena ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Mulailah dengan melakukan pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga sehingga kita bisa meraih masa depan kita.

Demikianlah pidato singkat yang dapat disampaikan, Semoga pidato ini bermanfaat, berguna, dan mudah diterapkan dari sekarang untuk kita semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: