Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian Excel

Posted on

Rumus Excel – Sebelum membahas terlebih dalam tentang Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian dalam Excel. Ada baiknya jika kalian para pembaca untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Microsoft Excel itu sendiri karena Pengertian Microsoft Excel (Microsoft Office Excel) ialah sebuah Spreadsheet atau sebuah Program Lembar Kerja yang dibuat oleh Perusahaan Multinasional Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1982 silam.

Lembar Kerja (Spreadsheet) Microsoft Excel tersebut dapat dijalankan di Komputer baik menggunakan Sistem Operasi Microsoft Windows dan Mac Operating System. Lalu Keunggulan Microsoft Excel ini telah mempunyai Fitur Kalkulasi dan Pembuatan Grafik dengan memakai Strategi Marketing Microsoft sehingga membuat Microsoft Excel sebagai salah satu Program yang sangat populer digunakan oleh para pengguna Komputer, bahkan sampai sekarang ini pun Program Microsoft Excel ini merupakan Program Spreadsheet yg paling banyak digunakan oleh berbagai pihak baik di Platform Komputer berbasis OS Windows maupun Komputer berbasis Mac OS.

Fungsi Program Microsoft Excel yang sangat sederhana, namun penting sekali untuk kita sebagai pengguna ialah dapat membantu dan memudahkan kita sebagai pengguna saat menyelesaikan permasalahan – permasalahan di Bidang Administrasi, Perhitungan – Perhitungan, Laporan Keuangan, Rencana Penggunaan Barang dan Laporan – Laporan yang lain baik yang mudah maupun yang rumit karena Program Microsoft Excel memang dibuat untuk memudahkan para penggunanya untuk menyelesaikan Tugas – Tugas seperti itu, apalagi didalamnya terdapat Gambar, Grafik, Formula, Fungsi dan Rumus Microsoft Excel yang semakin memudahkan para penggunanya dalam menggunakan Microsoft Excel.

Oleh karena itu dikesempatan kali ini saya selaku penulis dan pemilik Situs Blog Rumus Rumus akan memberikan ulasan tentang Rumus Dasar Excel Yang Mudah seperti Rumus Penjumlahan Excel, Rumus Pengurangan Excel, Rumus Perkalian Excel dan Rumus Pembagian Excel. Hal tersebut dikarenakan Rumus Dasar Microsoft Excel merupakan Rumus Rumus yang sering digunakan dan dicari oleh para pengguna Microsoft Excel dalam membantu menyelesaikan perhitungan mereka, khususnya di Bidang Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian di Dalam Excel sehingga sangat berharap sekali bagi saya selaku penulis agar tulisan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca yang membutuhkan.

Rumus Excel Penjumlahan dan Contoh Soal

rumus microsoft excel

Di dalam Rumus Penjumlahan Microsoft Excel terdapat Dua Cara Rumus Penjumlahan yang bisa kalian lakukan dan terapkan saat menggunakan Program Microsoft Excel. Cara Pertama bisa memakai Rumus Penjumlahan Excel menggunakan Operator + Plus yakni seperti =(Cell+Cell+Cell) dan Cara Kedua bisa memakai Rumus Penjualan Excel menggunakan Fungsi SUM yakni seperti ini pemakaianya =SUM(Cell:Cell).

Mungkin untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat Contoh Soal Rumus Penjumlahan Excel memakai Cara Pertama dan Cara Kedua dibawah ini yang secara langsung telah saya buat dan terapkan di Spreadsheet Microsoft Excel dengan Rumus dan Hasil nya.

rumus penjumlahan excel

Pada Gambar Sebelah Kiri di atas Cara Pertama yang memakai Plus (+) di Kolom D Baris 2 yang mempunyai Jumlah 150 merupakan penjumlahan Angka pada Kolom A Baris 2 (Nilai 50) dan Kolom B Baris 2 (Nilai 50) dan Kolom C Baris 2 (Nilai 50) dengan Rumus Penjumlahan =A2+B2+C2 maka akan menghasilkan Nilai Jumlah 150. Sedangkan Kelemahan Rumus Penjumlahan Cara Pertama dengan menggunakan Plus (+) ini adalah ketika terdapat penjumlahan yang banyak yakni sebanyak A1 – A100 maka penulisan rumusnya akan lebih susah karena akan ditulis seperti ini =A1+A2+A3+A4+A5… sampai A100 sehingga sangat kurang efektif dan efesien.

Lalu Cara Kedua Rumus Penjumlahan menggunakan Fungsi SUM bisa kalian liat di Gambar sebelah Kanan bahwa di Kolom D Baris 2 yang mempunyai Jumlah 100 merupakan penjumlahan Angka pada Kolom A Baris 2 (Nilai 20) dan Kolom B Baris 2 (Nilai 30) dan Kolom C Baris 2 (Nilai 50) dengan memakai Rumus Penjumlahan Microsoft Excel =SUM(A2:C2) maka akan menghasilkan Nilai Jumlah 100. Kelebihan Rumus Penjumlahan Cara Kedua memakai Fungsi SUM ini ialah jika banyak Data (Cell) yang dijumlahkan maka tidak terlalu ribet dan lebih mudah, sebagai contoh jika menjumlahkan Data (Nilai) dari A1 sd A100 maka rumusnya tinggal ditulis =SUM(A1:A100).

