Contoh Saran Dalam Makalah

Posted on

Kumpulan Contoh Saran Dalam Makalah – Makalah merupakan sebuah tulisan berupa laporan yang biasanya terdapat dalam sebuah skripsi maupun kegiatan yang lainnya.

Dalam pembuatan makalah tentunya, harus disertai dengan percobaan serta penelitian dahulu.

Dengan begitu, kita dapat menyimpulkan dan membuat saran yang tepat dalam sebuah tulisan makalah.

Namun, pada dasarnya dalam setiap makalah tersusun dari beberapa bagian. Salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini, yaitu bagian penutup yang terdiri dari hasil kesimpulan dan saran.

Dalam pengerjaannya, tidak sedikit penulis yang kurang tepat dalam penulisan sebuah kesimpulan atau saran dalam sebuah makalah.

Lantas, bagaimana cara membuat penulisan contoh saran dalam makalah yang baik dan benar?

Sebenarnya, penulisan sebuah saran makalah sudah diatur berdasarkan panduan yang berlaku serta disusun dengan format makalah sesuai dengan standar ketetapan yang ada.

Dalam penulisan sebuah saran, kalian hanya perlu memperhatikan pola dalam penulisannya, maka dari itu kalian tidak hanya memperhatikan dalam setiap kata – katanya saja.

Karena dalam penulisan makalah, akan memiliki bentuk serta isi saran yang berbeda – beda, tergantung pada judul setiap pembahasannya.

Nah, pada artikel berikut saya akan membagikan beberapa contoh saran dalam makalah terlengkap. Yuuk, langsung simak saja dibawah ini.

Pada dasarnya, kesimpulan serta saran dalam pembuatan makalah akan menjadikan rangkuman singkat dalam isi pembahasan tema yang akan kita buat.

Kesimpulan dan saran tersebut, biasanya berada di bagian akhir dalam setiap makalah, yaitu pada bagian penutup. Yang biasanya bersifat umum atau global.

Maka dari itu, penulisan kesimpulan dan saran akan menjadi penjelasan dari apa yang sudah kita analisis sebelumnya. Jika kita masuk lebih dalam lagi, terdapat berbagai contoh saran yang baik dan benar.

Contoh 1 : Kesimpulan dan Saran Dalam Makalah

1. Kesimpulan

Dalam era globalisasi ini, sudah banyak sekali penerapan UUD 1945 dan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perkembangan inilah yang membuat Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat serta dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Meskipun Indonesia tidak bisa menghindari era globalisasi, namun Indonesia tetap bisa menyesuaikan dalam kehidupan bermasyarakat agar tetap menjadi negara yang beragama dan bermoral.

Jika era globalisasi tidak kita saring dengan dasar – dasar negara, maka kita akan mengalami kemunduran dalam persaingan sumber daya dengan negara – negara asing lainnya.

2. Saran

Setelah melakukan penelitian, menurut saya era globalisasi yang ada di Indonesia, sangat memerlukan berbagai perbaikan. Adapun bidang dasar yang penting yaitu bidang sosial dan budaya, hukum, politik serta ekonomi, agar perubahan era globalisasi yang terjadi nantinya bisa kita hadapi dengan lebih baik lagi.

Kita tentu dapat menerapkan nilai – nilai yang tertuang dalam UUD 1945 dan Pancasila, agar Indonesia bisa semakin maju serta menjadi ciri khas untuk tetap terjaga dalam pengaruh era globalisasi yang tdak terhindarkan ini. Saya sangat yakin dan percaya, bahwa Indonesia bisa menghadapi perkembangan tersebut dan akan memiliki kehidupan berbangsa yang lebih baik lagi bagi masyarakatnya.

Contoh 2 : Kesimpulan dan Saran Dalam Makalah

1. Kesimpulan

Berdasarkan data diatas, saya simpulkan bahwa makalah ini berisi tentang kegiatan jurnalistik yang dapat menggunakan bahasa baku yang terdiri dari beberapa bahasa yang ada, seperti memadukan antara Bahasa Asing dengan Bahasa Melayu.

Penggunaan bahasa tersebut, diterapkan dalam proses kegiatan jurnalistik sesuai dengan kebutuhannya.

Selain itu, ada juga perpaduan antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing ataupun perpaduan – perpaduan bahasa lainnya.

2. Saran

Saya sebagai penulis, menyadari bahwa makalah ini banyak sekali kesalahan dan sangat jauh dari kesempurnaan.

Tentunya, penulis akan terus memperbaiki makalah dengan mengacu pada sumber yang dapat dipertanggungjawabkan nantinya.

Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran tentang pembahasan makalah diatas.

Contoh 3 : Kesimpulan dan Saran Dalam Makalah

1. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian tentang Sistem Informasi Perusahaan Barang diatas, maka saya simpulkan, bahwa :

  • Perusahaan menjadi terbantu dengan adanya Sistem Informasi Barang.
  • Perusahaan menjadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi pengadaan dan penjualan barang, seperti laporan penjualan, pengadaan hingga pencarian data barang.

2. Saran

Penulis tentu menyarankan agar beberapa hal yang terkait dalam pengembangan Sistem Informasi Perusahaan Barang di masa mendatang, seperti :

  • Penerapan Sistem Informasi dalam sebuah perusahaan, akan lebih baik jika dapat menambah beberapa perangkat kelengkapan komputer agar dalam pengerjaannya menjadi lebih efisien dan efektif bagi perusahaan.
  • Staff Admin dalam sebuah operator komputer, sebaiknya diberi pengetahuan lebih tentang bagaimana mengoperasikan Sistem Informasi agar lebih optimal lagi.
  • Pemilihan karyawan yang sesuai dengan keahliannya.

Faktor utama dalam pengerjaan kesimpulan dan saran makalah sebenarnya cukup mudah, yaitu berikan kesimpulan tentang isi dari pembahasan suatu makalah dan sampaikan saran yang baik untuk kemajuan makalah tersebut.

Buatlah menggunakan bahasa yang baku serta sopan yang berdasarkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Demikianlah pembahsan tentang Contoh Saran Dalam Sebuah Makalah yang baik dan benar.

Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian untuk pengerjaan makalah.

Related posts: