Subtotal Excel

Posted on

Subtotal Excel merupakan suatu perintah di microsoft excel yang memiliki fungsi untuk menjumlahkan beberapa item data pada satu tabel. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai subtotal dan caranya yang di sertai dengan contoh untuk memudahkan dalam pemahaman, Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini

Terdapat 2 cara penggunaan Subtotal pada microsoft excel, cara yang pertama yaitu bisa gunakan Function dan cara ke dua bisa gunakan fasiltas/fitur subtotal pada Tab Data. Subtotal di excel berbeda dengan SUM, kedua fungsi ini memiliki kegunaan masing-masing.

Beda Subtotal dengan SUM

Fungsi Subtotal dan SUM secara kegunaan hampir sama, dua fungsi ini bisa dipakai untuk menghitung jumlah total di dalam dalam suatu range. akan tetapi dalam penggunaanya sangat jauh berbeda

Fungsi SUBTOTAL dalam penggunaanya wajib menambahkan function number sebagai tipe kalkulasinya, sedangkan SUM menjumlahkan range referensinya saja (Tanpa Function Number). Untuk membedakannya lihat beberapa ulasan dibawah ini tentang

Cara Penggunaan Subtotal di Excel

Cara yang pertama

Fungsi Subtotal bisa di gunakan untuk menghitung total di dalam suatu range dengan memakai tipe perhitungan didalam Formulanya.

Sintaks

Syntax =SUBTOTAL(Function_num,Ref1,Ref2,….)

Sintaks fungsi SUBTOTAL mempunyai argumen sebagai berikut:

Function_num Dibutuhkan. Angka 1 hingga 11 atau 101 hingga 111 yang menentukan fungsi yang akan dipakai untuk subtotal. 1-11 menyertakan baris yang disembunyikan dengan manual, sementara 101 hingga 111, sel yang difilter selalu dikecualikan.

Ref1 Diperlukan. Rentang / referensi yang pertama kali dinamai yang ingin di dapatkan subtotalnya..

Ref2,… Opsional. Rentang atau referensi yang dinamai 2 hingga 254 yang ingin di dapatkan subtotalnya.

Function_numFunction_numFungsi
(menyertakan nilai tersembunyi)(mengabaikan nilai tersembunyi)
11:01AVERAGE
21:02COUNT
3103COUNTA
41.04MAX
51:05MIN
61:06PRODUCT
7107STDEV
810.8STDEVP
91:09SUM
10110VAR
111:11VARP

Keterangan :

Jika terdapat subtotal lain di dalam ref1, ref2,… subtotal bertumpuk ini diabaikan guna menghindari penghitungan yang ganda.

Konstanta function_num dari 1 hingga 11, fungsi SUBTOTAL menyertakan nilai baris yang disembunyikan pada perintah Sembunyikan Baris pada submenu Sembunyikan & Munculkan dari perintah Format di grup Sel pada tab Beranda di aplikasi dekstop Excel. Gunakan konstanta ini saat ingin mendapatkan subtotal nilai yang tersembunyi / tidak tersembunyi dalam daftar. Untuk konstanta function_Num dari 101 sampai 111, fungsi SUBTOTAL mengabaikan nilai baris yang disembunyikan pada perintah Sembunyikan Baris. Gunakan konstanta ini saat kamu hanya ingin menghitung subtotal nilai yang tidak tersembunyi di dalam daftar.

Fungsi SUBTOTAL mengabaikan semua baris yang tak disertakan pada hasil filter, tidak peduli nilai function_num yang di gunakan.

Fungsi SUBTOTAL dirancang pada kolom data, atau rentang vertikal. Itu tidak dirancang pada baris data, atau rentang horizontal. Sebagai contoh, ketika menghitung subtotal rentang horizontal memakai function_num 101 atau lebih besar, seperti SUBTOTAL(109,B2:G2), menyembunyikan kolom tidak mempengaruhi pada subtotal. Namun, menyembunyikan baris di dalam subtotal rentang vertikal pasti mempengaruhi subtotal.

Jika referensi merupakan referensi 3-D, SUBTOTAL mengembalikan nilai kesalahan #VALUE!

Cara Ke 2

Menggunakan Fitur excel

Untuk Cara yang selanjutnya kita akan coba pakai SUBTOTAL menggunakan Fitur excel. untuk menggunakan Subtotal ini syarat utamanya yaitu datanya harus di Urutkan (Sort) terlebih dahulu. jika belum memahami fungsi Sort bisa anda pelajari di cara penggunaan sort di excel.

Gunakan data sebagai Contoh latihan :

1.  Urutkan data terlebih dahulu berdasarkan hari “DAY”.
2.  Letakan Pointer di area data
3.  Masuk Ke Tab Data dan pilih SUBTOTAL
4.  Pada Dialog Box sesuaikan sperti berikut ini
At each change in = “Day“, Use Function = “sum“, add Subtotal To = “Total“
5.  Klik OK

Hasil dari penggunaan subtotal merupakan setiap item “Day” di buatkan satu group data, di bawah data itu akan ditambahkan satu kolom baru yang berisi Nilai subtotal untuk masing-masing “Day” . hasil nya seperti dibawah ini

subtotal excel
subtotal excel

Catatan :

  • Syarat fitur subtotal yaitu Data harus di Sort terlebih dahulu
  • At Each change In di pilih sesuai dengan kolom data yang sort.
  • Fitur subtotal bisa dipakai report sederhana dengan cara Klik angka group (1,2,3) yang ada pada Pojok kiri atas.
  • Untuk menghapus Subtotal data, paka Langkah diatas lalu pilih Remove all.

Demikianlahlah pembahasan mengenai cara subtotal excel, Semoga bermanfaat

Rumus Excel Lainya :