Rumus Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran + Contoh Soal

Posted on

RumusRumus.com kali ini akan menjelaskan tentang perkalian pecahan, meliputi perkalian pecahan bilangan biasa, perkalian pecahan bilangan biasa dengan bilangan bulat dan perkalian bilangan campuran serta contoh soal perkalian pecahan dan pembahasannya lengkap.

Cara Menghitung Perkalian Pecahan (biasa, desimal, campuran, persen) Kita sering mendengar kalilmat-kalimat pecahan, penyebut, pembilang, sekian per sekian, dan masih banyak lagi. Berbagai macam sebutan itu menunjukkan bahwasanya nilai yang merupakan hasil pembagian sebuah bilangan dengan bilangan lainnya ataupun sering disebut dengan pecahan.

perkalian pecahan

Pengertian Pecahan

Hakikatnya pengertian pecahan ialah istilah pada matematika yang terdiri dari penyebut dan pembilang. Pembilang ialah bilangan yang dibagi, dan penyebut ialah bilangan yang menjadi pembagi.

Rumus Perkalian Pecahan

Secara luas, penulisan pecahan bisa lebih mudah dibaca memakai nilai penyebut dan pembilang yang lebih kecil ataupun penggunaan penyebut berbasis 5 / 10 , akan tetapi masih tetap mempunyai nilai yang sama.

Sebagai contoh, orang 1/2 akan lebih disukai daripada 500/1000, tetapi 50/100 ataupun 500/1000 akan sangat lebih disukai daripada pecahan seperti 387/774. Padahal semua bilangan tersebut memiliki nilai yang sama, yaitu 1/2. Oleh sebab itu, biasanya dilakukan penyerdehanaan bilangan pecahan agar mempermudah pembacaannya.

Cara Menghitung Perkalian Pecahan

Dengan berpedoman pada rumus perkalian pecahan seperti di atas, maka cara menghitung perkalian pecahan itu sangat mudah. hanya mengalikan semua penyebut dengan penyebut dan pembilang dengan pembilang. Meskipun begitu, bagi pemula khususnya anak-anak Sekolah Dasar perlu diberikan pengertian yang lebih sederhana dan bila perlu menggunakan alat peraga perkalian pecahan.

Contohnya 1/2 x 1/2, maka pembilang kita kalikan saja 1 dengan 1, kemudian untuk penyebut kita kalikan 2 dengan 2, sehingga di hasilkan : 1/2 x 1/2 = ¼

Sebagai gambaran, misalnya kita punya kue tar sebanyak 1 buah. kemudian kita bagi menjadi 2 ataupun sama dengan 1/2 x 1 , jadi setiap potong ialah 1/2 (secara matematika : 1/2 x 1 = 1/2). kemudian salah satu bagian yang 1/2 tersebut kita potong lagi menjadi 2, atau setengah dari setengah : 1/2 x 1/2 = 1/4.

Contoh Soal Perkalian Pecahan

 

 

 

 

 

Jenis Perkalian Bilangan Pecahan

Dibawah ini akan dibahas 3 jenis perkalian bilangan pecahan untuk lebih memahami dalam materi perkalian pecahan, 3 jenis itu terdiri dari perkalian bilangan pecahan biasa, perkalian bilangan pecahan biasa dengan bilangan bulat, dan perkalian pecahan campuran antara bilangan bulat atau bilangan biasa.

  • Perkalian Bilangan Pecahan Biasa

Mengalikan bilangan pecahan biasa bisa dilakukan dengan cara mengalikan antara pembilang dengan pembilang dan mengalikan penyebut dengan penyebut.

 

  • Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Bulat

Cara mengalikan pecahan biasa dengan bilangan bulat ialah dengan mengalikan pembilang dengan bilang bulat lalu dibagi dengan penyebut.

Contoh Soal :

Angga ingin membuat sebuah kemeja sehingga membutuhkan ½ meter bahan kain. Jika angga ingin membuat 3 kemeja maka berapa meter kah bahan kain yang harus angga butuhkan ?

Penyelesaian :

Contoh soal cerita perkalian pecahan diatas dapat diselesaiakn dengan cara berikut ini :

½ x 3 = 3/2 = 1 ½ meter

Perkalian Bilangan Pecahan Campuran

Menghitung perkalian bilangan pecahan campuran sama dengan menghitung perkalian bilangan pecahan biasa. tetapi sebelum mengalikan kedua bilangan, harus mengubah bilangan pecahan campuran menjadi bilangan pecahan biasa.

 

Itulah pembahasan lengkap tentang materi perkalian bilangan pecahan dan contoh soal disertai pembahasannya semoga bermanfaat….

Artikel Lainya :


Baca Juga :