Pengertian dan Sifat – Sifat Bangun Ruang Matematika

advertisements

Sifat Bangun Ruang Matematika – Setelah dipertemuan sebelumnya telah saya bahas dan ulas secara lebih lengkap tentang Macam dan Sifat Bangun Datar Matematika maka sekarang ini saya sebagai penulis di laman rumus rumus akan mencoba memberikan ulasan secara lebih detail tentang Bangun Ruang Matematika baik Macam Bangun Ruang dan Sifat Sifat nya karena tidak bisa dipungkiri bahwa Materi Pelajaran Bangun Datar dan Bangun Ruang Matematika sangatlah penting didalam Mata Pelajaran Matematika.

Oleh karena itu sudah sangat tepat dan bijak sekali bagi kalian para Pelajar Siswa dan Siswi baik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk belajar dan memahami Sifat dan Macam Bangun Ruang Matematika ini. Langsung saja untuk Pengertian Bangun Ruang Matematika adalah Bangun Matematika yang mempunyai Isi ataupun Volume dan bisa disebut juga dengan Bangun Tiga Dimensi karena mempunyai sisi, titik sudut dan rusuk yang saling membatasi, sisi bangun ruang tersebut menjadi ciri khas dari sebuah bangun ruang matematika.

Sebelumnya perlu kalian ketahui sebagai pembaca dan Siswa Siswi bahwa didalam Sisi Bangun Ruang sendiri merupakan suatu bidang pada Bangun Ruang Matematika yang membatasi antara Bangun Ruang dengan ruangan yang ada disekitarnya. Sedangkan Rusuk Bangun Ruang Matematika merupakan sebuah pertemuan diantara dua sisi dalam bentuk ruas garis pada suatu bangun ruang dan Titik Sudut Bangun Ruang adalah sebuah titik dari suatu hasil pertemuan rusuk itu sendiri.

Macam dan Sifat – Sifat Bangun Ruang Matematika Lengkap

sifat sifat bangun ruang matematika lengkap

Untuk Bangun Ruang sendiri mempunyai beberapa macam dan Macam Macam Bangun Ruang Matematika tersebut antara lain Bangun Ruang Kubus, Bangun Ruang Balok, Bangun Ruang Tabung, Bangun Ruang Kerucut, Bangun Ruang Bola, Bangun Ruang Prisma dan Bangun Ruang Limas. Kemudian dari Macam Macam Bangun Ruang tersebut tentunya mempunyai Sifat – Sifat yang berbeda beda dari satu dengan lainnya sehingga dibawah ini telah saya jelaskan pengertian dan sifat sifat bangun ruang secara lebih detail.

advertisements

1. Pengertian dan Sifat Sifat Kubus

Pengertian Bangun Ruang Kubus adalah sebuah bangun ruang matematika tiga dimensi yang dibatasi oleh 6 buah bidang sisi yang saling kongruen berbentuk bujur sangkar dan Bangun Ruang Kubus ini mempunyai 6 buah sisi, 8 titik sudut dan 12 buah rusuk. Untuk Sifat Sifat Bangun Ruang Kubus antara lain :

Mempunyai 4 buah diagonal ruang dan 12 buah diagonal bidang

Memiliki 6 bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar (Persegi)

Memiliki 8 titik sudut dan semua sudut tersebut siku – siku

Memiliki 12 Buah Rusuk yg sama panjang

Jaring – Jaring Bangun Ruang Kubus berupa 6 Persegi yang saling Kongruen

2. Pengertian dan Sifat Sifat Balok

Pengertian Bangun Ruang Balok adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk oleh 3 pasang persegi panjang (Persegi) dan paling tidak satu pasang diantaranya tersebut mempunyai ukuran yang berbeda, Bangun Ruang Balok ini mempunyai 6 buah sisi, 8 titik sudut dan 12 buah rusuk. Untuk Sifat – Sifat Bangun Ruang Balok antara lain :

Memiliki 4 buah diagonal ruang dan 12 buah diagonal bidang

Memiliki 8 buah titik sudut dan seluruhnya siku – siku

Memiliki 12 buah rusuk dan 6 pasang rusuk tersebut berhadapan sama panjang

Jaring Jaring Bangun Ruang Balok berupa 6 buah Persegi Panjang

Memiliki 6 Buah Bidang sisi yg terbentuk Persegi Panjang dan 3 pasang sisi yang saling Kongruen

