Dataran Rendah

Posted on

Dataran Rendah : Pengertian, Ciri, Contoh Wilayah Serta Tanamannya – Permukaan bumi memang tidak beraturan, sehingga ada wilayah yang lebih tinggi dan ada juga wilayah yang lebih rendah. Sehingga hal ini menimbulkan dataran tinggi dan dataran rendah.

Namun, pada artikel ini, saya akan membahas tentang Dataran Rendah – Pengertian, Ciri, Contoh Wilayah Serta Tanaman yang tumbuh di dataran tersebut.

Mari disimak penjelasan berikut ini.

Pengertian Dataran Rendah

Secara umum, dataran rendah adalah daerah yang sangat luas dengan ketinggian yang relatif dangkal yaitu kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Dataran juga dikenal sebagai dataran banjir atau dataran aluvial. Hal ini disebabkan oleh proses sedimentasi sungai, yang membuat dataran subur.

Pengertian Dataran Rendah Menurut Para Ahli

1. Menurut Rumaru

Dataran tersebut adalah dataran yang dibentuk oleh proses geomorfologi yang didominasi oleh energi eksogen seperti iklim, angin, hujan, batu, dan sebagainya.

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi di daerah yang relatif dangkal.

3. Wikipedia

Dataran rendah adalah wilayah yang luas dengan ketinggian yang relatif dangkal.

Baca Juga : Manfaat Minyak Bumi Bagi Manusia

Ciri – Ciri Dataran Rendah

  • Tanahnya relatif dangkal atau rendah, memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut.
  • Tanahnya biasanya di sekitar pantai, tetapi ada juga di wilayah pedalaman.
  • Muncul melalui proses sedimentasi. Di Indonesia, tingkatannya diciptakan oleh sedimentasi sungai.
  • Tanahnya lebih subur dan dihuni banyak orang selain gunung.
  • Memiliki tekanan udara yang lebih tinggi daripada di daerah pegunungan.

Contoh Wilayah Dataran Rendah

1. Semarang

Dataran ini yang pertama terletak di ibukota provinsi Jawa Tengah dan dikenal sebagai “Kota Bawah”. Dataran ini memiliki ketinggian sekitar 0-3,5 meter di atas permukaan laut dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Serta memiliki lebar 4 km dengan kemiringan antara sekitar 0 dan 2 persen.

Siklus musiman di wilayah ini sama dengan siklus lainnya, yaitu setiap 6 bulan. Curah hujan bervariasi rata-rata antara 2215 mm dan 2183 mm. Dan suhu udara berkisar antara 25,8 derajat hingga 29,3 derajat Celcius.

2. Surakarta

Dataran rendah selanjutnya masih di wilayah provinsi Jawa Tengah, aykni Surakarta. Dimana dengan ketinggian 95-105 meter di atas permukaan laut.

Dataran ini diapit oleh tiga gunung besar, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan bahkan Gunung Lawu. Dataran Surakarta juga dilintasi oleh Sungai Bengawan Solo, sehingga memiliki tanah yang subur. Tanahnya juga memiliki komposisi mineral yang tinggi.

Dataran Surakarta memiliki iklim monsun tropis dengan curah hujan sekitar 2.200 mm, dengan curah hujan tertinggi terjadi antara Desember dan Februari. Temperatur udara rendah berkisar antara 21 hingga 32,5 derajat Celcius.

3. Madiun

Terletak di kota Madiun, Jawa Timur. Dataran ini berada pada ketinggian antara 63 dan 67 meter di atas permukaan laut. Suhu udara bervariasi antara 20 dan 35 ° C. Biasanya hujan turun banyak di akhir dan di awal tahun dan tidak mulai turun hingga pertengahan tahun.

4. Palembang

Palembang adalah dataran dengan ketinggian rata-rata sekitar 0-2o meter di atas permukaan laut. Tanah itu berawa dan banjir saat hujan.

Dataran ini juga memiliki berbagai jenis medan, termasuk tanah aluvial, tanah liat, dan tanah berpasir.

Curah hujan tahunan berkisar antara 2000 mm hingga 3000 mm. Suhu udara bervariasi antara 23,4 dan 31,7 derajat Celcius.

Baca Juga : Siklus Sulfur (Belerang)

Tanaman yang Cocok Untuk Dataran Rendah

1. Padi

Padi adalah sejenis tanaman yang hanya bisa hidup di dataran. Tanaman ini hidup ketika suhunya mencapai 36 derajat Celcius. Tapi alangkah baiknya jika suhu dalam hujan sedang sekitar 30 derajat Celcius.

2. Kelapa

Kelapa sering ditemukan di daerah rendah, terutama di pantai. Tanaman kelapa dapat bertindak sebagai penghalang terhadap angin, yang menembus ke pedalaman. Tidak hanya itu, tanaman kelapa juga bisa mencegah abrasi.

3. Pisang

Tanaman ini dapat berbuah sepanjang tahun, sehingga tanaman ini akan tumbuh dengan baik ketika dirawat di dataran.

4. Jagung

Tanaman jagung hanya dapat hidup dengan baik di dataran karena mereka membutuhkan suhu tinggi.

Itulah penjelasan singkat mengenai Dataran Rendah – Pengertian, Ciri, Contoh Wilayah Serta Tanaman yang tumbuh di dataran tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian.

Baca Juga : Siklus Batuan

Related posts: