Kalimat Deduktif

Posted on

Kalimat Deduktif – Kalimat atau paragraf adalah suatu rangkaian beberapa kalimat yang saling berhubungan namun mengandung suatu gagasan ataupun topik utama yang sedang terjadi saat dibahas.

Terdapat beberapa jenis kalimat paragraf di dalam bahasa Indonesia, namun pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai kalimat deduktif.

Pengertian

Kalimat Deduktif adalah suatu susunan dimana kalimat utama biasanya terletak di awal paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan bersifat umum dan diikuti atau dilengkapi dengan penjelasan – penjelasan khusus yang dapat berupa contoh-contoh, rincian khusus, bukti – bukti dan lainnya. Karena kalimat ini dikembangkan melalui suatu pernyataan umum, sehingga pola kalimatnya ialah dari umum ke khusus.

Ciri – Ciri

Setelah mengetahui penjelasan diatas, berikut dibawah ini merupakan ciri – cirinya :

  • Kalimat utama ataupun ide pokok lazimnya terletak pada awal paragraf.
  • Kalimat ( Ide Pokok ) disusun mulai dari pernyataan umum yang selanjutnya diikuti dengan penjelasan – penjelasan dimana yang bersifat khusus.

Pola Khusus Paragraf

Tahukah anda jika suatu jenis kalimat mempunyai suatu ciri khas pola penyusunan berbeda – beda yang membedakan dengan yang lainnya, yaitu

Bersifat Umum
Bersifat Khusus
Bersifat Khusus
Bersifat Khusus.

Contoh Paragraf Deduktif

Bagian 1 :

  1. Kemacetan sudah menjadi suatu hal yang biasa di Ibu Kota ini yaitu Jakarta. Kemacetan ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada di Jakarta yang tidak seimbang dengan luasnya jalan tersebut. Kedua, Kurangnya kesadaran akan kedisiplinan bagi semua kalangan pengguna jalan raya. Ketiga, Kemunculan suatu tempat-tempat yang tak terduga sehingga menganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan semestinya, banjir, dan sebagainya. Dan terakhir, Ketidak tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas dijalan tersebut.

  2. Fenomena macet sudah biasa dirasakan di beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut dapat dikarenakan beberapa sebab diantaranya seperti jumlah kendaraan yang sudah tinggi dan melampaui target dan kapasitas jalan yang kurang memadai. Selain itu, tingkat kesadaran warga sekitar yang kurang disiplin serta terdapat banyaknya aparat yang kurang tegas menindak lanjuti pelanggar pengguna jalan yang semakin mengakibatkan lalu lintas tidak terkendalikan.

  3. Internet sangat penting akan manfaat bagi manusia. Dengan kebebasan mengakses jaringan internet kita dengan mudah mengetahui berbagai informasi di seluruh dunia manapun. Disamping fungsinya sebagai media informasi, internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media tertentu. Banyak hal yang ternyata bisa dijangkau hanya dengan waktu per detik menggunakan jasa internet sehingga masyarakat pun sangat terbantu dengan kemudahan zaman modern sekarang ini.

 

Bagian 2 :

  1. Sosok ibu sangat penting peranannya bagi suatu keluarga. Sebagian kalangan orang pasti setuju dengan suatu pernyataan tersebut. Kita tidak bisa melengkapi dan menyiapkan segala keperluan hidup tanpa bantuannya sedikitpun. Sebuah keluarga akan sangat bergantung dengan adanya peran seorang ibu. Mulai dari hal makanan, perlengkapan, dan kebutuhan rumah biasanya dilakukan ibu tanpa sedikitpun mengeluh. Tentunya setelah mengetahui hal ini menjadikan kalian semakin sadar untuk tidak sedikitpun membantah segala nasihat ibu dan menghargainya lebih baik lagi kedepannya.

  2. Disiplin menjadi permasalahan di lingkungan sekolah akhir – akhir ini. Hal ini berawal karena banyak siswa yang sering datang terlambat. Apalagi beberapa hari ini saat ujian tengah semester tiba masih saja ada yang datang terlambat. Persoalan tersebut kemudian dirapatkan oleh komite sekolah akhirnya menghasilkan satu kebijakan soal hukuman lari keliling lapangan jika telah terbukti terlambat lebih dari limabelas menit.

  3. Kecelakaan akibat kelalaian dalam bekerja masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2018, tercatat sudah 10 orang meninggal dikarenakan kecelakaan kerja khususnya di pabrik- pabrik wilayah perkotaan. Korban meninggal ini tidak hanya berasal dari pekerja saja, namun beberapa sebagian warga sipil yang bermukim di lingkungan sekitar pabrik turut menjadi korban juga. Insiden kecelakaan ini banyak yang disebabkan konsleting aliran listrik karena pekerja yang lupa mematikan arus listrik saat meninggalkan pabrik tersebut.

 

Apa yang dimaksud paragraf atau kalimat deduktif ?

Merupakan suatu susunan kalimat dimana ide topik (kalimat utama) biasanya berada di awal paragraf.

Apa yang dimaksud kalimat / paragraf ?

Kalimat atau Paragraf merupakan suatu rangkaian beberapa kalimat yang saling berkaitan tetapi terkandung suatu gagasan atau topik utama yang terjadi di dalamnya.

Bagaimana pola penulisan kalimat / paragraf deduktif ?

Pola penulisan bersifat umum, khusus, khusus, dan khusus

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Rate this post
Related posts: