Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Posted on

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui – Sumberdaya alam (SDA) adalah potensi alam yang dapat dimanfaatkan oleh kebutuhan manusia.

Ada dua jenis sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan tidak bisa diperbaharui. Namun, kali ini saya akan membahas contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui beserta manfaat.

Definisi Sumber Daya Alam

Pemahaman tentang sumber daya alam, menurut KBBI, merupakan potensi alam yang dapat dimanfaatkan dalam proses produksi.

Sedangkan definisi sumber daya alam menurut undang-undang adalah unsur lingkungan yang terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non-biologis dan sumber daya buatan.

Ada dua jenis sumber daya alam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam diperbaharui dapat digunakan terus menerus dan tidak pernah habis, sedangkan untuk sumber daya alam tidak diperbaharui terbatas dan dapat digunakan untuk penggunaan berkelanjutan.

Seperti diketahui, ada banyak contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti air, angin, tanah dan makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan hewan.

Baca Juga : Apa Itu Vegetasi??

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Apa saja contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui? Berikut ini adalah penjelasan dan fungsi dari sumber daya alam tersebut.

1. Air

Air adalah contoh sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Fungsi air bagi manusia sangat penting. Tanpa air, manusia tidak bisa hidup. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga kebersihan air di sekitar kita agar dapat terus digunakan.

Ada banyak manfaat air bagi kehidupan manusia, termasuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mandi dan mencuci sebagai pembangkit listrik untuk keperluan pertanian untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan lainnya.

2. Angin

Angin adalah akumulasi udara yang bergerak karena perbedaan tekanan udara dan rotasi bumi. Angin beralih dari suhu rendah ke suhu tinggi atau beralih dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Kapasitas angin tidak akan pernah padam.

Ada banyak manfaat angin bagi kehidupan manusia, termasuk kemampuan untuk digunakan untuk pembangkit listrik, kapal penangkap ikan, angkutan udara, keperluan pertanian dan banyak lagi.

3. Hewan

Hewan adalah organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologis Animalia. Istilah lain untuk binatang adalah binatang, fauna atau binatang. Ada banyak spesies mamalia, serangga, burung, ikan, amfibi, reptil dan hewan lainnya.

Ada banyak manfaat hewan bagi kehidupan manusia, bahkan sebagai sumber makanan, sebagai mata pencaharian bagi ternak, tambak dan perburuan, sebagai sumber pakaian, sebagai alat transportasi dan lainnya.

4. Tanaman

Selain manusia dan hewan, tumbuhan adalah sejenis organisme hidup. Dalam biologi, tanaman adalah organisme eukariotik multiseluler milik tanaman, termasuk beberapa tanaman seperti tanaman berbunga, tanaman biji, pakis, lumut, dan ganggang hijau.

Ada banyak manfaat tanaman untuk kehidupan manusia, termasuk produksi oksigen untuk kehidupan, untuk makanan, untuk pendinginan udara, untuk bahan bangunan, untuk pakaian, untuk keperluan medis, untuk menjaga keseimbangan kesehatan alam dan lainnya.

5. Tanah

Tanah adalah bagian dari kerak bumi, yang terdiri dari mineral dan bahan organik. Fungsi tanah sangat penting bagi makhluk hidup, baik itu manusia, hewan atau tumbuhan. Bumi juga merupakan tempat penting bagi makhluk hidup dan keseimbangan alam.

Ada banyak manfaat tanah bagi kehidupan manusia, termasuk tanah pertanian, sebagai bahan baku untuk produksi dan peralatan rumah tangga, sebagai sumber sumur air dan lainnya.

6. Energi Surya atau Energi Matahari

Matahari adalah bintang di pusat tata surya, yang memiliki bentuk hampir bulat dan terdiri dari plasma panas dan medan magnet. Fungsi matahari sangat penting untuk keseimbangan alam dan makhluk hidup, baik itu cahaya matahari atau energi matahari.