Rumus Pengurangan Microsoft Excel

Kemudian didalam Rumus Excel Pengurangan hanya terdapat satu cara yakni hanya menggunakan Operator Minus (-) dan tidak ada Fungsi atau Formula seperti SUM pada Penjumlahan Excel. Oleh sebab itu kalian sebagai pembaca seharusnya tidak merasa kesulitan dalam memahami Rumus Pengurangan Excel dan dibawah ini pun saya sudah memberikan Contoh Soal Pengurangan Excel dalam bentuk Gambar yang diharapkan semakin memudahkan kalian dalam memahami Rumus Pengurangan didalam Microsoft Excel.

Rumus Pengurangan Excel

Bisa kalian lihat di Gambar A sebelah Kiri bahwa Rumus Pengurangan Excel sangatlah mudah yakni hanya dituliskan seperti ini ” =A2-B2 ” dan setelah itu tekan Enter maka Hasil Pengurangan dari Nilai Kolom A Baris 2 Bernilai 100 dikurangi Nilai Kolom B Baris 2 bernilai 50 hasilnya seperti yang ada didalam Kolom C Baris 2 yakni sebesar 50 (100-50 = 50).

Sedang penjelasan Gambar B Sebelah Kanan di atas merupakan bentuk lain dari Contoh Soal Pengurangan Excel yang tidak berurutan, sebagai contoh Nilai Jumlah Kolom E Baris 2 yang berjumlah 30 merupakan Hasil Pengurangan dari Kolom A Baris 2 – Kolom B Baris 2 – Kolom D Baris 2 atau didalam Rumus Pengurangan Excel ditulis seperti ini ” =A2-B2-D2 ” maka hasilnya 30 (100-20-50 = 30).

Rumus Perkalian Microsoft Excel

Lalu didalam Rumus Excel Perkalian sama seperti Rumus Microsoft Excel Penjumlahan yang mempunyai Dua Cara yakni Cara Pertama menggunakan Operator Asterisk (*) yang contoh penulisan rumusnya seperti ini ” =Cell1*Cell2*Cell3 ” dan Cara Kedua menggunakan Formula PRODUCT yang contoh penulisan rumusnya seperti ini, ” =Product(Cell1:Cell2) ”.

rumus perkalian excel

Contoh Soal Rumus Perkalian Excel diatas menggunakan Cara Yang Pertama karena menggunakan Operator Asterisk (*) untuk mengkalikan Nilai Kolom A Baris 2 (100) x Nilai Kolom B Baris 2 (1) atau dalam Rumus Excel Perkalian ” =A2*B2 ” sehingga hasilnya 100 (100 x 1 = 100).

Rumus Excel Perkalian

Lalu Contoh Soal diatas menggunakan Cara Rumus Perkalian Kedua yang menggunakan Fungsi Formula PRODUCT untuk mengkalikan Nilai Kolom A Baris 2 x Kolom B Baris 2 x Kolom C Baris 2 atau dalam Rumus Excel Perkalian seperti ini ” =Product(A2:C2) ” sehingga menghasilkan total nilai 20 (10 x 2 x 1 = 20).

Rumus Pembagian Microsoft Excel

Kemudian didalam Rumus Excel Pembagian menggunakan Operation Slash (/) dan tidak ada Fungsi Formula untuk menghitung Pembagian didalam Microsoft Excel sehingga tentunya kalian bisa lebih mudah dalam memahami Pembagian Microsoft Excel ini, apalagi dibawah ini sudah saya buatkan Contoh Soal Pembagian didalam Excel dalam bentuk Gambar.

rumus pembagian excel

Pada Gambar diatas bahwa Rumus Pembagian Excel diterapkan di Kolom Jumlah C Baris 2 dengan hasil pembagian 20, yang ditemukan dari Hasil Pembagian Nilai Kolom A Baris Ke 2 yang bernilai 100 dibagi oleh Nilai Kolom B Baris Ke 2 yang bernilai 2 atau dalam Rumus Pembagian Microsoft Excel seperti ” =A2/B2 sehingga hasilnya 20 (100 / 5 = 20).

Mungkin seperti itu saja pembahasan tentang Rumus Penjumlahan, Rumus Pengurangan, Rumus Perkalian dan Rumus Pembagian didalam Microsoft Excel. Semoga saja Rumus Excel Dasar yang sudah saya tuliskan didalam Artikel ini dapat berguna dan mudah dipahami oleh kalian para pembaca karena tidak bisa dipungkiri bahwa Rumus Excel tersebut sangatlah sering dibutuhkan dan Microsoft Excel sendiri sangatlah sering dipakai oleh para Pegawai (Pekerja) dan Mahasiswa.


Baca Juga :