3. Pengertian dan Sifat Sifat Tabung

Pengertian Bangun Ruang Tabung adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk oleh 2 buah lingkaran identik yg sejajar dan sebuah Bangun Persegi Panjang yg mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Bangun Ruang Tabung ini mempunyai 3 buah sisi dan 2 buah rusuk, dengan alas dan tutup tabung disebut dengan Kedua Lingkaran. Lalu untuk Sifat – Sifat Bangun Ruang Tabung sendiri antara lain :

Memiliki Alas dan Tutup yang berbentuk Lingkaran

Jarak diantara lingkaran tutup dan lingkaran alas disebut juga dengan tinggi tabung

Jaring Jaring Tabung berupa 1 buah persegi panjang dan 2 buah lingkaran

Bidang Tegak Tabung itu berupa lengkungan yg disebut juga dengna selimut tabung.

4. Pengertian dan Sifat Sifat Kerucut

Pengertian Bangun Ruang Kerucut adalah sebuah bangun ruang limas istimewa yang beralas lingkaran dan mempunyai 1 buah rusuk serta mempunyai 2 buah sisi. Sisi Tegak didalam Bangun Ruang Kerucut ini tidak berupa Segitiga, melainkan berupa bidang miring yg disebut juga dengan Selimut Kerucut. Adapun untuk Sifat – Sifat Bangun Ruang Kerucut ini antara lain :

Mempunyai 1 Buah Titik Sudut

Mempunyai 1 Buah Rusuk Sudut

Mempunyai 2 Buah Sisi yang terbagi antara 1 sisi merupakan alas yg dibentuk oleh lingkaran dan 1 buah sisinya lagi merupakan sisi kerucut (Sisi Lengkung).

5. Pengertian dan Sifat Sifat Bola

Pengertian Bangun Ruang Bola adalah Bangun Ruang Tiga Dimensi yang dibentuk oleh suatu lingkaran tak hingga dengan jari jari yang sama panjang dan berpusat pada suatu titik dengan ukuran yang sama dan Bola hanya mempunyai 1 buah sisi. Untuk Sifat – Sifat Bangun Ruang Bola ini antara lain :

Mempunyai 1 buah sisi

Mempunyai 1 buah titik pusat

Tidak mempunyai titik sudut

Mempunyai jari jari yg tak terhingga dan semuanya itu sama panjang

6. Pengertian dan Sifat Sifat Prisma

Pengertian Bangun Ruang Prisma adalah suatu bangun ruang matematika 3 dimensi yang telah dibatasi oleh alas dan tutup berbentuk segi-n dan sisi sisi yg tegak berbentuk persegi panjang maupun persegi sehingga Bangun Ruang Prisma bisa dikatakan sebagai bangun ruang yg memiliki penampang melintang yg selalu sama dlm ukuran dan bentuknya. Sedangkan Sifat Sifat Bangun Ruang Prisma antara lain :

Memiliki 6 buah titik sudut

Memiliki 9 buah rusuk

Jaring – Jaring Bangun Ruang Prisma berupa 2 segitiga dan 3 buah persegi panjang

Mempunyai 5 buah bidang sisi yang terbagi menjadi 2 buah sisi berbentuk segitiga serta 3 sisi yg berbentuk segi empat

7. Pengertian dan Sifat Sifat Limas

Pengertian Bangun Ruang Limas Matematika adalah sebuah bangun ruang 3 dimensi yang telah dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan sisi – sisi tegak yang berbentuk segitiga. Untuk Bangun Ruang Limas sendiri terbagi menjadi beberapa macam seperti Limas Segiempat, Limas Segilima, Limas Segitiga dan Limas Segienam. Sedangkan salah satu Sifat Sifat Bangun Ruang Limas Segitiga adalah

Memiliki 5 titik sudut

Memiliki 6 rusuk

Memiliki Alas yang berbentuk segitiga

Memiliki 4 bidang sisi yg seluruh-nya terbentuk segitiga yang terbagi antara 1 buah alas dan 3 buah sisi tegak

Demikianlah pembahasan mengenai Macam Macam Bangun Ruang Matematika dan Sifat – Sifat nya, semoga saja ulasan tentang Bangun Ruang ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian khususnya para Siswa Siswi karena tidak bisa dipungkiri bahwa Bangun Ruang Matematika ini sering sekali muncul di Soal – Soal Ujian sehingga sangat baik sekali bagi kalian sebagai pelajar untuk mempelajari dan mengenal Macam dan Sifat Bangun Ruang Matematika ini.

advertisements
Pengertian dan Sifat – Sifat Bangun Ruang Matematika | tegar | 4.5