Cara Membuat Abstrak Dalam Penelitian

Posted on

Cara Membuat Abstrak – John W. Creswell, penulis buku berjudul “Desain Penelitian : Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran”, menjelaskan cara membuat ringkasan.

Creswell adalah pakar metodologi ilmu sosial yang telah menulis banyak buku tentang metode dan desain penelitian. Saya akan merangkum saran dan trik Creswell untuk membuat abstrak.

Pengertian Abstrak

Merupakan ringkasan dari isi penelitian, yang ditulis dengan tujuan agar pembaca dapat dengan cepat memahami isi penelitian atau penelitian yang kami tulis.

Abstraksi ditempatkan di awal dokumen atau proposal, dan sangat penting bahwa peneliti menyertai abstrak dalam proposal atau dalam hasil penelitian mereka (tesis, diploma atau tesis diploma).

American Psychological Association menunjukkan pada 2010 bahwa abstrak telah menjadi bagian penting dari sebuah penelitian.

Oleh karena itu, isi abstrak harus benar, tidak memerlukan penilaian lebih lanjut, mudah dan jelas dapat dibaca, dan ringkas serta ringkas.

Jumlah kata dalam abstrak bervariasi. Tetapi jumlah akademis yang normal adalah 250 kata. Beberapa panduan menyarankan antara 150 dan 250 kata.

Bahkan, ada berbagai jenis abstrak, karena ada berbagai jenis penelitian atau penelitian.

Ada ringkasan untuk laporan, ada ringkasan untuk meninjau literatur, ada ringkasan untuk tesis dan sebagainya.

Tetapi pada dasarnya ringkasan dari isi penelitian dirangkum. Dengan merujuk pada Creswell, saya akan menjelaskan cara membuat abstrak untuk dokumen akademik.

Lima Cara Membuat Abstrak

Pertama, mulailah dengan memecahkan masalah yang membutuhkan penyelidikan.

Masalah atau masalah yang diangkat mungkin terkait dengan sastra, tetapi akan lebih baik jika terkait dengan masalah yang terjadi di dunia nyata.

Misalnya, pertanyaan tentang pernikahan dini, pernikahan sesama jenis, diskriminasi di tempat kerja, pelecehan seksual, dan sebagainya.

Masalah yang muncul mungkin terkait dengan kurangnya studi atau literatur tertulis, dan penelitian tentang topik terkait masih diperlukan.

Kedua, tulis dengan jelas tujuan studi atau penelitian Anda.

Ini adalah praktik umum di antara para peneliti untuk memulai kalimat dengan kata-kata “Tujuan dari penelitian ini adalah …”.

Kalimat yang menjelaskan tujuan penelitian dapat diikuti oleh masalah yang diidentifikasi yang merupakan subjek atau peserta penelitian dan / atau tempat di mana mereka berada.

Ketiga, Anda harus menjelaskan secara singkat bagaimana data dikumpulkan untuk mencapai tujuan yang diuraikan di bagian kedua.

Pada bagian abstrak ketiga ini, para peneliti juga umumnya menentukan jenis atau tipe data yang digunakan, jumlah peserta, dan lokasi di mana data dikumpulkan.

Selanjutnya, tulis secara singkat bagaimana analisis dilakukan.

Keempat, setelah menjelaskan pengumpulan data dan proses analisis, Anda harus secara tepat dan akurat memasukkan hasil tematik yang muncul dari hasil analisis.

Pastikan bahwa semua poin penting yang menjadi subjek hasil analisis ditulis di sini.

Jika ringkasan ini ditulis untuk proposal penelitian, bagian ini akan membahas hasil pencarian tematik yang cenderung muncul.

Semacam gelar sementara, kata para peneliti. Perlu dicatat bahwa beberapa peneliti lebih suka memasukkan hasil akhir penelitian daripada topik temuan penelitian.

Tentu saja Anda bisa.Termasuk hasil tematik lebih umum karena mendorong pembaca untuk membaca dokumen atau proposal tertulis. Akhirnya, contoh hasil penelitian tematik disajikan.

Kelima, abstrak diakhiri dengan implikasi atau manfaat penelitian. Tuliskan dengan jelas kepada mereka yang mendapat manfaat darinya dan mengapa beberapa bagian dapat mengambil manfaat dari penelitian ini.

Berikut ini adalah contoh abstrak dari penelitian kualitatif :

“Studi ini meneliti kurangnya partisipasi perempuan dalam kompetisi seni bela diri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji motivasi para atlet yang berpartisipasi dalam kompetisi Taek Won Do.

Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai 4 atlet yang berpartisipasi dalam turnamen Taek Won Do.

Bahan yang diperoleh dari wawancara ditranskripsikan dan dianalisis. Hasil analisis telah mengangkat 3 topik yang dibahas di sini: dukungan sosial, kapasitas pribadi dan tujuan partisipasi.

Studi tentang tiga topik ini sangat berguna untuk memahami bagaimana motivasi wanita dalam dunia seni bela diri dapat ditingkatkan secara optimal”.

Langkah dan contoh di atas adalah langkah standar untuk membuat abstrak yang baik, terutama untuk proposal atau dokumen akademik. Struktur abstrak tidak terlalu kaku.

Asalkan kelima komponen di atas dimasukkan dan diatur sehingga mudah dipahami oleh pembaca, dapat dikatakan bahwa ringkasan tersebut sesuai dengan standar.

Cara Menulis Abstrak Setelah menulis abstrak, peneliti disarankan untuk membaca berulang-ulang dengan meminjam kacamata pembaca.

Artinya, peneliti memposisikan diri sebagai pembaca awam yang tidak berpengalaman.

Dengan metode ini, Anda dapat menilai apakah ringkasan orang biasa dapat dengan mudah dipahami atau dibaca.

Namun, kita harus berasumsi bahwa hasil penelitian kita juga dibaca oleh orang awam, dalam arti mereka yang bukan ahli di bidang penelitian yang kita tulis.

Baca Juga :

Related posts: