Verba Transitif

Posted on

Verba Transitif – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan verba transitif ?, mungkin bagi kalian ini terdengar asing ya. Tahukah anda bahwa verba sendiri dapat dibagi menjadi 2 yaitu verba transitif dan juga intransitif, dimana kedua hal ini begitu berbeda didalamnyal. Maka agar kalian memahami dan mengetahui secara rinci maupun jelas mengenai verba ini simaklah penjelasan dan penjabaran yang telah kami suguhkan dibawah ini.

verba transitif

Pengertian

Suatu kelas kata dimana menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, serta pengertian dinamis lainnya disebut juga dengan verba atau kata kerja. Biasanya menjadi predikat pada kata ini terhadap sebuah kalimat maupun frasa.

Verba sendiri terbagi menjadi dua, ialah sebagai berikut :

  1. Verba Transitif
  2. Verba Intrasitif

Bentuk Kata Kerja

Terdapat beberapa bentuk kata kerja maupun verba, diantaranya ialah sebagai berikut ini :

  1. Kata kerja aktif ialah suatu kata kerja dimana memberikan suatu tindakan terhadap objeknya tersebut, sebagai contoh seperti : menyiram, melempar, ataupun membungkus.
  2. Kata kerja dasar ialah suatu kata kerja dimana belum mendapatkan sebuah imbuhan, sebagai contoh seperti : makan, minum, ataupun kerja.
  3. Kata kerja berimbun ialah suatu kata kerja dimana sudah mendapatkan sebuah imbuhan, sebagai contoh seperti : memakan, bekerja, serta meminum.
  4. Kata kerja pasif ialah suatu kata kerja dimana memberi suatu tindakan terhadap subjeknya, sebagai contoh seperti : dibungkus, disiram, serta dilempar.

Pengertian Verba Transitif

Suatu kata kerja dimana membutuhkan objek maupun pelengkap terhadap kalimatnya disebut juga verba atau kata kerja transitif. Kata verba transitif berbeda terhadap kata kerja intransitif, hal ini dikarenakan verba ini dapat diubah dimana akan menjadi bentuk pasif sehingga tidak berlaku untuk kata kerja intransitif.

Berikut beberapa contoh kalimat verba transitif :

  1. Bella sedang membaca artikel Rumusrumus.com. Kata Bella berperan sebagai subjek, kata sedang membaca sebagai predikat, dan artikel rumusrumus.com sebagai objek
  2. Pina sedang mendengar ayat Al-Qur’an. Kata Pina berperan sebagai subjek, kata sedang sebagai predikat dan ayat Al-Qur’an sebagai objeknya.
  3. Dina menanam bunga mawar di kebun. Kata Dina berperan sebagai subjek, kata menanam bunga mawar sebagai predikat dan di kebun sebagai objek.
  4. Elfina memasak lobster di dapur. Kata Elfina berperan sebagai subjek, kata memasak lobster sebagai predikat dan di daput sebagai objek.

Pengertian Verba Intransitif

Suatu kata kerja dimana tidak memerlukan objek terhadap kalimatnya disebut juga dengan verba intransitif, kata yang biasa digunakan sehari -hari seperti contoh : tidurduduk, dan lainnya.

Terdapat beberapa bahasa yang memiliki modus pasif, sehingga verba ini bisa dijadikan menjadi verba intransitif. Namun, pada kata ganti orang sebagai subjek tidak dapat menggunakan di- terhadap kalimat pasif.

Berikut contoh yang benar dan salahnya agar kamu dapat membedakannya, ialah :

  • Pina membaca majalah menjadi Majalah dibaca Pina (Benar)
  • Saya memukul kucing menjadi Kucing dipukul saya (Salah)

Perbedaan Verba Transitif & Intransitif

Setelah mengetahui pengertian masing – masing, contoh masing – masing. Berikut beberapa perbedaan pada verba transitif dengan verba intransitif, ialah :

PerbedaanTransitifIntransitif
Bentuk PasifDapat diubah ke dalam bentuk pasifTidak dapat diubah ke dalam bentuk pasif
ObjekBegitu membutuhkan objekTidak membutuhkan objek
Imbuhan Yang DigunakanMe-, memper-, memper-kan, me-i, memper-I, me-kanVerba dasar, ber-, ber-kan, ter-, ke-an
Verba dapat dibedakan menjadi 2. Sebutkan !

Verba tersebut ialah :
1. Verba Transitif
2. Verba Intransitif

Berikan dua contoh kalimat dimana didalamnya terdapat verba transitif serta juga verba pewarta !

Berikut beberapa verba transitif, ialah :
1. Sifa sedang membaca majalah
2. Adik sedang bermain basket
Berikut beberaoa verba pewarta, ialah :
1. Mereka sedang berkelana
2. Dia sedang bekerja

Berikan contoh kalimat verba transitif secara lengkap terhadap spok !

Berikut beberapa contoh verba transitif secara lengkap SPOK, ialah :
1. Dina mempermalukan Reno di depan umum. Kata Dina sebagai objek, kata mempermalukan sebagai predikat, kata Reno sebagai objek, dan juga di depan umum sebagai keterangan, dimana keterangan berupa tempat.

2. Kantor Negeri itu memperlakukan para karyawan dengan tidak adil. Kata Kantor itu sebagai objek, kata memperlakukan sebagai predikat, kata Para karyawan sebagai objek, dan juga tidak adil sebagai keterangan, dimana keterangan berupa cara.

3. Pina membawa bekal makanan dari rumahnya. Kata Pina sebagai objek, kata membawa sebagai predikat, kata bekal makanan sebagai objek, dan juga dari rumahnya sebagai keterangan, dimana keterangan berupa tempat.

4. Doni menyewa mobil agar digunakan kami saat berwisata nanti.  Kata Doni sebagai objek, kata menyewa sebagai predikat, kata Mobil sebagai objek, dan saat berwisata nanti sebagai keterangan, dimana keterangan berupa tujuan.

5. Umi mempertajam pisau dengan menggunakan asahan. Kata Umi sebagai objek, kata mempertajam sebagai predikat, kata Pisau sebagai objek, dan menggunakan asahan sebagai keterangan, dimana keterangan berupa alat.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini yang telah kami paparkan secara rinci mengenai Verba Transitif, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.