Ada banyak manfaat energi matahari untuk kehidupan manusia, termasuk sumber energi yang tidak terbatas, karena menghasilkan listrik seperti cahaya alami mendukung proses fotosintesis tanaman, mendukung proses pengeringan dan memelihara tubuh yang sehat dan lain-lain.

Baca Juga : Ciri – Ciri Iklim Subtropis

7. Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi panas yang terkandung dan terbentuk di kerak bumi. Suhu di bawah kerak bumi meningkat dengan meningkatnya kedalaman. Energi panas bumi juga disebut energi panas bumi dan memiliki fungsi berbeda untuk manusia.

Energi panas bumi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, termasuk pembangkit listrik untuk mendukung sektor industri, kebutuhan domestik dan industri, sektor pariwisata dan lainnya.

8. Ombak

Ombak adalah gelombang dalam yang dihasilkan di laut dengan naik turunnya gelombang air laut. Faktanya adalah, ombak atau gelombang air laut juga mengandung sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan memiliki potensi sebagai sumber energi.

Ada banyak manfaat ombak bagi kehidupan manusia, termasuk sumber energi, pembangkit listrik, mempertahankan suhu udara yang stabil, membantu proses pertukaran gas, mendukung olahraga air, dan faktor-faktor lainnya.

9. Biomassa

biomassa

Biomassa adalah bahan biologis yang hidup atau baru saja mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industri. Biasanya biomassa mengacu pada bahan tanaman untuk biofuel, tetapi juga dapat mengandung tanaman dan hewan untuk produksi kimia.

Ada banyak manfaat biomassa bagi kehidupan manusia, termasuk sebagai sumber energi seperti biofuel, meningkatkan kualitas air, mengurangi polusi udara, meminimalkan limbah organik dan lainnya.

10. Biofuel

biofuel

Biofuel adalah bahan bakar padat, cair atau gas yang dihasilkan dari bahan organik. Istilah biofuel juga disebut sebagai bahan bakar hayati. Biofuel dapat diproduksi langsung dari tanaman atau bisa juga dengan secara tidak langsung yakni dari limbah industri, domestik, komersial, atau pertanian.

Ada banyak manfaat biofuel untuk kehidupan manusia, termasuk sebagai sumber energi yang tidak terbatas, sebagai bahan bakar untuk kendaraan, sebagai penghasil energi hijau, dan lainnya.

11. Pasang Surut

Pasang surut adalah energi yang dihasilkan oleh pasang surutnya air laut dan diubah menjadi bentuk energi lain. Saat ini, penggunaannya tidak meluas karena biaya awal yang tinggi dan posisi pasang surut yang terbatas.

Ada banyak manfaat energi pasang surut untuk kehidupan manusia, termasuk sumber energi, pembangkit listrik, transportasi air, penggemar olahraga air, mata pencaharian, dan banyak lagi.

12. Batu

Batu adalah benda solid atau padat yang dibuat secara alami dari mineral dan/atau mineraloid. Lapisan terluarnya adalah tanah yang padat, litosfer terdiri dari batuan. Ada banyak jenis batu dengan berbagai bentuk, warna, fungsi dan karakteristik.

Ada banyak manfaat batu bagi kehidupan manusia, termasuk bahan bangunan, keperluan konstruksi, bahan interior untuk meningkatkan energi, kebutuhan kesehatan, bahan dasar industri dan lainnya.

13. Pasir

Pasir adalah salah satu butiran, yang umumnya kurang dari 2 milimeter. Bahan pembentuk pasir adalah silika, yang umumnya terbentuk dari batu kapur dan sering ditemukan di daerah pantai tropis dan subtropis dekat laut.

Ada banyak manfaat pasir bagi kehidupan manusia, termasuk bahan bangunan, bahan pembuatan kaca, bahan pembuatan keramik, bahan pengerjaan logam dan lainnya.

Itulah penjelasan serta Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui beserta pembahasannya, yang menjadi kebutuhan bagi kehidupan manusia serta makhluk hidup yang ada di dunia ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian yang membacanya.

Baca Juga : Ciri – Ciri Iklim Tropis

Related posts: